KOMENTAR VIDEO TABUH KREASI CANANG SARI SANGGAR CENIK WAYAH UBUD

Mei 20th, 2012

YouTube Preview Image

Tabuh kreasi Canang Sari merupakan tabuh kreasi baru yang diciptakan oleh Colin Mc.Donald pada tahun 2006. Tabuh ini dituangkan dan dimainkan oleh sanggar Cenik Wayah ubud yang menggunakan media ungkap gamelan Smara Dhana. Sanggar Cenik Wayah merupakan sanggar yang cukup kreatif  yang terletak di Ubud sebagai penanggung jawab Cokorda Ngurah Suyadnya dan sebagai Pembina tabuh yaitu I Wayan Sudirana. Sanggar ini berdiri pada tahun 2003. Adapun prestasi yang diraih oleh sanggar ini adalah sebagai juara 1 Festival Gong Kebyar Anak-Anak 2005 se-Bali. Di samping itu juga sanggar ini sering mendapat project bersama orang asing untuk memainkan tabuh ciptaan orang asing tersebut. Sampai saat ini Sanggar Cenik Wayah Ubud masih aktif melakukan pementasan 1x seminggu yaitu pada hari kamis, yang terletak di Cafe Lotus atau Puri Saraswati Ubud. Adapun gamelan yang dimiliki oleh Sanggar Cenik Wayah Ubuid adalah Gamelan Smara Dhana. Gamelan Smara Dhana merupakan seperangkat barungan baru yang mana bentuknya hampir sama dengan gamelan gong kebyar, tetapi warna suara dan jumlah bilahnya berbeda. Gong Kebyar mempergunakan laras pelog 5 nada, sedangkan Smara Dhana, satu oktaf mempergunakan laras pelog 5 nada, dan satu oktaf lagi mempergunakan laras pelog 7 nada yang sama dengan gamelan Semara Pagulingan. Gamelan Smara Dhana ini muncul pertama kali di desa Ubud Gianyar yaitu bertempat di Puri Saren Ubud pada tahun 1988. Gamelan ini diciptakan oleh Bapak Wayan Beratha seorang seniman asal Denpasar. Menurut Bapak I Wayan Baratha, kata Smara Dhana dipilah menjadi “Semara dan Dhana”. Semara berarti suara, sedangkan Dhana berarti kaya. Jadi kata Smara Dhana dapat diartikan “kaya akan suara. Instrument dari gamelan Smara Dhana ini tidak jauh berbeda dengan gamelan Gong Kebyar. Ditinjau dari kelengkapan barungannya gamelan Smara Dhana memiliki 19 jenis bentuk instrument. Diantaranya:

•           2 tungguh jegogan, sumber suaranya pada bumbungan.

•           2 tungguh juglag, sumber suaranya pada bumbungan.

•           2 tungguh penyacah, yang sumber suaranya pada bumbungan.

•           2 tungguh ugal, yang sumber suaranya pada bumbungan.

•           4 tungguh pemade, yang sumber suaranya pada bumbungan.

•           4 tungguh kantilan, yang sumber suaranya pada bumbungan.

•           1 tungguh reong, yang sumber suaranya terletak di bawah pencol reong.

•           1 tungguh trompong, yang sumber suaranya terletak di bawah pencol trompong.

•           1 pasang gong lanang wadon, yang sumber suaranya terletak di belakang pencol gong.

•           1 pasang kendang lanang wadon, yang sumber suaranya di tengah badan kendang atau di muka kanan dan muka

kiri kendang.

•           1 kempur, yang sumber suaranya di belakang pencol kempur.

•           1 bende yang sumber suaranya di belakang pencol bende.

•           1 kemong, yang sumber suaranya terletak di belakang pencol kemong.

•           1kempli, yang sumber suaranya terletak di bawah pencol kempli.

•           1 kajar, yang sumber suaranya terletak di bawah pencol kajar.

•           1 tungguh cengceng ricik, yang sumber suaranya pada pertemuan bilah cengceng yang di pukul.

•           Suling kurang lebih berjumlah 6, yang sumber suaranya di tanggkai atas suling atau sering disebut song manis.

•           1 buah rebab atau lebih, yang sumber suaranya pada kulit rebab, bila di gesek menggunakan alat penggesek rebab.

•           Beberapa cengceng kopyak (jika diperlukan), yang sumber suaranya pada pertemuan bilah cengceng yang di

dipukul.

 

Komentar  Video Tabuh Kreasi Canang Sari

Sanggar Cenik Wayah Ubud,

1)    Sound System :

Dari Segi Sound System, dalam video ini kita bisa liat keseimbangan suara antar instrumen. Sound System sangat berpengaruh dalam pengaturan suara dalam video ini, jadi apabila orang yang mengatur sound system ini kurang handal, maka akan sangat berpengaruh dalam pengaturan suara instrumen yang bisa membuat sebuah pertunjukan kacau dan kurang enak didengar. Dalam video ini, instrument cengceng sangat kurang kedengaran. Sebaiknya microphone diletakkan dekat instrument tersebut agar nanti suaranya bisa seimbang dengan instrument yang lain. Selain itu juga suara kajar terlalu keras.

2)    Lighting :

Dari segi Ligthing, dalam video ini terlihat sangat kurang. Karena saya lihat pada video ini, hanya menggunakan satu sumber cahaya. Dan tidak adanya efek-efek cahaya yang lain. Kalau disertai efek-efek cahaya yang lain, kemungkinan pementasan ini akan terasa lebih hidup.

3)    Pengambilan Gambar :

Dari segi pengambilan gambar, dalam video ini terlihat kurang bagus. Sebab kurang fokusnya gambar yang mau diambil. Misalnya mengambil gambar antar pemain gamelan. Di samping itu juga si pengambil gambar kurang kreatif untuk menyoroti wajah-wajah si pemain. Saya lihat pada video ini si pengambil gambar hanya diam si satu tempat.

Sekian sekilas tentang sanggar Cenik Wayah dan Gamelan Smara Dhana, serta  komentar video Tabuh Kreasi Canang Sari Sanggar Cenik Wayah Ubud  yang bisa saya sampaikan. Jika ada kekurangan dalam penyampain saya, mohon maaf sebesar-besarnya. Saran dan pesan anda sangat saya butuhkan.

Terima Kasih.

Leave a Reply