TARI KECAK

This post was written by pratamayoga on April 26, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

Tari Kecak yang sering disebut “The Monkey Dance” bagi orang-orang yang melakukan tarian dalam bentuk drama yang relatif baru namun telah menjadi pertunjukkan yang sangat populer dan terkenal menjadi sesuatu yang baik untuk ditonton baik domestik maupun luar negeri. Adegan-adegan tari kecak telah dipromosikan di beberapa poscard, buku petunjuk pariwisata dan lain-lainnya.

Nama Kecak adalah nama yang dapat digunakan untuk membuat pesan suara. Ada beberapa yang menerangkan bahwa kata “cak” memiliki arti yang sangat penting dan signifikan dalam pertunjukan.

Asal Muasal Tari Kecak

Tak diketahui secara langsung darimana tarian kecak datang dan dimana pertama kali berkembang, namun ada semacam kesepakatan pada masyarakat Bali kecak pertama kali berkembang menjadi seni di Bona, Gianyar sebagai pengetahuan yang digunakan untuk masalah-masalah yang ada atau yang dihasil dari perpaduan suara yang melodi yang biasanya digunakan untuk mengiringi tarian Sahyang yang disakralkan. Dan hanya dapat dipentaskan di dalam pura. Kemudaian pada awal tahun 1930an astist dari desa Bona, Gianyar adalah untuk mengembangkan tari kecak dengan mengambil bagian cerita Ramayana yang didramatarikan sebagai salah satu dari mereka. Tari Sanghyang tidak dapat dipertanggungjawabkan di muka umum sebagai seni pertunjukan. Bagian cerita Ramayana yang pertama adalah saat saat Dewi Sita diculik oleh Raja Rahwana.

Perkembangan Tari Kecak Di Bali

Tari kecak di Bali merupakan pengembangan terus sejak tahun 1970-an. Perkembangan yang bisa dilihat dari segi cerita dan pementasan. Dari Segi cerita untuk review pementasan tidak hanya berpatokan pada satu bagian dari Ramayana tapi bagian cerita yang lain dari Ramayana.

Kemudian dari segi pementasan juga mulai berkembang tidak hanya dapat ditemukan di Desa Bona, Gianyar namun juga desa desa yang lain di Bali yang sangat populer di Bali yang terdiri dari kelompok-kelompok yang ada anggotanya dan para anggota banjar. Kegiatan kegiatan seperti festival tari Kecak juga sering dilaksanakan di Bali baik oleh pemerintah atau pun oleh sekolah seni yang ada di Bali.

Seni Tari Kecak

Sebagai Suatu Pertunjukan tari kecak didukung oleh beberapa faktor, pertunjukan kecak penyanyi menyajikan tarian sebagai pengantar cerita, tentu musik sangat penting untuk review mengiringi lenggak lenggok penari. Namun dalam hal ini, anda dapat menggunakan musik untuk sekitar 50 – 70 orang orang akan membuat musik secara akurat, yang akan bertindak sebagai pemimpin yang merupakan bagian dari nada yang diperlukan sebagai penekan yang diperlukan untuk memberikan nada yang tinggi atau rendah. Sebagai penembang solo, dan sorang lagi akan bertindak sebagai ki dalang yang mengantarkan alur cerita. Penari dalam tingkat kecak dalam gerakannya tidak bisa sesuai dengan pakem pakem yang diiringi oleh gamelan.

Comments are closed.