Subscribe via RSS

KOMENTAR TABUH KREASI CITA WINANGUN

By komangsuryawan

TABUH KREASI CITA WINANGUN

Pesta Kesinian Bali 2008
Gong Kebyar Anak-Anak

YouTube Preview Image

Tabuh ini ialah menggambarkan sebuah cita-cita dari anak-anak yang akan dicita-citakan dari dari masa anak-anak sampai  masa dewasa. Di masa kanak-kanak mereka sangatlah berbahagia, demi meraih cita-cita mereka. Tabuh ini diciptakan oleh I Wayan Gede Arnawa.S,sn  pada Pesta Kesenian Bali  Tahun  2008, yang dibawakan oleh Sekaa Gong Dharma Satya Budaya dari Kecamatan Kuta Utara, Badung. Yang mewakili Duta Kabupaten Badung.

 

Komentar Video Tabuh Kreasi Cita Winangun

a. Dari Segi Penataan:

Dari segi penataan instrument  yaitu, Trompong berada di depan, sebelah kanannya Kendang, Cenceng ricik, kemudian diblakang trompong yaitu instrument Suling, di belakang Suling yaitu instrumen Ugal, sebelah kanan kiri Ugal ada Gangsa, dan di belakangnya ada instrumen Kantilan, kemudian di belakang Kantilan  yaitu instrument Reong, di kirinya ada Penyacah, di belakangnya Jublag, dan Jegog, kemudian di samping Jegog adalah instrument Gong. Kemudian penaruhan micropone berada di tengah-tengah penabuh, sehingga mengganggu penampilan penabuh, atau menutupi wajah penabuh.

b. Dari Segi Lighting:

Dari segi penataan cahaya  menurut saya kurang cerah, karena pemain gamelan tidak begitu jelas keliatan wajahnya.

 

c. Dari Segi Sound System:

Dari sound system, suara bende tidak kedengaran, instrument Ugal tidak kedengaran, suara cenceng ricik tidak kedengaran, dan instrument reong agak kecil suaranya. Yang lebih menonjol adalah suara gangsa dan suling.

 

Sekian dan terimakasih.

 

2 Responses to KOMENTAR TABUH KREASI CITA WINANGUN

  1. Ryan dharmana putra

    anda yang salah, yang benaqr itu seka gong dharma satya budaya dari kecamatan kuta utara badung, saya salah satu anggotanya padasaat itu ckckckc

  2. komangsuryawan

    hehe… mf ya, alx sya nanya m temen… dia dari badung juga, sya kira dia tau…
    ternyata slah..
    hehe mf ya….

Post a Comment