Okt
08
2012

AWAL MULA GAMELAN GONG KEBYAR DI BANJAR BANGKIANGSIDEM BANGLI

AWAL MULA GAMELAN GONG KEBYAR

DI BANJAR BANGKIANGSIDEM

BANGLI

Awal mula munculnya gamelan gong kebyar dibanjar Bangkiangsidem yaitu, bermula dari pengalaman seorang seniman alam yaitu I Dewa Ketut Tegal yang ketertarikan beliau terhadap gamelan gong kebyar. Beliau merupakan seniman alam yang tidak bersekolah seperti di Kokar ataupun di ISI Denpasar yang dulunya disebut ASTI, beliau hanya bersekolah sampai jenjang tingkat SD saja. Pada waktu itu beliau mendapatkan tawaran akan diberikan gamelan gong kebyar dari puri bangli, yang bernama Anak Agung Oko, kemudian Bapak I Dewa Ketut Tegal menerima tawaran dari Anak Agung Oko tersebut, akan tetapi Bapak Anak Agung Oko itu memberikan himbawan kepada Bapak I Dewa Ketut Tegal untuk mendirikan skha atau mencari penabuh guna dipakai di banjar bangkiangsidem dan di banjar lainya yang akan memerlukan kedepannya. Beliau pun sanggup mengemban tugas yang diberikan oleh Bapak Anak Agung Oko, demi mendapatkan gamelan gong kebyar yang di tawarkan tersebut.

Gamelan Gong Kebyar di Banjar Bangkiangsidem diberikan sekitar tahun 1957. Sejak munculnya gamelan gong kebyar pada tahun 1957 yang sudah berada di banjar bangkiangsidem, Beliau langsung membentuk skha gong dengan mengajak teman- temannya di desa, setelah semuanya terkumpul, beliau mencari hari baik untuk memulai latihan menabuh, istilah balinya “Nuasen”. Hingga pada waktu itu setelah beliau menemukan hari yang baik, beliau langsung mencari gending atau tabuh yang dulunya cuma ada tabuh lelambatan klasik, beliau terus berusaha mengajar teman-temannya itu menabuh, dan pada saat itu alat untuk memukul gamelan tidak seperti panggul dijaman sekarang ini, beliau hanya memakai kayu-kayu biasa untuk memain gamelan tersebut. Hari pertama beliau mengajar nabuh, beliau memberikan tabuh telu, yang diajarkan kurang lebih selama 2 bulan , kemudian setelah gending tabuh itu selesai, beliau kembali memberikan gending atau tabuh lelambatan galang kangin, para skha gong pun mulai paham terhadap gamelan gong kebyar itu sendiri. Beliau_pun semakin mudah memberikan tabuh tersbut kurang lebih selama 1 bulan. Dan tabuh yang diberikan berikutnya yaitu tabuh selisiran, hingga dari mulai adanya gamelan gong kebyar itu sampai sekarang ini masih tetep keberadaanya di banjar bangkiangsidem. Akan tetapi gamelan gong kebyar itu yang dulunya memakai pelawah polos tanpa memakai ukiran, tetapi sekitar tahun 1985 gamelan gong kebyar tersebut diganti pelawahnya (tungguh gamelan) dengan menggunakan pelawah yang berisi ukiran yang masih sampai sekarang ini. Tidak itu pula, gending-gending atau tabuh seperti galang kangin, Tabuh Telu, dan tabuh selisiran masih dilestarikan keberadannya sampai sekarang ini. Karena  saking kerasnya kemauan beliau untuk mendirikan skha gong dan melestarikan kesenian guna untuk dipakai dalam upacara keagaman di Bali, istilah balinya, dipakai untuk ngaturang ngayah, hakirnya beliau Bapak I Dewa Ketut Tegal berhasil dan bisa tetap berkembang, terjaga dan dilestarikan sampai sekaran ini.

Adapan jenis-jenis instrumen yang terdapat pada Gamelan Gong Kebyar di Banjar Bangkiangsidem Bangli, yang terdiri dari:

  1. 10 (sepuluh) buah gangsa berbilah (terdiri dari 2 giying/ugal, 4 pemade dan 4  kantilan)
  2. 2 (dua) buah jegoan berbilah 5
  3. 2 (dua) buah jublag atau calung berbilah 5
  4. 2 (dua) buah penyacah berbilah 7
  5. 1 (satu) tungguh reyong berpencon 12
  6. 1 (satu) tungguh terompong berpecon 10
  7. 2 (dua) buah kendang besar (lanang dan wadon)
  8. 1 (satu) buah ceng ceng ricik
  9. 8 (delapan) buah ceng ceng kopyak
  10. 2 (dua) buah gong besar (lanang dan wadon)
  11. 1 (satu) buah kempur
  12. 1 (satu) buah babende (gong kecil bermoncong pipih)
  13. 1 (satu) buah kempli (semacam kajar)
  14. 6 (Enam) buah suling bambu (suling kecil 1 dan suling besar 5)
  15. 1(satu) buah kemong

 

Written by in: Tulisan |

327 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply

Powered by WordPress | Theme: Aeros 2.0 by TheBuckmaker.com