budipramana

Sekilas Tentang FL Studio

by on Apr.08, 2018, under Teknologi

Dewasa ini, keberadaan FL Studio dalam perkembangan musik saat ini menjadi hal yang penting dalam menciptakan musik-musik yang baru di kalangan masyarakat. Genre-genre seperti EDM merupakan genre yang berkembang dari penggunaan aplikasi FL Studio. Tapi apakah kalian mengetahui apa itu FL Studio? Bagi musisi EDM mungkin mengetahui dan mengenal baik apa itu FL Studio, namun bagi orang awam mungkin belum mengenal baik apa itu FL Studio. Berikut penjelasan sekilas tentang FL Studio :

APA ITU FL STUDIO?

FL Studio (Fruity Loops) merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk merekam, mengubah dan membuat audio (lagu) yang diterbitkan oleh Image-Line yang dimana aplikasi ini ditujukan untuk musisi-musisi yang umumnya berkecimpung di dunia musik EDM (Electronic Dance Music). Banyak musisi dunia yang menggunakan aplikasi ini dalam bermusik seperti Martin Garrix, Avichi, Alan Walker, David Guetta dan lainnya. Namun, bukan berarti aplikasi ini hanya untuk mereka yang merupakan musisi EDM. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat musik-musik pop, rock, dangdut bahkan musik bernuansa etnik / tradisional seperti karawitan sunda, karawitan jawa, karawitan bali dan musik etnik lainnya. Dengan aplikasi ini, kalian juga bisa mengkolaborasikan musik modern dengan musik tradisional menjadi satu bagian yang padu.

Awal ditemukan pada tanggal 18 Desember 1997 oleh Didier Dambrin untuk Image-Line. Peluncuran resminya terjadi di tahun 1998, ketika itu masih empat channel mesin drum MIDI. Dambrin menjadi Chief Software Architect untuk program ini, dan dengan cepat menjalani serangkaian upgrade besar yang berhasil masuk ke workstation audio digital yang popular dan kompleks. Aplikasi ini bisa digunakan dengan versi Microsoft Windows dan yang terbaru adanya aplikasi ini untuk pengguna IOS dan Android (FL Studio Mobile).

FITUR-FITUR UTAMA PADA FL STUDIO

Secara garis besar, fitur-fitur utama pada FL Studio meliputi :

1. Playlist track : tempat disatukannya berbagai pattern menjadi satu track.

2. Sequencer : tempat untuk menempatkan berbagai sample instrument

3. Pattern Selector : untuk menambahkan jumlah pattern

4. Browser View : tempat kumpulan data-data penunjang untuk FL Studio (salah satunya packs instrument)

5. Mixer : tempat untuk mengedit besar-kecilnya suara instrument (equalizer)

6. Tempo : mengubah tempo (dalam bentuk BPM / Beat per Minute

CONTOH HASIL PENGGUNAAN FL STUDIO DALAM BERMUSIK :

Disini, saya mengcover lagu Bengawan Solo sebagai contoh penggunaan FL Studio.

YouTube Preview Image

Selain cover lagu, kalian juga bisa menciptakan lagu baru dengan tema kolaborasi modern dan tradisional seperti contoh di bawah ini

YouTube Preview Image

SUMBER : https://en.wikipedia.org/wiki/FL_Studio

Comments are closed.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Archives

All entries, chronologically...