Categories
Tulisan

Komentar Video Nyat Mancuh

Air merupakan sumber kehidupan bagi semua mahkluk hidup yang   membuat  lingkungan menjadi asri. Akibat dari pergeseran jaman, membuat aliran air yang mengalir di sungai menjadi tidak tetap atau mengalami pasang surut. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor kehidupan warga seperti : penebangan pohon liar yang mengakibatkan  hutan menjadi gundul, sehingga air pun tidak mendapat resapan di daerah pegunungan. Aliran air sangat mudah membesar bahkan tidak jarang menyebabkan terjadinya banjir bandang. Fenomena air diatas menjadi sumber inspirasi untuk dikemas kedalam suatu bentuk penciptaan komposisi karawitan inovatif dengan judul“ NYAT MANCUH ” .

            Itulah sebuah sinopsis dari garapan Nyat Mancuh. Nyat Mancuh merupakan garapan TA mahasiswa ISI Denpasar. Dalam pementasannya banyak aspek yang mendukung, diantaranya adalah lighting dan sound system. Dari pengamatan saya terhadap video tersebut, ada sedikit kekurangan pada aspek lighting dan sound system, yaitu:

  • Secara umum, dalam video ini pencahayaannya sudah menyeluruh ke bagian panggung. Namun pencahayaannya belum sempurna, cahayanya agak redup. Hal itu menjadikan kurang jelasnya pementasan garapan tersebut oleh penonton. Dan juga efek pencahayaan yang digunakan dalam pementasan tersebut agak kurang. Efek pencahayaan yang digunakan juga tidak terlihat dengan jelas, sehingga kelihatan tidak menggunakan efek pencahayaan.
  • Dalam hal sound system, disini terjadi ketidakstabilan antara suara dalam gamelan tersebut. Suara yang terdengar hanyalah suara Kancil, Barangan, Suling, Kendang Bedug, dan Angklung Kocok. Sedangkan suara Jegog dan Undirnya kurang kedengaran. Yang mendominasi hanya instrumen-instrumen yang di depan saja. Ini terjadi karena kurangnya pengaturan sound system tersebut.

Untuk menyikapi hal seperti di atas, ada beberapa hal yang mestinya di perbaiki, yaitu:

  • Dalam hal lighting, seharusnya cahaya di pancarkan secara merata ke seluruh bagian panggung, dengan kualitas cahaya yang baik dan terang. Hal ini dilakukan agar pementasan bisa dinikmati dengan baik oleh penonton. Dan juga efek cahaya diperlihatkan dengan jelas, agar kelihatan ada efek cahayanya.
  • Untuk sound system, seharusnya bisa memperbanyak microphone pada instrumen Undir dan Jegog agar suaranya terdengar jelas dan juga tidak dikalahkan oleh instrumen lainya. Microphonenya kalau bisa, di gantungkan di atas agar memperoleh suara yang merata.

By Arsa Wijaya

Nama saya I Made Arsa Wijaya. Saya lahir di Tegalcangkring, 15 Juni 1992. Saya tinggal di Banjar Petapan Kelod, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Dari kecil saya sudah suka mendengarkan dan memainkan gamelan Bali, hingga sekarang pun masih sangat suka dengan hal tersebut. Bahkan saya ingin sekali menjadi seorang komposer musik yang terkenal dan ingin sekali memajukan kesenian Bali.
Okay.....
Thank's to visit my blog...................