Sejarah Musik Zaman Klasik

Sejarah music barat dibagi menjadi beberapa zaman, diantaranya adalah Zaman Pertengahan(476-1450), Zaman Renaisans(1450-1600), Zaman Barok(1600-1750), Zaman Klasik(1740-1830), Zaman Romantik(1815-1910), dan Zaman Modern(1900-sekarang). Namun pada artikel ini, saya akan memaparkan tentang perkembangan music pada zaman klasik karena pada zaman ini music barat mencapai puncak kejayaannya, dan sangat banyak composer terkenal dunia lahir pada zaman ini.

Istilah klasik/kasisisme sering dipakai untuk musik, namun artinnya tidak begitu jelas. semula tidak ada jaman. menurut ensiklopedi indonesia klasik adalah suatu karya (umumnya berupa karya cipta dari jaman lampau yang bernilai seni serta ilmiah tinggi, kadar keindahan, dan tidak akan luntur sepanjang masa). Menurut friedrich bluem musik klasik adalah karya seni musikyang sempat mengintikan daya ekspresi dan bentuk bersejarah sedemikian hingga terciptalah suatu ekspresi yang meyakinkan dan dapat bertahan terus.

Franz schubert sering disebut pencipta klasik dari jerman. meskipun ia sering digolongkan komponis jaman romantic, maksudnya adalah jerman mencapai puncak perkembangan dalam komposisi-komposisi franz,namun salah bila istilah klasik hanya diartikan sebagai puncak perkembangan dari suatu kesenian, musik sastra tari dan lain sebagainya, Janganlah hayden, mozart, dan beth dianggap sebagi tokoh yang lepas dari konteksnya karena merekapun hidup dari warisan jaman barok yang mereka olah secara baru dan musik mereka pun diolah terus dengan cara baru pada jaman romantik. memang tidak dapat disangkal bahwa hayden, mozart, dan beetoven merupakan pencipta klasik dari kuartet gesek, sonata piano, dan simponi. namun ini tidak berarti bahwa perkembangan sejarah musik eropa seakan akan berpuncak pada ketiga tokoh ini, maka dalam bagian ini klasik dilihat sebagai lanjutan dari zaman baroque maupun sebagi persiapan unttk klasisisme artinya klasik diartikan sejajar dengan jaman sebelum dan sesudahnya.

Selama abad 19 menjadi biasa bahwa tahun 1750( Bach wafat) dipandang sebagai awal era baru yng disebut klasik namun sejak tahun 1730 di prancis berkembang gaya galan yang bergabung dengan gaya musik italia (opera , sonata, dan simphony) dengan demikian terdapat satu jaman peralihan yg disebut rokoko atau pra-klasik 1730-1760 . Tidak semua mengatakn antara klasik awal dan puncak klasik apalagi mengenai batas akhir dari periode klasik terdapat macam macam pendapat. hal ini memang masuk akal karena klasik dan romantik di satu pihak merupakan pola yang bertentangan namun dilai pihak saling melengkapi maka karya beth pada akhir hidupnya dapat digolongkan sebagai karya musik romantik komposisi-komposisi pertama dari schubert masib dapat disebut klasik dengan kata lain jaman klasik masih berlangsung jaman romantik sudah mulai.

 

klasik

Gambar beberapa komposer-komposer zaman klasik yang paling dikenal diseluruh dunia hingga saat ini. Source : http://graphics8.nytimes.com

 

Klasik suatu reaksi terhadap barok

seperti halnya pada awal jaman barok yg merupakan suatu reaksi terhadap jaman. renaissance begitu pula dari barok ke klasik.hal ini nampak dalam timbulnya 2 gaya baru yaitu :

  • Gaya Galan yang mulai di prancis sejak 1730 merupakan suatu teknik komposisi yang sengaja ingin menjauhkan diri dari tehnik poliponi (bach, handle) dan bersifat lebih bebas lebih mudah untuk dimengerti , bentuk yang jelas, misalnya tari dengan melodi yang enak dengn ornamentik yang lebih halus, dengan iringan tanpa keterikatan akan jumlah suara dan lain sebagainya musik ini ditujukan terutama kepada pencinta musik ingin menghibur secara bermutu, buak. bertujuan untuk menciptakan komposisi berat dengan mengikuti dengan mengikuti aturan-aturan ilmu kontrapom ( polyphoni )

 

  • Gaya Sensitif yang berasal dari inggris young,night, thoughts 1742 pada dasaranya ingin menentang gaya barok yang terlalu patetis dan kaku terlalu emosional maka keinginan utk mengungkapkan perasaan pribadi aecara kongkrit diwujudkan dalam dinamikamn(cres-decres) yang dikembangkan dalam sekolah mannhein dengan stamits sebagai tokohnya. pula di paris dengan gossec, schubert, beck, serta c.ph.e. bach sedangkan sekolah wina dengan tokohnya monn, wehgenseil serta joseph hayden berhasil mengungkapkan rasa suka dan duka dalam sebuah karya musik yang sama.

 

Perubahan jaman

Mulai pertengahan abad 18 berkembangankah filsafat pencerahan dimana manusia lewat daya pikirnya mencapai suatu pengertian diri baru yang semakin dewasa, maka hancurlah keterikatan lama dan berkembanglah cita cita baru seperti martabat manusia dan kemerdekaan. hal ini nampakndalam deklarasi hak asasi manusia di AS dalam revolusi prancis 1789 dalam berakhirnya sistem budak. dalam keinginan untuk toleransi agama. Kebudayaan yg sedikit banyak dikembangkan sebagai senin untuk golongan elit terutama di istana, gedung opera, dan gereja kini makin didampingi dengan kebudayaan rakyat dengan musik rumah, salon, restoran, dsb. Karena hdup pada jaman barok sedikit banyak berupa fasade/tiruan. dengan pernyataan yg berlebihan. maka timbulah keinginan ke arah hidup sederhana dan alamiah, alam kini dalam arti seperti semula seperti pada jaman firdaus. seperti jean jaques rousseau 1712-1778 mengungkapkan kritiknya terhadap kebudayaan sejaman dalam tulisan “dischours surless sciences aet less arts” yang merupakan uraian ilmu dan kesenian, sebagai akibatnya maka pendidikan menjadi tema utama abad 18 termsuk juga pendidikan musik dilain pihak orag jenius sering menolak ilmu ilmu, sebagaian besar memilih sekolah, termasuk skolah musik. dilain pihak orang jenius menolak ilmu-lmu terapung dianggap sebagai penghambat pengembangan bakat,

Pada jaman barok emosi manusia memasuki musik, maka pada jaman klasik perasaan yang lebih diungkapkan namun selalu diangkat ke tingkat obyektif diimbangi dalam pandangan yang lebih menyeluruh misalnya dalam opera, cosi van tutte karangan mozart, aria dari viordi ligui, membuat lompatan jauh dalam tingkatan. lagunya dengan istirahat yang dramatis untuk mengungkapkan emosi namun diimbangi dengastruktur harmoni yang jelas. Musik yang baru bukan lagi patetis dan berat (banyak minor) tetaoi wajar dan enak (banyak mayor) , musik klasik berusaha untuk menciptakan suatu bahasa universal yang dapat dimengerti secara international (terdapat banyak musik instrumental) tema tema sonata dan simponi mirip dengan lagu rakyat yang seimbang dalam melodi ritmik dan harmonik kemudian yang baru dalam variasi dan development semuanya dikembangkan dan komponis memperlihatkan kekayaan musik tersembunyi dalam tema yang sederhana, dalam contoh tersebut sperti hayden mengenal ilmu kontrakum barok maupun tidak tertutup terhadap perkpembangan baru terhadap romantik banyak unsur hiburan. hayden selalu ingin menyajikan musik yang bagus ingin mengangkat manusia pada tingkat yang lebih tinggi, maka musik klasik tinggi dimengerti pada masyarakat umum, bukan hanya bagi sekelompok elit saja. pesan rasional dan perasaan seimbang begitu pula isi musiknya mendapat bentuk yang wajar. baru pada jaman romantik menjadi puncaknya, musikk lasik berusaha untuk membatasi diri dengan bentuk harmoni dsb, namun musik musik romantik tidak, maka teori estetika plato yang menyatakan irama adalah suatu ketertiban terhadap gerakan melodi dan harmoni atau suatu ketertiban terhadap tinggi rendahnya nada berlaku penuh sebagai dasar musik klasik terutama klasik menciptakan harmoni. Seniman klasik berusaha untuk mengungkapkan keindahan alam dalam karya seni dimana seorang komponis berusaha untuk menirukan bunyi alam secara langsung (rousseau) maupun secara langsung mencipta musik yang alamiah (wajar dan indah) degan demikian msik klasik dalam satu pihak melawan jaman barok dimana musiknya sering dibuat buat dan pengertiannya kurang jelas, maka para senimank lasik percaya bahwa alam dapat menambah keindahan pada kesenian, namun dilihat dilain pihak mereka sadar pula bahwa alam sendiri belum memiliki segala keindahan maka seorang seniman diharapkan dapat menambah kesenian alam menurut hukum estetika.setiap komposer mempunyai ciri khas masing masing, dan masing masing instrumen mempunya cri khas masing-masing.