Teknik Permainan Gender Rambat

Gender rambat
Kata ini dapat dibagi menjadi dua yaitu gender dan embat. Gender yang mempunyai pengertian jenis tungguhan berbilah sedangkan embat diartikan ngembat. Gender rambat adalah tabuhan gender yang memainkan dua buah nada yang sama berjarak atau berselisih satu gembyang (oktaf) dengan menggunakan tangan kanan dan tangan kiri secara bersama. Gender rambat adalah nama dari satu tungguhan yang berlaras pelog, digunakan dalam barungan gamelan semar pegulingan saih lima. Barungan ini menggunakan 4 tungguhan gender rambat yang terdiri dari 2 gender rambat pengede dan gender rambat barangan. Kedua gender rambat tersebut mempunyai ukuran, fungsi, dan pola tabuhan yang berbeda. Persamaannya hanyalah terletak pada bentuk tungguhan dan jumlah bilahnya. Pada pasangan gender rambat ini juga berlaku aturan ngumbang ngisep.
Dari segi tabuhan, kedua gender rambat pengede mempunyai tabuhan yang sama yaitu menggarap bantang gending dengan pola tabuhan ngembat. Selain itu gender rambat pengede bertugas untuk menyajikan satu bentuk gending yang khusus digarap oleh gender rambat yaitu bentuk gending pengrangrang. Dalam menyajikan pengrangrang, gender rambat pengede dibantu dengan tungguhan-tungguhan suling, rebab, dan jegogan.
Dilihat dari segi teknik, gender rambat pengede memiliki teknik-teknik pukulan yaitu teknik ngoret, teknik ngerot, teknik netdet, dan teknik neliti.