Posted Under: Lainnya
SENIMAN GENDER
Di br, wanasari, desa sulangai, kec, petang, kab badungada seorang seniman yang bernama PAN PASEK .Beliau menuturkan, bahwa beliau mulai belajar ngender pada tahun 1980.beliau belajar kerana Cuma sering mendengarkan gambelanya, oleh karena itu beliau hatinya tergugah dan menarik untuk belajar megender dan akhirnya bertemu beliau dengan almarhum PAN LUBAK dengan banjar adat wanakeling, desa sulangai, kec petang, badung,
PAN LUBAK bersedia untuk melatih peserta yang ikut latihan waktu itu yang berjumlah 24 orang termasuk PAN PASEK . berbulan bulan PAN LUBAK melatih tetapi satu gending pun yang tidak bisa di ingat oleh 24 orng tersebut. PAN LUBAK menyerah tidak mau melatih ngender lagi. Dengan nekad membara PAN PASEK bersama 23 orang ini temannya sepakat untuk mencari guru lagi. Sehingga ketemulah almarhum PAN REMBENG, dan beliau sedia untur melatihnya.
Hari demi hari, bulan demi bulan, dan ganti dengan tahun si guru pun mengeluh dengan anak didiknya yang belum mendapat gending, jangankan dapat gending, pegang panggul aja juga tidak bisa.pada suatu hari pan PAN REMBENG ngomong jahil dengan anak didiknya beliau berkata”he,,,,cai ajak mekejang buin pidan jek cai bise megender, lantas cai ke upah, di ngidih nasi kangguang kuah ne wadahin kau bulu, sawireh otak cai ne katos care batu” artinya; hai kamu semua, kapan kamu bisa megender,seandainya ada orang ngupah di saat dikasi makan kuahnya di letakan di tempurung kelapa kerana kepala mu keras bagaikan tempurung kelapa, begitulah PAN REMBENG ( sang guru) sambil tersenyum serius.
Begitulah pedih di siang bolong, PAN PASEK ternganga mendengar sindiran sang guru tidak terasa telinganya memerah, dan rasa jengalah semakin membara bagaikan api di siram dengan bensin. Dan setelah kejadian itu beliau menunuturkan untuk tangkil di sebelah pura yang bernama pura bukit sari yang bertempat di banjar antapan, desa antapan, baturiti, tabanan. Di pura itu setiap odalan di sediakan kelir wayang yang ukuranya tidak begitu lebar, serta gender. Dan wayang Niskale sering nampak, tapi hanya bisa di lihat oleh orang- orng tertentu, begitu juga suara gambelanya sering juga terdengar dari kejauhan, walaupun gambelan itu tidak ada yang memukul atau memainkan.
Di pura itulah beliau memohon “ nunus ice “kepada Tuhan Yang Maha Esa yang bersemayam di pura bukit sari. Dan beliau berkaul (berjanji) jika nanti sudah bisa memainkan gender pewayangan dan beliau bersedia untuk pertama kalinya ngayah di pura tersebut.
Sakeng jengahnya , pagi pagi beliau bangun daru tempat tidurnya dan langsung ke ladang hanya nnyari rumput untuk makan sapinya. Setelah jam 08.00 beliau berangkat ke tempat latihan bertmpat di banjar wanakeling, desa sulangai dan berakhir sampai jam 18.00 dan mulai lagi latihan jam 19.30 sampai jam 00.00 (jam satu malam) semua ini di lakukan hanya beberapa bulan.
Beliau merasa senang sekali setelah beliau bisa memainkan gending yang bernama “TETANGISAN DAN NGEREBONG”. Mungkin sudah kehendak tuhan dan akhirnya semua gending yang di beri oleh gurunya bisa di terima.tapi sayang dari 24 0rang yang ikut latihan, Cuma 4 orang yang lolos termasuk beliau sendiri dan sampai saat ini masih exis walau usia sudah tua.
Pan pasek ( i wayan Keredek ) lahir di desa sulangai pada tahun 1951.beliau menginjak bangku sekolah pada tahun 1958 dan beliau tamat sekolah dasar tahun 1964.dan tahun 1971 beliau menikah dengan ni wayan kemog. Beliau memiliki dua orang anak,yaitu i wayan duniarta yang lahir tahun 1973 dan ni made marni lahir tahun 1975.keseharian beliau bekerja sebagai petani dan berkebun. Hoby beliau senang menggambel,seperti megambel di gong kebyar,rindik dan megender.hoby itu beliau lakoni dari tahun 1970,tapi yang beliau jalani sampai saat ini hanya Cuma megender saja. Hoby belia itu sudah di wariskan sama ke dua cucunya yaitu i wayan agus parmadi dan i made dwi irawan tentang megender,dengan harapan supaya hoby atau keahlian itu di pakai untuk ngayah baik manuse yadye,pitra yadye dan pitra yadye.
Tapi semua hoby itu tidak bisa belia jalani,karena belia di angkat dan di percayai sebagai pemangku petapakan ( barong ) oleh desa adat sulangai mulai tahun 2010 sampai sekarang. walaupun beliau sudah jadi pemangku ,tapi sering kali juga beliau di minta bantuan oleh krame untuk megambel orang potong gigi dan megambel wayang. Tapi untuk megambel selain itu di serahkan ke cucunya agus parmadi.semisal megambel di wadah.
TUJUAN;
Beliau belajar megender dulu untuk semata mata mejalankan hoby, dan setelah bisa beliau bertujuan untuk ngayah dan kadang kala sering juga keupah di persun dan dan di banjar-banjar lain.
Suka duka
Suatu malam beliau pentas wayang di sebuah desa dan disana beliau dikasi hidangan jajan dan kopi, tetapi salah satu teman baliau tidak punya gigi, belum sempat di kunyah sudah terburu tertelan, hakhirnya teman beliau terdiam tidak bisa bernafas. Atas bantuan lainnya temanya pun kembali normal.beliau menceritakan kisah ini sambil tertawa terpingkal pingkal.
Pernah juga terjadi di pentas wayang semua tukang gender merasakan panas membara dan sang dalang mentebar supaya pementasan bejalan yang baik dan tetap berlangsung , dengan terpaksa sang dalang pentas sambil berjongkok ini Cuma suka-suka sebagai seniman tukang gender, masih juga ada yang lainnya “KATA PAN PASEK” sambil tersenyum.
HARAPAN:
Beliau sangat berharap, supaya genarasi mau ,mempelajari seni gender dan memainkan gender ini memang sangat penting di saat ada upacara yadnya umat hindu, dan beliau juga berharap seni gender ini tidak bisa punah.
Reader Comments