Cabang Ilmu Pada Jurusan Teknik Sipil Yang Perlu Kamu Tahu

Juli 29th, 2022

Teknik sipil merupakan salah satu bidang ilmu teknik yang didalamnya mengkaji tentang proses membangun infrastruktur. Proses tersebut mencakup perancangan, manufaktur, konservasi, hingga renovasi dari sebuah bangunan, jalan, jembatan, bendungan, landasan pesawat, pelabuhan, serta berbagai fasilitas umum lainnya.

Seperti jurusan atau bidang keilmuan lainnya, jurusan teknik sipil di perguruan tinggi juga menawarkan pilihan untuk spesialisasi, yakni memilih salah satu bidang spesialisasi atau cabang Ilmu yang diminatinya. Berikut ini enam spesialisasi jurusan ini yang perlu Kamu tahu, yuk simak! Baca juga rekomendasi franchise makanan kebab yang untung.

Teknik Sipil

Cabang Ilmu di Jurusan Teknik Sipil

Cabang Ilmu Jurusan Teknik Sipil: Struktur Bangunan

Pertama, spealisasi struktur bangunan, akan mempelajari tentang mekanika struktur, struktur beton, struktur kayu, serta struktur baja lengkap dengan dinamikanya, tentang respon material bangunan pada beban yang diterimanya. Selain itu juga akan dipelajari tentang perencanaan profil dan pemodelan struktur bangunan dan berbagai infrastruktur jurusan teknik sipil mulai dari pembangunan pondasi hingga nanti siap digunakan.

Manajemen Konstruksi

Dalam cabang Ilmu Sipil ini Kamu akan mempelajari tentang penjadwalan proyek, rancangan anggaran, pengembalian modal, perizinan bangunan, pekerjaan di lapangan, monitoring proyek konstruksi, sampai aspek hukum pada dokumen.

Geoteknik

Kedua, geoteknik yang merupakan ilmu tentang struktur dan sifat tanah dan batuan. Bila mendalami cabang Ilmu teknik sipil ini, Kamu akan menganalisis sifat tanah dan juga menentukan apakah struktur tanah di suatu tempat tersebut baik untuk mendirikan sebuah bangunan atau tidak. Simak juga teknik sipil yag perlu ketahui.

Hidrologi

Cabang Ilmu Sipil ini satu ini Kamu akan belajar tentang Hidrologi, Hidrolika, atau Rekayasa Pengairan. Jadi ahli di bidang ini harus mampu menganalisis air, pengendalian, distribusi, hingga permasalahannya.

Teknik Lingkungan

Cabang ilmu teknik sipil lainnya adalah teknik lingkungan dimana Kamu belajar hal-hal seperti teknik penyehatan, polusi udara dan suara, pencemaran sungai, pengelolaan air kotor dan limbah, serta sarana dan prasarana air bersih.

Transportasi

Pada cabang satu ini akan dipelajari pemodelan transportasi, sistem transportasi, konstruksi bandara, jalan rel kereta, geometrik dan konstruksi jalan raya, hingga rekayasa lalu lintas.

Sekian informasi mengenai cabang ilmu teknik sipil. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply