Gamelan semar pegulingan saih pitu

Semar Pagulingan Saih Pitu [semar]

Semar Pagulingan Saih Pitu adalah salah satu bentuk barungan gamelan Semar Pagulingan yang menggunakan laras pelog tujuh nada yang sebagian besar tungguhan-nya dibuat dari perunggu, kecuali tungguhan kendang, suling, dan rebab. Bentuk bilah yang digunakan pada barungan gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu adalah bentuk bilah kalor atau usuk. Ciri-ciri umum yang membedakan barungan gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu adalah larasanya yang lebih tinggi dibandingkan dengan barungan gamelan yang berlaras pelog tujuh nada lainnya, seperti Pegambuhan, Gong Luang, Selonding.

Tungguhan. 

Tungguhan yang digunakan pada barungan gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu relatif berbeda,baik jumlah maupun jenisnya, dari satu sekeha dengan sekeha yang lain. Misalnya barungan gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu yang ada di Banjar Pagan, Denpasar, akan berbeda jumlah maupun jenisnya dengan tungguhan yang digunakan pada barungan gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu yang ada di Desa Kamasan, Klungkung. Salab satu alternatif tungguhan yang digunakan pada barungan gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu Banjar Pagan, Denpasar adalah sebagai berikut.

a. setungguh trompong (13 pencon)

b. sepasang kendang (lanang dan wadon)

c. empat tungguh jublag

d. dua tungguh jegogane.

e. setungguh kajar

f. setungguh kenong

h. setungguh kempul

g. sepangkon ceng-ceng

i. Beberapa suling

j. Empat tungguh penyacah (sejenis pemade)

k. Setungguh kempyung

Repertoar

Repertoar dari gending-gending Semar Pagulingan Saih Pitu bersumber dari gending-gending Pegambuhan artinya gending-gending Pegambuhan disajikan dalam barungan gamelan Pagulingan Saih Pitu, dengan sedikit terdapat perubahan tabuhan, karena menggunakan jenis tungguhan yang berbeda. Nama-nama repertoar gendingnya adalah gending Sumambang, Perong atau Terong, dan Lengker. Ada juga repertoar yang bersifat lokal antara lain gending Blandongan dan Jirbon yang hanya dimiliki oleh sekeha Semar Pagulingan Saih Pitu Banjar Pagan Kelod, Denpasar.

Fungsi

Pada umumnya fungsi barungan gamelan Semar Pagulingan saih Pitu untuk keperluan upacara sekaligus hiburan. Dalam upacara barungan gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu menyajikan gending-gending pategak dan gending tari. Perkembangannya sekarang barungan gamelan ini digunakan untuk mengiringi tari yang sifatnya hiburan.

Tata Letak Tungguhan

Tiap-tiap sekeha Semar Pagulingan mempunyai penataantungguhan yang berbeda-beda, yang banyak juga didasarkan pada keperluan maupun situasi tempat yang ada. Penataan untuk keperluan konser akan berbeda dengan penataan untuk keperluan iringan tari. 

Gamelan Semar Pagulingan Saih pitu merupakan sebuah ansambel yang sesungguhnya salinan dari gamelan Gambuh yang dibuat dengan instrumentasi barungan perunggu. Peranan suling dan rebab yang memainkan melodi pada gamelan Gambuh diganti oleh trompong. Suling dan rebab masih digunakan tetapi fungsinya sebagai pemegang melodi sudah diambil alih lebih banyak oleh instrumen trompong. Gending- gending yang dimainkan oleh Semar Pagulingan Saih Pitu hampir sama dengan lagu-lagu gamelan Gambuh. Bahkan pada saat ini Gambuh juga sudah diiringi lagi oleh gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu. Di samping mengiringi dramatari Gambuh atau tarian lainnya Semar Pagulingan Saih Pitu juga memainkan lagu-lagu pategak (instrumentalia) untuk mengiringi berbagai upacara keagamaan atau pementasan sekuler lainnya. Identik dengan gamelan Gong Gede, dari Semar Pagulingan Saih Pitu dibuat pula ansambel Semar Pagulingan Saih Lima dan gamelan ini digunakan untuk mengiringi tarian Legong Keraton. Pada beberapa daerah di Bali trompong masih dipertahankan pada Gamelan Saih Lima ini untuk memainkan lagu-lagu pembukaan atau lagu instrumental. Gangsa jongkok pada Semar Pagulingan Saih Pitu masih juga dipertahankan dan gangsa-gangsa ini merupakan salinan dari Gong Gede. Semar Pagulingan Saih Lima masih populer di Bali dan beberapa desa masih memilikinya. Desa Binoh di Kota Denpasar, dan Desa Teges Kanginan di Kabupaten Gianyar masih memiliki ansambel Semar Pagulingan Saih Lima yang lengkap.