Des 09

MiXplorer 6.42.1 Apk for android

Posted in Tak Berkategori Komentar Dinonaktifkan pada MiXplorer 6.42.1 Apk for android

MiXplorer adalah Aplikasi Alat untuk android
unduh versi terakhir MiXplorer Apk untuk android dari revdl dengan tautan langsung

MiXplorer adalah alat manajemen file komprehensif yang membantu Anda bekerja dengan nyaman dengan semua file dan folder di Android Anda. Terlebih lagi, ia memiliki antarmuka yang bersih dan dirancang dengan baik yang juga dapat disesuaikan sepenuhnya.

MiXplorer menawarkan daftar fitur yang panjang. Ini memiliki dasar-dasar, seperti kemampuan untuk menyalin, memindahkan, memotong, dan menempelkan file atau folder, mengubah tata letak folder individual, dan menggunakan alat pencarian lanjutan. Fitur yang lebih canggih termasuk kemampuan untuk mengekstrak dan membuat file terkompresi dalam banyak format berbeda: 7z, ZIP, TAR, GZIP, RAR, CAB, ISO, ARJ, dan sebagainya.

Anda juga dapat menautkan MiXplorer ke akun Anda di layanan penyimpanan cloud. Aplikasi ini kompatibel dengan Mega, Dropbox, Box, Yandex, HiDrive, Baidu, Mediafire, Kuaipan, 4Sync, dan Google Drive. Anda bahkan dapat menggunakan server FTP / HTTP yang termasuk dalam antarmuka itu sendiri.

Fitur hebat lainnya adalah pratinjau konten multimedia. Dari aplikasi, Anda dapat mendengarkan file audio apa pun atau melihat gambar apa pun yang telah Anda simpan di perangkat Anda. Anda bahkan dapat melihat pratinjau GIF animasi.

MiXplorer adalah pengelola file yang benar-benar luar biasa yang menawarkan banyak fitur pada perangkat normal, tetapi menawarkan BAHKAN LEBIH BANYAK jika Anda memiliki perangkat yang di-rooting.

Baca Juga :

Des 09

Programming Hub: Learn to Code 5.0.26 B-212 Apk for android

Posted in Tak Berkategori Komentar Dinonaktifkan pada Programming Hub: Learn to Code 5.0.26 B-212 Apk for android
Programming Hub


Hub Pemrograman: Learn to Code adalah Game Edukasi untuk android
unduh versi terakhir dari Programming Hub: Learn to Code Apk untuk android dari revdl dengan tautan langsung

Aplikasi pengkodean dan pemrograman untuk belajar kode dengan HTML, Javascript, C, C ++, C #, Swift, Python, Pemrograman R, Java, Inteligensi Buatan, CSS, dll. Gratis dengan aplikasi satu atap – “Hub Pemrograman: Belajar untuk kode”

Aplikasi pengkodean dan pemrograman ini dibuat menggunakan penelitian dan bekerja sama dengan pakar Google dan menawarkan jalur sempurna untuk mempelajari pemrograman. Anda akan belajar kode seperti ahli, dan juga menikmatinya seperti permainan. Mudah, cepat dan menyenangkan!

❇️Pilihan Editor Google Play?

“Best of the Best” Google Play 2017! ??

“Diakui dan didukung oleh akselerator bidang peluncuran Google”

❇️Tidak Ada Iklan ?

Dengan koleksi besar 5000+ program (contoh kode), 20+ program, dan kompiler tercepat di dunia, semua kebutuhan pemrograman Anda dibundel dalam satu aplikasi untuk latihan harian Anda.

Apa semua bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari dengan aplikasi tutor koding ini?

EarnPelajari Java – Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek, tujuan umum. Saat ini Java sedang digunakan untuk mengembangkan berbagai perangkat lunak seperti aplikasi web, Aplikasi J2ME, Ruang Tertanam, Android, analisis Big Data, dll.

??‍?Pelajari Pemrograman C – pemrograman C adalah bahasa tujuan umum yang kuat. Jika Anda baru dalam pemrograman maka Pemrograman C adalah bahasa terbaik untuk memulai perjalanan pemrograman Anda.

EarnPelajari C ++ – C ++ digunakan hampir di mana-mana untuk segala sesuatu mulai dari pemrograman sistem, komputasi numerik dan ilmiah, pengembangan web, kompiler penulisan, game konsol, aplikasi desktop, dan sebagainya.

??‍?Pelajari HTML – HTML adalah bahasa markup standar untuk membuat halaman web dan aplikasi web. HTML paling umum digunakan sebagai format untuk dokumen online yaitu halaman web.

EarnPelajari Javascript – JavaScript adalah bahasa pemrograman web yang dijalankan oleh sebagian besar browser. Dengan Hub Pemrograman, Anda dapat menemukan tutorial Javascript untuk menjadi pakar Javascript.

??‍?Pelajari Pemrograman R: R adalah bahasa pemrograman dan lingkungan perangkat lunak untuk analisis statistik, representasi grafik, dan pelaporan.

Berikut adalah alasan lain mengapa Anda harus memilih Hub Pemrograman sebagai aplikasi tunggal untuk kebutuhan pembelajaran coding Anda. Dengan aplikasi “Hub Pemrograman: Pelajari untuk kode”, Anda dapat –

??‍?Pelajari CSS
??‍?Pelajari VB.net
??‍?Pelajari C # (C Sharp)
??‍?Pelajari Python 2.7
??‍?Pelajari Python 3
EarnPelajari Scripting Linux Shell
??‍?Pelajari Pemrograman R
??‍?Pelajari Swift
EarnPelajari SQL
EarnPelajari Jquery
??‍?Pelajari Perakitan 8086


FITUR APLIKASI


Meskipun kami menjadikan pembelajaran coding mudah dan menyenangkan, berikut adalah fitur yang akan menjadikan kami pilihan tunggal Anda untuk belajar bahasa pemrograman –

? Kursus Pemrograman: Untuk membuat pembelajaran Anda lebih menarik, para ahli kami telah membuat kursus berukuran dan interaktif yang akan membantu Anda mempelajari pemrograman tidak seperti sebelumnya. Itu adalah tempat terbaik untuk mempelajari konsep-konsep baru.

? Contoh Program & Pengodean: 5000+ program dalam 20+ bahasa pemrograman dan penghitungan, hub pemrograman memiliki salah satu koleksi terbesar dari program pra-kompilasi dengan output untuk latihan dan pembelajaran.

?Compiler: Kompiler tercepat di dunia pada Android dengan dukungan untuk mengkompilasi dan menjalankan lebih dari 20 bahasa pemrograman.

Fitur lain untuk meningkatkan pengalaman belajar pemrograman Anda termasuk

  1. Ilustrasi berbasis konsep untuk dengan mudah belajar kode dengan cara yang menyenangkan
  2. Pengalaman belajar interaktif
  3. Pembaruan Berkala dengan contoh pemrograman baru dan konten kursus

Dapatkan lebih banyak lagi dengan keanggotaan Programming Hub Pro

? Akses Tidak Terbatas di seluruh aplikasi kode belajar
ModeOffline Mode untuk mendapatkan kursus pemrograman online
? Konten Premium
?Bebas iklan
? Kompilasi Kode Tidak Terbatas

Alih-alih memberi kami peringkat yang lebih rendah, harap kirimkan pertanyaan, masalah, atau saran Anda ke [email protected] Kami akan dengan senang hati menyelesaikannya untuk Anda ?

Sumber :

Baca Juga :

Nov 20

Berkarya

Posted in Karya Komentar Dinonaktifkan pada Berkarya
Jul 12

Melasti, Tawur Agung, Pengerupukan, Nyepi dan Ngembak Geni; Dari Kisah Tentang Jempana, Penyucian Buana Alit dan Buana Agung

Posted in Tak Berkategori Komentar Dinonaktifkan pada Melasti, Tawur Agung, Pengerupukan, Nyepi dan Ngembak Geni; Dari Kisah Tentang Jempana, Penyucian Buana Alit dan Buana Agung

Jum’at 23 Maret 2012. Nyepi memiliki filosofi dimana umat Hindu memohon kepada Tuhan, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, untuk melakukan penyucian Buana Alit (manusia) dan Buana Agung (alam dan seluruh isinya).

Sebelum hari raya Nyepi, dilaksanakan serangkaian upacara dan upakara yang bermaksud agar Penyucian Buana Alit dan Buana Agung berjalan dengan lancar. Rangkaian upacara tersebut berbeda-beda, tergantung dari Genius Local Wisdom dan urun rembug masing-masing daerah serta kebijaksanaan yang ditetapkan bersama. Salah satu rangkaian upacara tersebut adalah Melasti, atau disebut juga dengan Mekiyis, atau Melis.

Pada saat Melasti, berbagai [retima atau benda yang disakralkan atau dikeramatkan akan disucikan dengan cara dibawa ke laut, sungai atau segara. Pada jaman dahulu, berbagai benda ini diarak dengan diusung di atas kepala. Namun kemudian, seiring dengan perkembangan jaman, kearifan akal budi manusia melakukan modifikasi dengan membuat Jempana. Jempana adalah sebuah tempat yang kemudian di beri roda agar mudah diarak menuju laut. Setelah pretima disucikan, kemudian akan disemayamkan di Pura Desa hingga sehari setelah hari raya Nyepi berlalu, untuk kemudian berbagai pretima ini kembali ditempatkan pada pura masing-masing.

Selain Melasti, terdapat pula Pecaruan / Tawur Agung.

Sehari sebelum Nyepi, yaitu pada “panglong ping 14 sasih kesanga”, umat Hindu melaksanakan upacara ”Buta Yadnya” di perempatan jalan dan lingkungan rumah masing-masing, dengan mengambil salah satu dari jenis-jenis ”[[caru]]” (semacam sesajian) menurut kemampuannya. ”Buta Yadnya” itu masing-masing bernama ”Pañca Sata” (kecil), ”Pañca Sanak” (sedang), dan ”Tawur Agung” (besar). Tawur atau pecaruan sendiri merupakan penyucian/pemarisuda [[Buta Kala]], dan segala ”leteh” (kekotoran) diharapkan sirna semuanya. ”Caru” yang dilaksanakan di rumah masing-masing terdiri dari nasi manca (lima) warna berjumlah 9 ”tanding”/paket beserta lauk pauknya, seperti [[ayam brumbun]] (berwarna-warni) disertai ”tetabuhan” arak/tuak. ”Buta Yadnya” ini ditujukan kepada Sang Buta Raja, Buta Kala dan Batara Kala, dengan memohon supaya mereka tidak mengganggu umat .

”Mecaru” diikuti oleh upacara ”pengerupukan”, yaitu menyebar (nasi) tawur, mengobori rumah dan seluruh pekarangan, menyemburi rumah dan pekarangan dengan mesiu )sejenis bahan makanan), serta memukul benda-benda apa saja (biasanya kentongan) hingga bersuara ramai/gaduh. Tahapan ini dilakukan untuk mengusir Buta Kala dari lingkungan rumah, pekarangan, dan lingkungan sekitar.

Mulai tahun 1990 an, di Bali pada saat Pengerupukan biasanya dimeriahkan dengan pawai Ogoh-ogoh, sebagai perwujudan Buta Kala yang diarak keliling lingkungan, dan kemudian dibakar. Tujuannya sama yaitu mengusir Buta Kala dari lingkungan sekitar.

Keesokan harinya, pada Tilem Kesanga, tibalah Hari Raya Nyepi. Pada hari ini dilakukan puasa Nyepi yang disebut “Catur Brata Penyepian” dan terdiri dari ”amati geni” (tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), ”amati karya” (tidak bekerja), ”amati lelungan” (tidak bepergian), dan ”amati lelanguan” (tidak mendengarkan hiburan). Brata ini dilakukan sejak sebelum matahari terbit. Menurut umat Hindu, segala hal yang bersifat peralihan, selalu didahului dengan perlambang gelap. Misalnya seorang bayi yang akan beralih menjadi anak-anak (1 ”oton”/6 bulan), lambang ini diwujudkan dengan ‘matekep guwungan’ (ditutup sangkar ayam). Wanita yang beralih dari masa kanak-kanak ke dewasa , disebut dengan Ngeraja Sewala, upacaranya didahului dengan ”ngekep” (dipingit).
Konsep tersebut digunakan juga pada peralihan dari tahun lama ke tahun baru Caka, sehingga ada masa amati geni. Intisari dari perlambang-perlambang lahir itu (amati geni), menurut lontar “Sundari Gama” adalah “memutihbersihkan hati sanubari”, yang merupakan kewajiban bagi umat Hindu.  Berisikan tentang ”Tiap orang berilmu (’’sang wruhing tattwa jñana”) melaksanakan brata (pengekangan hawa nafsu), yoga (menghubungkan jiwa dengan paramatma /Tuhan), tapa (latihan ketahanan menderita), dan samadi (manunggal kepada Tuhan, yang tujuan akhirnya adalah kesucian lahir batin).”

Semua itu menjadi keharusan bagi umat Hindu agar memiliki kesiapan batin untuk menghadapi setiap tantangan kehidupan di tahun yang baru. Kebiasaan merayakan hari raya dengan pesta, berfoya-foya, berjudi, mabuk, adalah sesuatu kebiasaan yang keliru dan mesti diubah.

Sehari setelah hari raya Nyepi adalah Ngembak Geni (Ngembak Api), sebagai rangkaian terakhir dari perayaan Tahun Baru Saka. ‘Ngembak Geni jatuh pada tanggal “ping pisan (1) sasih kedasa (X)”. Pada hari inilah Tahun Baru Saka tersebut dimulai. Umat Hindu bersilaturahmi dengan keluarga besar dan tetangga, saling maaf memaafkan (”ksama”) satu sama lain.
Dengan suasana baru, kehidupan baru akan dimulai dengan hati putih bersih. Jadi kalau tahun masehi berakhir tiap tanggal 31 Desember dan tahun barunya dimulai 1 Januari, maka tahun Çaka berakhir pada “panglong ping limolas (15) sasih kedasa (X)”, dan tahun barunya dimulai tanggal 1 sasih kedasa (X).

Bagaimanakah pelaksanaan Melasti di Bali itu sendiri???

Bali memiliki budaya yang beragam di mana setiap hari kita dapat menemukan ritual Hindu di pulau, yang terkenal dikenal sebagai Pulau Seribu Pura dan Seribu Dewa. Salah satu upacara penting dalam ritual Hindu Melasti atau pemurnian Pratima (dewa simbol) dan simbol agama Hindu di pantai, segara, atau sungai. Upacara Melasti ini dilakukan setahun sekali, pada umumnya dilakukan tiga hari sebelum hari Nyepi atau tergantung pada aturan desa adat setempat. Pada perayaan Melasti, umat Hindu di Indonesia khususnya di Bali membawa  simbol suci agama Hindu ke berbagai pantai dan sungai yang ada di Bali. Setelah Melasti, berbagai simbol suci, seperti tombak, pretima, akan disthanakan bersama-sama di Pura Desa hingga sehari / dua hari setelah Nyepi. Terkadang, terdapat kejadian yang unik selama prosesi Melasti berlangsung, di mana ada umat Hindu mengalami kesurupan (terjadinya alam luar kesadarannya), menari menangis, dan berbicara dengan tidak teratur.

 

Jul 11

BANJAR TANJUNG BUNGKAK KELOD DESA ADAT SUMERTA KELOD DENPASAR BALI

Posted in Tak Berkategori Komentar Dinonaktifkan pada BANJAR TANJUNG BUNGKAK KELOD DESA ADAT SUMERTA KELOD DENPASAR BALI

Banjar, adalah pembagian wilayah administratif di Provinsi BaliIndonesia di bawah Kelurahan atau Desa setingkat dengan Rukun Warga.

Banjar merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam suatu banjar juga tersusun kepengurusan atau istilahnya pemerintahan terkecil. Banjar di Bali dipimpin oleh seorang Kelihan Adat/Banjar yang sangat bersifat sosial atau ngayah (tanpa gaji bulanan). Dia akan dibantu oleh beberapa ‘prejuru’ banjar seperti; Petajuh (wakil kelian), Petengen (Bendahara), Penyarikan (sekretaris), Kelian Sekaa (ketua kelompok spt; kesenian gamelan, dsb.) dan yang terpenting yaitu Kesinoman (komunikasi ke anggota atau penghubung dalam basa Bali juga disebut “juru arah”).

Ada juga yang ditemui di bale banjar yang berfungsi sebagai ‘kantor’ untuk LPD atau Koperasi, sebagai sarana pendidikan pra-sekolah (Taman Kanak-Kanak) dan mungkin saja sudah ada bale banjar yang berfungsi sebagai “Restaurant atau Kafe” untuk yang berlokasi diarea rame wisatawannya seperti Kuta.

Selain fungsi berbeda dari bale banjar di yang saya sebut diatas, fungsi utama dari bale banjar masih tetap berjalan seperti; kegiatan Posyandu, “Sangkep” Anggota, kegiatan pelestarian kesenian Bali (Gamelan, Tari, Utsawa Darmagita, dsb.). Maka boleh dibilang Bale Banjar mempunyai fungsi dan arti yang sangat strategis bagi masyarakat Bali

Salah satu kegiatan politik terbesar seperti Pemilu-pun bisa sukses di Bali karena adanya sistem Banjar dengan Bale Banjar-nya. TPS (Tempat Pemungutan Suara) tidak perlu susah-susah untuk mencari lokasi untuk mendirikannya karena keberadaan Bale Banjar yang bisa disulap menjadi TPS untuk kepentingan Pemilu tersebut. Demikian pula pendataan pemilih seharusnya bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan menyerahkan kepada pengurus banjar bersangkutan, dikarenakan mereka-mereka itulah yang lebih tahu siapa masyarakat-nya dan penduduk pendatang yang tinggal di area lingkungan banjarnya.

Nah sekarang Saya akan mengulas tentang banjar Tanjung Bungkak Kelod Denpasar, yaitu Banjar Saya sendiri yang berada di Kota Denpasar. Banjar Tanjung Bungkak Kelod terletak di jln.Pandu Desa Adat Sumerta Kelod kecamatan Denpasar Timur. Banjar Tanjung Bungkak Kelod mempunyai Struktur Pengurus Banjar diantaranya adalah :

 

 

o   Kelihan Banjar (pemimpin Banjar )

  • I Nengah Aryana

o   Penyarkikan ( sekretaris )

  • I Keut Suwirya

o   Petengen ( bendahara )

  • I Ketut Susana

o   Seksi Kesenian

  • I Nyoman Yuda
  • I Wayan Sukarta

o   Pembantu Banjar

  • Kesinom
  • Kesinom
  • Kesinom
  • Kesinom

Setiap tahun, Banjar Tanjung Bngkak Kelod selalu mengadakan Bazar di Banjar sebagai penggalian dana untuk pembuatan ogoh-ogoh dan untuk keperluan yang lainnya juga seperti pembuatan baju,kamen,udeng,dan konsumsi. Di dalam mengadakan bazar ini perlu kebersamaan yang kompak dari pemuda, karena jika mengadakannya di Banjar, Banjar harus di dekorasi terlrbih dahulu agar Banjar terlihat lebih seperti tempat berpesta ataupun seperti Café.

Selain mengadakan Basar, Banjar Tanjung Bungkak Kelod juga pernah ikut dalam parade Gong Kebyar Wanita dalam Pesta Kesenian Bali ( PKB ) pada tahun 2012. Sebelum sampai ke panggung Arda Candra Art Centre, seke Gong Wanita Banjar Tanjung Bungkak Kelod Denpasar harus melewati lomba Gong Kebyar Wanita di di Puputan Denpasar, setelah lama berlatih di Banjar, ternyata kita menang dan wajib mengikuti PKB.

Banjar Tanjung Bungkak Kelod juga memiliki 1 barungan Gong Kebyar yang terdiri dari:

–        2 Ging Lanang Wadon

–        1 Kempur

–        1 Klemong

–        1 Bende

–        1 terompong

–        1 Riong

–        1 Kempli

–        1 Kajar

–        8 ceng-ceng kopyak

–        1 ceng-ceng ricik

–        2 Pengugal

–        4 Rencang Gede/Pemade

–        4 Rencang Cenik/Kantil

–        2 Jegog

–        2 Jublag

–        2 Penyacah

–        4 kendang Lanang Wadon

–        9 Suling gede

–        1 Suling cenik

 

nyomanyudiawan