TARI TENUN

This post was written by agusardana on Mei 2, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

Tari tenun merupakan tarian yang menggambarkan perempuan Bali dalam membuat kain tenun (sejenisĀ  kain tradisional Bali Timur). Dan membuat kain tenun dari proses memintal benang sampai pada menenun dengan perasaan tenang dan gembira. Tarian ini pada umumnya dibawakan oleh tiga orang penari atau lebih. Tari tenun diciptakan oleh I Nyoman Ridet dan I Wayan Likes pada tahun 1962.

Tari ini menggambrkan bahwa bali memiliki kebudayaan dan kegiatan yang unik dalam bermasyarakat. Dalam tari ini disimbulkan betapa harmonisnya dan giatnya rakyat Bali dalam kehidupan. Dari sejarah ini terdorong inspirasi bagi pengarang Tari Tenun ini untuk menciptakan maha karya tari yang sampai sekarang ini masih di lestarikan oleh generasi muda Bali demi tetap eksisnya kebudayaan di Bali. Dengan ini, dapat mendatangkan ketertarikan para wisatawan dengan adanya kesenian yang unik contohnya Tari Tenun.

Fungsi Tari Tenun

Tari tenun berfungsi untuk melestarikan kebudayaan tenun-menenun yang ada di Bali dan juga melestarikan alat-alat tradisional yang di pergunakan dalam menenun.

Bentuk Penyajian

Pada umumnya, tari tenun di tarikan lebih dari 1 orang, umtuk itu bentuk penyajiannya akan menggunakan bentuk berkelompok. Didalam menyajikan rati apapun,diperlukan kekompakan yang sangat baik begitu juga dalam penyajian tari tenun, karena jika antara penari yang satu dengan penari yang lain tidak melakukan gerakan dengan serempak, maka penyajiannya akan terlihat kurang baik.

Comments are closed.

Previose Post: