ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3401), Laptop yang didesain untuk para Kreator Muda

ASUS memperkenalkan Vivobook Pro 14 OLED (M3401), laptop powerful dengan desain stylish dan dilengkapi layar berteknologi ASUS OLED khusus untuk kreator muda yang ingin mulai berkarya. Vivobook Pro 14 OLED (M3401) merupakan laptop paling ideal untuk para kreator muda yang ingin meningkatkan kualitas dan produktivitas saat berkarya khususnya bagi para kreator muda yang ingin memulai berkarya.

Kami mengerti bahwa setiap kreator, terutama kreator pemula, pasti ingin meningkatkan kualitas dan produktivitas mereka saat berkarya. Sehingga, para kreator pemula tidak bisa menggunakan laptop biasa. ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3401) telah dirancang khusus untuk memenuhi semua kebutuhan para kreator pemula.

Tidak hanya stylish dan powerful, Vivobook Pro 14 OLED (M3401) juga sangat ringkas. Didukung dengan spesifikasi yang mumpuni, dengan laptop ini para kreator pemula pun dapat lebih produktif dalam berkarya.

Lebih Produktif Berkat Windows 11

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3401) adalah laptop modern yang sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Windows 11. Sistem operasi tersebut tidak hanya hadir dengan antarmuka baru yang lebih intuitif, tetapi juga memiliki fitur mutakhir yang dapat membuat penggunanya lebih produktif.

Salah satu fitur andalan yang ada di Windows 11 adalah Widgets. Anda dapat menemukan foto favorit Anda, berita terbaru, daftar tugas hari ini dan cuaca esok dengan mudah dengan fitur ini. Widgets membantu menemukan konten yang penting bagi Anda. Demi hidup yang sedikit lebih teratur.  Widgets juga menunjukkan meeting Anda yang akan datang.  Dapatkan pengingat daftar tugas dan jadwal kalender Anda. Selain itu Widget memberikan pembaruan cuaca lokal secara langsung.

Temukan Widget pada Windows 11. Sesuaikan untuk mendapatkan pembaruan terkini seputar berita, kehidupan sosial, dan artikel penting bagi Anda, serta pengingat dari kalender dan daftar tugas Anda.

Gratis Berlangganan Adobe Creative Cloud

Vivobook Pro 14 OLED (M3401) merupakan laptop untuk para kreator muda yang ingin mulai berkarya. Untuk itulah ASUS memberikan dukungan tambahan berupa fasilitas berlangganan Adobe Creative Cloud selama tiga bulan secara Cuma-Cuma. Adobe Creative Cloud merupakan platform yang menopang berbagai aplikasi kreatif paling populer seperti Photoshop, Premiere Pro, Lightroom, dan After Effect. Selama masa langganan, pengguna Vivobook Pro 14 OLED (M3401) dapat menggunakan seluruh layanan dan aplikasi Adobe Creative Cloud.

Stylish dan Ringkas

Vivobook Pro 14 OLED (M3401) juga mengedepankan konsep mobilitas. Bobotnya hanya 1,45Kg dengan ketebalan 17,9mm, membuatnya tampil sebagai salah satu laptop kreator paling ringan dan ringkas saat ini. Vivobook Pro 14 OLED (M3401) juga tampil dengan kesan premium dengan pilihan warna Comet Grey dan Cool Silver. Seluruh aspek desainnya mengedepankan konsep minimalis serta fungsionalitas.

Untuk mendukung kegiatan para kreator sehari-hari, ASUS juga menyematkan beragam opsi konektivitas di Vivobook Pro 14 OLED (M3401). Konektivitas modern mulai dari port Thunderbolt 4 (USB Type-C) yang mendukung fitur USB Power Delivery hingga 100W serta DisplayPort merupakan bagian di laptop ini. Selain itu terdapat pula USB Type-A, HDMI, MicroSD card reader, dan 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal lainnya, mulai dari pen tablet, headphone, hingga monitor dan proyektor.

Untuk konektivitas nirkabel, Vivobook Pro 14 OLED (M3401) didukung oleh teknologi WiFi 6 (802.11ax) serta Bluetooth 5.0. Vivobook Pro 14 OLED (M3401) bahkan hadir dengan fitur ASUS WiFi Master yang memungkinkan laptop untuk terhubung dengan router dengan kualitas koneksi terbaik. Dengan demikian, pengguna Vivobook Pro 14 OLED (M3401) dapat beraktivitas tanpa gangguan.

Kualitas Visual Terbaik dengan ASUS OLED

Vivobook Pro 14 OLED (M3401) merupakan salah satu laptop yang mengusung layar berteknologi ASUS OLED dan hal tersebut bukan tanpa alasan. Pertama, layar ASUS OLED memiliki tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi, yaitu 100% pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% sRGB. Layarnya juga telah dikalibrasi secara presisi dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

ASUS OLED juga akan memanjakan para video editor dan animator. Berkat layar yang memiliki refresh rate 90Hz dan response time hanya 0,2ms, tampilan animasi dan video dapat dihadirkan secara detail pada tiap frame-nya sehingga membuat proses produksi lebih nyaman serta praktis tanpa perlu monitor eksternal yang biasa digunakan untuk proses grading.

Kedua adalah dukungan teknologi HDR. Layar ASUS OLED yang diusung di Vivobook Pro 14 OLED (M3401) telah mendukung teknologi HDR dan memiliki contrast ratio hingga 1.000.000:1. ASUS OLED bahkan mengantongi sertifikasi VESA HDR True Black, menandakan bahwa fitur HDR di Vivobook Pro 14 OLED (M3401) memiliki standar yang telah diakui secara global.

Alasan selanjutnya bukan soal kualitas visual tetapi bagaimana ASUS OLED juga dapat menjaga kesehatan mata penggunanya. Tidak seperti layar laptop pada umumnya, layar ASUS OLED di Vivobook Pro 14 OLED (M3401) memiliki paparan radiasi cahaya biru yang merusak mata hingga 70% lebih rendah. ASUS OLED bahkan mendapatkan sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland.

Dirancang khusus untuk para kreator, layar 14-inci Vivobook Pro 14 OLED (M3401) juga memiliki resolusi tinggi yaitu 2,8K (2880×1800 pixel) dan mengusung aspect ratio 16:10. Spesifikasi tersebut sangat cocok untuk para kreator karena menghadirkan ruang kerja ekstra ketimbang layar dengan aspect ratio 16:9. Resolusi layarnya juga memungkinkan alur kerja produksi konten beresolusi tinggi semakin nyaman.

Modern dan Powerful

Vivobook Pro 14 OLED (M3401) ditenagai oleh CPU AMD Ryzen 5000 Mobile Processor, tepatnya hingga AMD Ryzen 7 5800H. CPU yang biasanya disematkan di dalam laptop gaming tersebut, kini hadir untuk memastikan semua aplikasi kreatif dapat berjalan dengan sangat lancar di Vivobook Pro 14 OLED (M3401). CPU ini juga lebih hemat daya namun tetap memiliki performa kencang, membuat Vivobook Pro 14 OLED (M3401) mampu tampil dengan bodi yang tipis, ringkas, serta ringan.

Menemani CPU AMD Ryzen 5000 Mobile Processor adalah GPU NVIDIA GeForce RTX 3050. GPU yang biasanya juga hadir di laptop gaming tersebut kini menjadi mesin pengolah grafis utama di Vivobook Pro 14 OLED (M3401). Berkat GPU tersebut, kreator pemula sekalipun dapat bebas berkreasi tanpa perlu khawatir dengan kinerja pengolahan grafis yang lamban.

GeForce RTX 3050 juga telah mendukung berbagai teknologi grafis terkini dan di Vivobook Pro 14 OLED (M3401) GPU tersebut hadir dengan NVIDIA Studi Driver untuk kinerja terbaik saat menjalankan aplikasi kreatif.

Vivobook Pro 14 OLED (M3401) dibekali dengan sistem pendingin ASUS IceCool Plus terbaru yang memanfaatkan dua kipas untuk mendinginkan berbagai komponen penting yang ada di dalam laptop ini. Pengguna pun memiliki opsi untuk mengatur mode penggunan di laptop ini. Melalui aplikasi MyASUS, pengguna Vivobook Pro 14 OLED (M3401) dapat memilih tiga mode penggunaan yang telah disediakan, yaitu Silent, Standard, dan Performance untuk penggunaan yang lebih fleksibel.

Main Spec.Vivobook Pro 14 OLED (M3401)
CPUAMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory8GB DDR4 3200MHz
Storage512GB PCIe® Gen3 x4 SSD
Display14”, 2.8K (2880×1800) 16:10, OLED, 100% DCI-P3, 90Hz, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low-blue light, anti-flicker
GraphicsNVIDIA GeForce RTX 3050 with Studio Driver
Input/Output1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
CameraHD Web Camera with privacy shutter
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in array microphone qith AI noise-cancelling, harman/kardon certified audio
Battery63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension31.74 x 22.85 x 1.92 ~ 1.93 cm
Weight1.4 Kg
ColorsQuiet Blue, Cool Silver
PriceRp15.299.000 (Core i5 / RTX 3050 / 512GB SDD/ 8GB RAM)Rp16.799.000 (Core i7 / RTX 3050 / 512GB SDD/ 8GB RAM)
Warranty2 tahun garansi global

Informasi tentang laptop ASUS terbaru silakan ikuti di Zencreator.ID, wadah komunitas insan kreatif pengguna laptop ASUS.

Surat Setoran Elektronik (SSE Pajak): Pengertian, Manfaat dan Cara Mendaftarnya

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, pemerintah kini telah mengganti pengisian SPP secara manual dengan Surat Setoran Elektronik atau SSE pajak.

Menjadi seorang warga negara yang baik tentu harus memenuhi kewajiban perpajakannya setiap tahun. Anda juga tentu mengetahui bahwa sistem pemungutan pajak juga beragam diterapkan. Secara tidak langsung Anda sudah membantu negara untuk terus berkembang dengan membayar pajak.

Untuk itu dalam membantu masyarakat ketika membayar setiap kewajibannya, terbitlah inovasi tersebut. Pemerintah menetapkan surat setoran elektronik ini dengan tujuan utama yaitu membantu masyarakat untuk lebih mudah dalam melakukan pembayaran pajaknya.

Mungkin bagi Anda yang masih bingung mengenai apa itu surat setoran elektronik atau SSE pajak ini, maka artikel ini akan membantu Anda mengenal lebih dalam mengenai apa itu SSE pajak. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Surat Setoran Elektronik

Surat setoran elektronik atau yang disingkat dengan SSE pajak adalah salah satu sistem pembayaran pajak elektronik yang diadministrasikan oleh Biller Direktorat Jenderal Pajak dan menerapkan billing system.

Layanan DJP online atau Direktorat Jenderal Pajak menyediakan kanal yang dinamakan sse.pajak.go.id untuk menerbitkan ID Billing. Surat setoran elektronik atau SSE pajak ini juga merupakan saluran resmi untuk mendapatkan ID billing. Pemerintah juga sudah menetapkan pembayaran melalui SSE pajak sejak tanggal 1 Juli 2016.

Surat setoran elektronik akan menerbitkan kode billing untuk berbagai Kode Akun Pajak (KAP) dan juga Kode Jenis Setoran (KJS) yang digunakan untuk pembayaran pajak online.

Maka dari itu wajib pajak tidak perlu lagi datang ke bank untuk bayar pajak, melainkan dapat melakukan pembayaran pajak online melalui ATM atau internet banking atau sistem setor pajak 1 klik (1 Click Pay).

Apa Saja Manfaat Surat Setoran Elektronik?

Adapun beberapa manfaat yang dapat Anda ambil ketika melakukan pembayaran secara surat setoran elektronik yaitu:

  • Memudahkan dan Pembayaran Bisa Kapan Saja

Dengan adanya SSE pajak online ini tentu membuat kita tidak lagi kerepotan dan mencari waktu dalam melakukan pembayaran PPh 25 dan jenis PPh lainnya secara langsung.

Selain itu Anda sudah tidak perlu lagi datang untuk mendapatkan antrian terdepan, sebab kini Anda sudah dapat melakukan pembayaran pajak melalui ponsel dengan lebih mudah dan cepat.

Anda juga sudah tidak perlu repot membawa berkas ataupun dokumen, sebab yang diperlukan hanya ID Billing atau kode billing untuk melakukan transaksi tersebut.

  • Tidak Memakan Waktu yang Lama

Dengan adanya setor pajak online ini, maka transaksi pembayaran yang Anda lakukan tentu akan lebih cepat dan mudah.

Apabila Anda memilih teller bank atau kantor pajak sebagai sarana pembayaran pajak Anda, maka tidak perlu repot untuk memasukan data pembayaran.

Anda hanya perlu menunjukkan kode billing dan teller dengan mudah mendapatkan data pembayaran sesuai dengan data yang telah diberikan.

  • Meminimalisir Kesalahan dalam Pengisian

Setor pajak online juga dapat membantu Anda menghindari adanya kesalahan yang terjadi saat memasukkan kode akun pajak ataupun kode jenis setoran. Sebab sistem ini akan memudahkan Anda dalam pengisian surat setoran elektronik atau SSE pajak dengan tepat sesuai dengan transaksi perpajakan miliki Anda.

Bagaimana Cara Mendaftar SSE Pajak Online?

Adapun beberapa tahapan yang perlu untuk Anda lakukan dalam mendaftar SSE pajak online yaitu sebagai berikut.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs yang tersedia melalui https://djponline.pajak.go.id/
  • Selanjutnya isi dan lengkapi juga data Anda dengan benar mulai dari NPWP, alamat, nama, email, pin, dan juga captcha untuk melengkapinya.
  • Lalu aktivasi akun dengan mengklik email yang sudah dikirimkan.
  • Kemudian login dengan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Lalu isi dan sesuaikan dengan jumlah nominal yang akan disetorkan.

Itulah beberapa penjelasan dari surat setor elektronik yang perlu Anda ketahui. Dengan adanya sistem surat setoran ini tentu dapat memudahkan Anda baik masyarakat maupun pebisnis dalam melakukan segala hal terkait pembayaran pajak.

Tentu apabila Anda seorang pebisnis, membayar pajak setiap tahunnya merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan, agar semua kegiatan bisnis Anda juga lancar di masa datang.

Namun melakukan perhitungan pajak tersebut memang terbilang cukup rumit jika ditelaah dan dikerjakan secara serius, karena membutuhkan ketelitian yang ekstra untuk menggunakannya.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pajak sepert KlikPajak. Klikpajak by Mekari merupakan platform berbasis website untuk lapor, kelola, dan melakukan pembayaran pajak secara daring untuk wajib pajak badan maupun pribadi.

Sebagai salah satu PJAP mitra resmi dari DJP, Klikpajak by Mekari berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses bagi wajib pajak untuk melakukan pelaporan pajak dengan mudah, aman, dan terpercaya, apalagi di masa lapor SPT tahunan ini.

Simak Nih Alasan Pilih Sewa Motor Dari Pada Mobil

Sejumlah objek wisata mulai didatangi oleh para pengunjung. Termasuk Pulau Bali yang menjadi tujuan wisata populer bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Nah, apakah Anda ingin merencanakan liburan disana? Tentu, banyak keperluan yang harus Anda persiapkan. Agar liburan di Bali lebih menyenangkan. Salah satunya adalah alat transportasi untuk explore berbagai wisata menarik disana.   

Berkaitan dengan alat transportasi, Anda harus cermat memilih kendaraan yang pas untuk sarana explore wisata. Menggunakan kendaraan besar seperti mobil sering menimbulkan permasalahan. Misalnya, tidak dapat menjangkau medan jalan yang sempit dan rawan kemacetan. Nah, memilih kendaraan sepeda motor dapat membantu perjalanan wisata lebih menarik. Jika Anda ingin menggunakannya, cukup mengunjungi sewa motor di Bali yang terpercaya.

Simak Nih Alasan Pilih Sewa Motor Daripada Mobil

Jasa rental kendaraan telah menjamur di Bali. Pasalnya, kebutuhan alat transportasi pribadi semkin melonjak seiring banyaknya wisatawan yang berlibur di Bali. Jika Anda berniat liburan di Bali, tentu memilih jenis kendaraan pada agen rental harus dipertimbangkan dengan kondisi medan jalan disana. Nah, memilih sewa motor daripada mobil sangat pas agar Anda dapat explore berbagai wisata menarik disana. Berikut ini beberapa alasan sewa motor daripada mobil:  

1. Lebih Leluasa Menikmati Keindahan Alam

Saat perjalanan ke lokasi wisata Bali, Anda pun disajikan keindahan alam yang eksotis. Menggunakan kendaraan mobil, tentu Anda tidak dapat leluasa menikmati keindahan alam. Nah, aktivitas liburan menggunakan motor, mata Anda akan leluasa menikmati indahnya alam secara langsung.  Tak heran, jika banyak wisatawan yang memilih sewa motor daripada mobil saat liburan di Bali. Jika Anda tertarik, cukup menggunakan jasa sewa motor di Baliyang terpercaya.

2. Terhindar Dari Kemacetan

Kemacetan sering terjadi pada daerah wisata seperti Bali. Jika menggunakan mobil saat liburan di Bali, tentu perjalanan wisata Anda banyak dihabiskan di jalan. Pasalnya, mobil tidak dapat melewati jalan pintas yang dapat menghindari Anda dari kemacetan jalan. Nah, kendaraan kecil seperti motor akan leluasa melewati jalan pintas yang cenderung sempit. Sehingga, perjalanan wisata Anda lebih menarik dan terbebas dari kemacetan di jalan.

3. Lebih Mudah Eksplorasi Lokasi Wisata Yang Sulit Diakses

Ada beberapa lokasi wisata menarik yang sulit diakses oleh kendaraan besar seperti Pantai Nyang-Nyang, Bukit Campuhan, maupun Green Bowl. Saat menuju ke sana, Anda pun harus melewati jalan yang terjal dan berliku. Tentu, menggunakan mobil tidak efektif untuk perjalanan wisata Anda. Nah, memilih sewa motor daripada mobil akan membantu Anda melewati jalan yang sulit diakses tersebut. Jika tertarik, Anda cukup melakukan sewa motorpada agen yang terpercaya  

4. Lebih Fleksibel

Banyak alasan wisatawan memilih sewa motor di Balidaripada mobil. Salah satunya adalah menggunakan motor sebagai mobilitas liburan lebih fleksibel daripada mobil. Pasalnya, Anda bebas untuk beristirahat sewaktu-waktu di perjalanan wisata. Tentu, tidak semua tempat yang Anda singgahi muat untuk parkir mobil. Nah, menggunakan motor dapat memberikan pengalaman liburan yang lebih bermakna. Anda pun dapat singgah sewaktu-waktu ke suatu tempat untuk istirahat sejenak saat menuju ke lokasi wisata.

Beberapa keterangan di atas merupakan beberapa alasan sewa motor daripada mobil. Pastikan Anda menggunakan jasa sewa motor di Baliyang terpercaya dan berpengalaman. Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui informasi secara detail, Anda dapat mengunjungi alamat website disini https://www.cheapscooterbali.com. Di sana, Anda akan memperoleh informasi yang detail terkait sewa motor.

Cari CCTV Semarang? Simak Juga Tips Memilih CCTV Berkualitas!

CCTV merupakan kamera yang sangat penting dan punya banyak keuntungan terutama dari sisi keamanan suatu bangunan dan lokasi. Kamera CCTV banyak digunakan di setiap tempat mulai dari rumah, sekolah kampus, kantor, pusat perbelanjaan, tempat parkir dan masih banyak lagi. Dalam pemilihan kamera CCTV tentu anda harus mengetahui beberapa hal agar bisa menemukan yang berkualitas. Terutama bagi warga Semarang, ini tips memilih CCTV Semarang agar menemukan produk terpercaya dan aman.

Pahami Jenisnya

Setiap CCTV tentu punya jenisnya masing-masing. Yang pertama ada kamera CCTV analog. CCTV analog untuk jenis tertentu bisa dihubungkan dengan hardisk eksternal. Menariknya CCTV ini mampu merekam durasi video lebih panjang.

Jenis analog juga ada yang bisa dengan monitor lain. Jadi pengecekannya dilakukan dengan memeriksanya di monitor yang lebih besar. Di sisi lain untuk CCTV analog harganya cenderung lebih mahal.

Sementara ada juga kamera CCTV WiFi, ini merupakan jenis CCTV yang dipasang untuk rumah dan terhubung dengan internet sehingga pengecekannya lebih mudah bahkan bisa lewat aplikasi di smartphone. Untuk keuntungannya sendiri terlebih dari harganya yang lebih murah dibanding CCTV analog. CCTV WiFi punya ruang memori yang berbeda-beda dan untuk sudut pandangnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Untuk pemasangan CCTV WiFi sangat perlu diperhatikan jaringan internet.

Pilih Yang Jangkauannya Luas

Untuk CCTV Semarang ataupun daerah lainnya, anda perlu memilih berdasarkan jangkauannya. Pada beberapa jenis kamera CCTV ada yang bisa diatur sudut pandangnya, sehingga anda sebagai pemilik CCTV bisa melakukan pemantauan tidak hanya berdasarkan satu sudut saja.

Lalu untuk keuntungan lainnya yang didapat adalah Anda bisa melakukan pemantauan meski dari jarak pandang yang jauh. Biasanya untuk jangkauan CCTV di dalam rumah sekitar 20 meter saja sudah cukup. Namun untuk kamera CCTV di luar ruangan bisa menggunakan kamera yang jarak pandangnya hingga 30 meter.

Pilih Yang Punya Kualitas Full HD

Kualitas dari kamera CCTV sendiri perlu diperhatikan, terutama kamera yang berada di rumah. Kamera CCTV Semarang ataupun lainnya tentu digunakan salah satunya untuk merekam tindak kejahatan, jadi jika kualitas kamera bagus tentu perekaman akan lebih jelas. Disarankan untuk menggunakan kamera CCTV yang punya kualitas Full HD. Nah biasanya juga, kualitas gambar perekaman yang dihasilkan bisa berdasarkan jumlah piksel. Untuk kamera Full HD jumlah pikselnya yaitu 1920 x 1080 piksel.

Perhatikan Kelengkapan Alat

Yang perlu diperhatikan dalam membeli CCTV adalah bagaimana dengan kelengkapan alatnya. Ketika anda sudah tahu jenis kamera apa yang dibutuhkan selanjutnya adalah pahami pula berapa banyak kamera yang dibutuhkan, software pendukung dari kamera CCTV, DVR, berapa besar hardisk dan masih banyak lagi. Perhatikan pula bahwa kini penggunaan kamera CCTV lebih praktis karena sudah tersedia kamera tanpa kabel atau disebut juga kamera IP

Ingin Karyawan Lebih Produktif? Coba Optimalkan 3 Teknologi Ini

Dewasa ini, dunia bisa dikatakan tengah memasuki era teknologi dan digital secara kompleks, hal mana segala sesuatu bisa terkoneksi dengan teknologi terbaru. Berkembangnya teknologi digital turut mempengaruhi segala aspek kehidupan kita, pun dalam hal pekerjaan. Banyak sistem kuno yang sudah jauh ditinggalkan, berganti dengan inovasi digital yang semakin praktis.

Perihal pekerjaan, bisnis, dan perkantoran, setiap dari kita yang terlibat di dalam kegiatan itu pastinya menginginkan perkembangan yang efektif. Maka, teknologi digital selolah menjadi kebutuhan kita dalam rangka mewujudkan keinginan itu.

Karyawan yang membidangi HR misalnya, ia mestilah dituntut untuk senantiasa berinovasi tuk menciptakan sistem dan suana kerja yang baik. Maka di era digital, tuntutan itu bisa saja diarahkan kepada penguasaan dan inovasi teknologi digital di kantor. Misalnya dengan menginisiasi adanya aplikasi absensi online untuk sistem remote working di kantor, agar setiap aktivitas bisa terkontrol dengan baik.

Nah pada artikel kali ini, kami akan memaparkan uraian tentang bagaimana caranya penerapan teknologi di kantor bisa menambah efektivitas kerja karyawan. Berikut ini tiga teknologi yang bisa menunjang efektivitas kantor:

Teknologi Mobile

Banyak riset menyebut, salah satunya dari Intelligence Unit, menyebut bahwa efektivitas kantor kian tinggi tatkala teknologi mobile benar-benar dioptimalkan. Bahkan, selain produktivitas, turut hadir kreativitas, loyalitas, dan point positif lainnya sebagai efek dari penerapan teknologi mobile. Tatkala segala pekerjaan kantor bisa dikerjakan secara praktis, maka produktivitas kantor akan semakin meningkat.

Hal ini, tidak lain dipengaruhi karena pola komunikasi yang sangat lancar. Pertukaran informasi menjadi sangat cepat dan praktis, sehingga meminimalisir kendala-kendala yang justru membuat pekerjaan semakin lambat. Salah satu teknologi mobile yang turut menunjang produktivitas kantor ialah penggunaan aplikasi absensi karyawan untuk perusahaan.

Hal mana tatkala penggunaan aplikasi ini dimaksimalkan, pengawasan, laporan, dan lainnya bisa diatur dengan sangat baik. Dengan mekanisme ini, segala yang mancatut liku dan sistem kerja karyawan bisa dikontrol secara efektif dan efisien.

Media Sosial

Tahukah anda, bahwa sosial media membawa dampak yang sangat penting dalam kemajuan kantor, hubungan managerial, dan transparansi kerja. Faktanya, melalui sosial media, penyebaran informasi, pun pemasaran lebih mudah tuk dilakukan. Bahkan beberapa perusahaan memberikan kesempatan bagi karyawan tuk melakukan inovasi dan menuarakan gagasannya melalui media sosial.

Dalam hal ini, seorang HR yang profesional, bisa memanfaatkan sosial media sebagai kesempatan atau sarana yang strategis dalam mengembangkan perusahaan. Misalnya dengan memaksimalkan eksisten, membangun kemitraan, tempat mencari konsumen, dan lain sebagainya. Meski demikian, tetap penting diperhatikan bahwa beberapa hal di perusahaan kadang tak perlu diekspos berlebih agar tidak dicari kelemahannya oleh kompetitor.

Cloud Computing

Semakin ke sini, teknologi Cloud Computing semakin banyak diminati dan diterapkan di dunia perkantoran. Sebagai penunjang produktivitas, cloud computing memang menawarkan sebuah kemudahan dalam bekerja, misalnya dengan pola kerja virtual.

Dengan memanfaatkan layanan ini, HR di perusahaan pun semakin mudah dalam melakukan akses karyawan dengan tipe data yang tersentral. Selain itu, teknologi ini memungkinkan adanya relasi yang baik antar karyawan dalam hal loyalitas dan spirit kerja untuk perusahaan. Yang bikin tenang, teknologi ini bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagi anda yang ingin mengembangkan perusahaan, serta meningkatkan produktivitas karyawan, tiga pola dan teknologi di atas mungkin bisa menjadi referensi yang bisa anda terapkan. Dengan teknologi terbaru, apa sih yang tidak bisa diwujudkan oleh sebuah perusahaan. Pasti bisa!

←Older