Tabuh Perong Condong

Semar Pegulingan Saih Pitu merupakan seperangkat gamelan Bali yang memiliki 7 nada yang berlaras pelog dalam satu oktaf. Sebagian besar tungguhan dari Semar Pegulingan Saih Pitu dibuat dari bahan perunggu kecuali pada tungguhan kendang, rebab dan suling. Bentuk bilah dari gamelan ini sebagian besar menggunakan bentuk bilah kalor atau usuk.Fungsi dari gamelan Semar Pegulingan Saih… Continue reading Tabuh Perong Condong

Pola Kendang Topeng Keras

Gilak merupakan nama dari salah satu bentuk gending yang dapat disajikan dibeberapa perangkat gamelan (berlaras pelog dan slendro) seperti pada perangkat-perangkat gamelan Gong Kebyar, Gong Gede, Semar Pegulingan, dan lain sebagainya. Gilak memiliki ukuran gending yaitu 8 ketukan dalam satu gong, yang terdapat 4 pukulan kempli, 1 pukulan gong lanang, 2 pukulan kempli, serta 1… Continue reading Pola Kendang Topeng Keras

Tabuh Genggong

Gending Genggong ini merupakan sebuah karya tabuh petegak yang dibuat oleh alm. I Wayan Lotring dengan konsep Palegongan. Palegongan yang berasal dari kata Legong yang memiliki arti “… sebuah tarian klasik Bali yang memiliki pembendaharaan gerak yang sangat kompleks yang diikat oleh struktur tabuh pengiring yang konon merupakan pengaruh dari Gambuh (Dibia, 1999: 36)” dengan… Continue reading Tabuh Genggong

Teknik Permainan Gender Rambat

Gender rambatKata ini dapat dibagi menjadi dua yaitu gender dan embat. Gender yang mempunyai pengertian jenis tungguhan berbilah sedangkan embat diartikan ngembat. Gender rambat adalah tabuhan gender yang memainkan dua buah nada yang sama berjarak atau berselisih satu gembyang (oktaf) dengan menggunakan tangan kanan dan tangan kiri secara bersama. Gender rambat adalah nama dari satu… Continue reading Teknik Permainan Gender Rambat

Pola kendang dan reyongpenggalan gending pengecet kebyar duduk

Dalam video kali ini, menampilkan sebuah penggalan karya dari I Maryo dari Tabanan pada tahun 1925 dengan judul Tari Kebyar Duduk. Karya ini sangatlah dikenal pada kalangan seniman khusunya seni karawitan dan tari. Selain menampilkan karya yang utuh (tari dan karawitan) disisi lain juga karya musikal ini digunakan untuk ajang kreatifitas untuk menampilkan skil dalam… Continue reading Pola kendang dan reyongpenggalan gending pengecet kebyar duduk

Teknik dan pola permainan rindik

Rindik merupakan alat musik yang berlaras slendro 5 nada dan dimainkan dengan cara dipukul. Rindik terbuat dari bahan bambu dengan jumlah 11 bilah dalam satu tungguhan. Rindik memiliki alat pemukul khusus yang batang panggulnya terbuat dari fiber ataupun dari bambu. Rindik biasa dimainkan oleh 2-4 orang pemain yang terdiri dari 2 orang untuk menabuh rindik… Continue reading Teknik dan pola permainan rindik

Tabuh Sekar Sungsang

Gender wayang merupakan sebuah gamelan yang masuk pada klasifikasi golongan gamelan tua, di Bali gambelan Gender Wayang diduga telah ada pada abad ke 14 . Tunggguhan gender atau yang lebih dikenal dengan gamelan Gender Wayang keberadaannya menyebar hampir diseluruh penjuru pulau Bali. Gender Wayang adalah sebuah instrument yang digunakan untuk mengiringi upacara keagamaan di Bali seperti pada upacara Dewa Yadnya untuk mengiringi pertunjukan Wayang Gedog(wayang lemah) dan pada upacara Manusa Yadnya mengiringi prosesi… Continue reading Tabuh Sekar Sungsang

Halo dunia!

Selamat datang di Blog.isi-dps.ac.id. Ini adalah artikel pertama Anda. Edit atau hapus artikel ini, dan mulailah menulis!