Rumus IF Excel berserta Contoh IF Tunggal dan Bertingkat 2022

Apabila anda terbiasa memakai excel buat mengelolah sebuah data pada saat bekerja, maka pastinya kamu telah familiar dengan yang namanya rumus IF excel atau fungsi IF,Rumus IF di excel merupakan salah satu sebuah fungsi yang memang paling sederhana dan juga banyak digunakan oleh banyak orang terutama untuk dapat mengevaluasi dan juga menganalisis sebuah data pada saat kondisi tertentu. Nah, Jika kamu belum dapat menguasai sekali penggunaan dalam rumus IF excel itu, maka simaklah ulasan berikut ini agar bisa membantumu.

Apa itu rumus IF excel?

rumus IF excel 2022

Sebuah Rumus IF excel telah terbagi pada jenis tunggal dan majemuk. Penulisan sebuah rumus juga memang perlu mengikuti suatu ketentuan-ketentuan sebagai berikut ini:

Rumus IF excel tunggal

rumus IF excel 2022

Rumus if excel tunggal hanya dapat terdiri dari satu If dengan satu jenis logical_test. Dan Rumus ini memiliki dua kondisi yakni kondisi 1 (value if TRUE) dan juga kondisi 2 (value if FALSE). Berikut ini adalah rumusnya:

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Aturan penulisan pada rumus IF excel

Untuk dapat memakai rumus IF excel, anda bisa untuk memakai suatu formula fungsi IF pada berikut ini.

  • = IF(logical_test,[value_IF_true],[value_IF_false]

Dalam syntax itu dapat kita pahami bahwasanya rumus IF mempunyai 3 argumen,yakni:

     • Logical_test. Ini merupakan sebuah kondisi yang akan di uji dan juga di evaluasi sebagai TRUE atau FALSE

     • Value_IF_true merupakan sebuah nilai yang telah di hasilkan Jika sesuai dengan suatu argumen logical test        atau dengan kata lainnya kondisi terpenuhi.

     • Value_IF_false. Nilai yang telah bisa di hasilkan apabila tidak sesuai dengan suatu argumen logical test, atau         dengan kata lain nilai jika kondisi tidak dapat terpenuhi.

Untuk bisa memakai sebuah rumus IF di excel itu, anda pun akan banyak memakai beberapa sebuah tanda pada berikut ini untuk dapat membantu anda dalam pengujian.

• = (sama dengan)
• > (lebih dari)
• >= (lebih besar dari atau sama dengan)
• < (kurang dari)
• <= (kurang dari atau sama dengan)
• <> (tidak sama dengan)

Rumus IF excel untuk value_if_false

value_if_false, adalah hasil yang telah di berikan oleh excel apabila dalam sebuah pembuktian logical test ialah salah (dalam suatu hal berikut merupakan sebuah pernyataan logika alternative pilihan kedua) meski value_if_false adalah sebuah logika alternative, amun, dan dalam penggunaan sebuah rumus IF excel tunggal ataupun bertingkat yang akan sering terjadi suatu kesalahan pada sebuah argument value_if_false ini.

Cara Menggunakan Rumus IF excel

rumus IF excel 2022

Untuk bisa memakai sebuah rumus IF excel, anda dapat memakai sebuah formula fungsi IF pada berikut ini.
= IF(logical_test,[value_IF_true],[value_IF_false]

Dalam sebuah syntax itu dapat kita pahami bahwa suatu rumus IF mempunyai 3 argumen,yakni:
• Logical_test. Ini merupakan suatu kondisi yang akan di uji dan dievaluasi sebagai TRUE atau FALSE
• Value_IF_true ialah nilai yang telah di hasilkan jika telah sesuai dengan sebuah argumen logical test atau dengan kata lain kondisi yang terpenuhi.
• Value_IF_false. Nilai yang di hasilkan apabila tidak sesuai dengan sebuah argumen logical test, atau yang di sebut dengan kata lain nilai bila kondisi tidak terpenuhi.

Untuk bisa memakai rumus IF di excel itu , anda juga akan banyak sekali memakai beberapa jenis tanda di bawah ini untuk dapat membantu pengujian.
• = (sama dengan)
• > (lebih dari)
• >= (lebih besar dari atau sama dengan)
• < (kurang dari)
• <= (kurang dari atau sama dengan)
• <> (tidak sama dengan)

Contoh Penggunaan Pada rumus IF di excel

rumus IF excel 2022

Selain sebuah formula di atas, rumus IF excel juga bisa dapat di gunakan dengan cara mengkombinasikannya secara bersama fungsi logika atau lainnya yang telah ada di excel. Contohnya menggabungkan rumus IF dengan sebuah fungsi logika seperti AND, OR, dan lain-lain.
Agar anda dapat semakin mengerti bagaimana caranya menggunakan sebuah rumus IF di excel tersebut, berikut ini ada beberapa contoh yang dapat anda perhatikan.

  • Contoh penggunaan rumus if di excel yang sederhana

Anda mempunyai sebuah daftar skor hasil tes calon karyawan yang mau di lakukan evaluasi dan juga di saring berdasarkan sebuah kategori lulus atau gagalnya. Untuk bisa menyaring kandidat, anda dapat menentukan passing score tes itu pada angka minimum 80.

Pada contoh suatu kasus ini, maka contoh rumus if yang dapat anda pakai yakni:
=IF(C2>=80, “Lulus”, “Gagal”)

Apabila di baca rumus di atas yang menjelaskan bahwa bila nilai di kolom C6 lebih tinggi atau sama dengan 80, maka suatu hasilnya ialah Lulus. Dan Sebaliknya, apabila itu tidak sesuai maka hasilnya akan Gagal.

  •  Contoh pada penggunaan rumus IF dan fungsi OR

Fungsi AND dan OR dapat di gunakan di dalam rumus IF di excel jika anda mau melakukan melebihi dari satu perbandingan. Fungsi OR akan dapat menghasilkan nilai TRUE apabila satu atau semua kondisi terpenuhi, dan menghasilkan sebuah nilai FALSE hanya apabila tidak ada kondisi yang dapat terpenuhi.
Contohnya, anda mau melihat apakah salah satu dari tiga tim maka penjualan anda telah memenuhi syarat untuk bisa menerima bonus mingguan.  Untuk bisa memenuhi syaratnya, satu tim setidaknya perlu menjual setidaknya 4 sistem komputer atau pula setidaknya dapat menghasilkan penjualan senilai Rp 13.000.000
Maka itu, rumus IF dan fungsi OR yang dapat di gunakan untuk sebuah contoh dalam kasus ini ialah
=IF(OR(B2>=4, C2> 13000000), “Yes”,”No”)

Dari sebuah hasil dalam rumus IF Excel ini telah di ketahui bahwa tim satu dan enam telah memenuhi dua kriteria yang ada sehingga sebuah nilai yang akan di hasilkan adalah TRUE. Sementara tim dua dan delapan tetap akan di anggap bisa menghasilkan nilai TRUE sebab telah memenuhi salah satu kriteria yaitu total penjualan.
Beda halnya dalam tim tiga, empat lima dan juga tujuh yang tidak bisa memenuhi satu kriteria apa pun sehingga nilai yang akan di hasilkan nantinya adalah FALSE.

  • Contoh dalam penggunaan rumus IF excel dengan fungsi AND

Berbeda dengan sebuah fungsi OR, fungsi AND jika saat di gunakan dalam rumus IF di excel akan bisa mengeluarkan hasil TRUE apabila setiap kondisi terpenuhi, dan maka sebaliknya akan dapat menghasilkan sebuah nilai FALSE jika tidak. Contohnya, ada dua kriteria yang harus kita penuhi untuk menilai siapakah kandidat yang akan di terima di sebuahperusahaan anda. Maka Kandidat tersebut harus bisa mempunyai jumlah skor tes pengetahuan di atas 75 dan nilai wawancara di atas 80.

Pada penggunaan rumus IF dan fungsi AND anda bisa menuliskannya ke dalam formula berikut ini
=IF(AND(B2>75,C2>80),”DITERIMA”,”TIDAK DITERIMA”). dari hasil ini telah di ketahui bahwa Ezra, Ruth, Mika dan Sista telah diterima sebab telah memenuhi dua kriteria yang telah di wajibkan. Sementara si Budi, David, Reni dan Hani tidak bisa memenuhi kedua kriteria yang telah ada sehingga tidak dapat di terima.

  • Contoh penggunaan suatu rumus IF dan fungsi NOT

Pada sebuah dasarnya fungsi NOT dapat di gunakan untuk bisa mengembalikan sebuah nilai logika terbalik dan untuk bisa mengetahui apakah suatu kondisi tertentu tidak dapat terpenuhi.
Anda bisa memakai rumus IF dan fungsi NOT misalnya untuk dapat menentukan bonus yang akan di terima karyawan. Misalnya anda mau memberikan sebuah bonus sebesar 5% dari ekstra sales yang sudah di hasilkan karyawan. Tetapi, tidak semua seorang karyawan akan berhasil memperoleh penjualan di luar target nya, maka langsung saja tuliskan kata “none” pada sebuah data karyawanitu, kemudian pakailah rumus IF dan fungsi NOT serta ISTEXT. Fungsi ISTEXT akan dapat memeriksa apakah cell tersebut berisi teks dan juga memperoleh nilai TRUE jika ada, dan FALSE jika tidak.

Bentuk sebuah rumus if yang dapat anda tulis untuk sebuah contoh pada kasus ini ialah
=IF(NOT(ISTEXT(B2)), B2*5%,0)
Dari sebuah data itu anda dapat melihat dengan jelas sekali siapa saja yang akan berhak mendapatkan sebuah bonus dengan serta nilai bonus yang akan dapat di terima oleh masing-masing seorang karyawan.

  • Contoh dalam penggunaan rumus if excel yang bertingkat

Rumus IF excel juga dapat kita gunakan secara bertingkat pada saat anda mempunyai beragam suatu kondisi yang harus dapat terpenuhi. Nilai FALSE akan dapat di gantikan oleh sebuah fungsi IF lainnya untuk dapat melakukan sebuah pengujian lebih lanjut lagi.
Sebuah Rumus if ini bisa anda pakai misalnya pada saat ketika membuat peringkat berdasarkan tentang skor hasil sebuah penilaian karyawan sebagai berikut ini

• Nilai 90 – 100 = A
• Nilai 80-89 = B
• Nilai 70-79 = C
• Nilai 60-69 = D
• Nilai 0-59 = E

Maka, rumus if excel yang dapat anda pakai untuk sebuah contoh ini ialah
=IF(B2>=0,IF(B2<=59,”E”,IF(B2<=69,”D”,IF(B2<=79,”C”,IF(B2<=89,”B”,IF(B2<=100,”A”,))))))

Contoh penggunaan dalam rumus IF excel buat tingkat Lanjut.

rumus IF excel 2022

Pada sebuah fungsi IF excel tingkat lanjut, kita akan dapat memakai sebuah fungsi sebagai salah satu sebuah argumen dalam rumus yang memakai fungsi yang di maksud bertumpuk, dan kita akan bisa merujuk pada fungsi tersebut sebagai fungsi bertumpuk. Contohnya, dengan menumpuk fungsi AVERAGE dan SUM dalam argumen fungsi IF, rumus berikut ini merupakan menjumlahkan sekumpulan angka (G2: G5) hanya apabila rata-rata pada kumpulan angka lainnya (F2: F5) lebih besar dari 50. Apabila tidak, mengembalikan 0. Tujuan AVERAGE dan SUM ditumpuk dalam sebuah fungsi IF.

Anda juga dapat mengumpulkan hingga 64 tingkat sebuah fungsi di dalam suatu rumus. Pada Berikut ini akan memperlihatkan sebuah contoh pada penggunaan fungsi IF excel bertumpuk untuk dapat menetapkan peringkat huruf ke Skor uji numerik. Agar sebuah rumus akan menunjukkan hasilnya, pilihlah datanya, tekan F2, Kemudian tekan Enter. Apabila perlu, Kamu dapat menyesuaikan lebar kolomnya untuk dapat melihat semua datanya.
Nilai:

  • 45
  • 90
  • 78

‘ = IF (A2>89, “A”, IF (A2>79, “B”, IF (A2>69, “C”, IF (A2>59, “D”, “F”))))
Memakai kondisi IF bertumpuk untuk dapat menetapkan sebuah nilai huruf ke sebuah Skor dalam sel A2.
= IF (A2>89, “A”, IF (A2>79, “B”, IF (A2>69, “C”, IF (A2>59, “D”, “F”))))

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai beberapa Rumus IF Excel semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya dengan adanya contoh Rumus IF excel ini akan memudahkan anda sehingga kalian tidak merasa kesulitan. Sekian dan terimakasih.

dan kalian untuk lebih lengkap terkait aplikasi dan teknologi lainnya silakan berkunjung di web dibawad ini :

https://brilink.co.id
https://toptv.co.id
https://insanpnm.co.id
https://dinkespadangsidimpuankota.id

Comments are closed.