Baleganjur Surya Candra

Sinopsis :
Terang benderangnya semesta terakar pada Sang Hyang Surya Candra. Memberikan petikan ilmu perputaran waktu pada dunia sehingga terjadilah pagi siang sore dan malam.
Selain sebagai sumber cahaya. Sang Hyang Surya Candra juga merupakan energi cahaya yang di kluarkan melalui media api yang merupakan simbolik dari Semangat, Kegigihan, dan pantang menyerah untuk melaksanakan Tugas dari Tujuan kehidupan.

Ini dapat terealisai dalam bentuk garapan seni Balaganjur yang berjudul Surya Candra, dimana garapan ini menggambarkan betapa semangatnya para pemuda sebagai sumber kehidupan atau ujung tombak penerus bangsa dalam melestarikan kususnya budaya Bali dan bercermin pada sifat Sang Hyang Surya Candra. Ini juga merupakan buah inspirasi dari penggarap bagaimana kita bisa memuliakan Sang Hyang Surya Candra melalui irama atau ritme dengan penuh kreatif dalam seni balaganjur.

Karya baleganjur ini dibawakn oleh Duta Kabupaten Buleleng pada ajang Pesta Kesenian Bali yang ke-XL pada tahun 2018. Ajang Pesta Kesenian Bali tersebut tidak hanya menampilkan kesenian baleganjur saja, namun masih banyak kesenian Bali yang ikut meramaikan acara tersebut. Bahkan dari luar Bali pun ikut serta dalam acara tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published.