6 Panduan Aman yang Perlu Kamu Lihat Bila Ingin Gadai BPKB Kendaraan

Salah satunya langkah yang dapat dipakai agar bisa mendapat dana utang dengan cepat salah satunya dengan mengagunkan bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Akhir-akhir ini, mengagunkan BKPB kendaraan jadi kerap dilaksanakan, ingat jumlah kendaraan yang makin bertambah, yang dituruti oleh keperluan dana kejutan yang bertambah.

Tetapi, saat lakukan gadai BPKB mobil ini jangan dilakukan asal-asalan. Karena bukanlah hal yang tanpa resiko saat kita lakukan gadai BPKB, seperti BPKB lenyap atau hancur sampai ada faksi yang memaksakan menarik kendaraan saat terjadi ketertinggalan pembayaran angsuran. Supaya kamu terbebas dari resiko yang bikin rugi saat ingin gadai BPKB kendaraan di pegadaian, yok baca panduan aman gadai BPKB kendaraan berikut ini.

1. Tetapkan arah khusus gadai BPKB kendaraan

Tidak bisa disangkal saat ini lebih banyak orang yang mengagunkan BPKB kendaraan cuma untuk penuhi keperluan pola hidup atau sekadar gengsi semata-mata. Ini terang benar-benar tidak berguna, karena bila didiamkan, kita sebagai nasabah dana utang langsung akan terlilit hutang yang kemungkinan akan susah untuk dibayar. Oleh karena itu, hal pertama kali yang harus dilaksanakan saat sebelum gadai BPKB kendaraan dengan mengingat lagi apa arah kita lakukan gadai BPKB kendaraan. Janganlah sampai dana utang yang kita bisa hasil dari gadai BPKB kendaraan justru kepakai untuk aktivitas yang konsumtif hingga kita akan susah untuk lakukan angsuran pembayarannya.

2. Tentukan instansi gadai yang legal

Saat sebelum lakukan gadai BPKB kendaraan, sebaiknya kamu cari tahu lebih dulu instansi gadai yang legal dan telah berijin tercatat di OJK. Tidak boleh sesekali mengagunkan BPKB kendaraan pada instansi gadai atau pendanaan ilegal. Sebab bisa jadi instansi gadai ilegal itu justru jadi fasilitas pencucian uang (money laundering) atau sebagai tempat pengadahan barang hasil kejahatan.

3. Penuhi syarat administrasi

Apabila sudah memperoleh tempat gadai yang pas dan telah berijin di OJK, sekarang waktunya kamu penuhi syarat administrasi supaya bisa mengagunkan BPKB kendaraan yang kamu punyai. Persyaratan itu diantaranya tentu saja surat BPKB kendaraan tersebut dan beberapa data pendamping lain sebagai tambahan seperti, photo diri, KTP, Kartu Keluarga, Surat Info Tempat Tinggal dan lain-lain. Data itu benar-benar diperlukan, ingat data itu dipakai sebagai bukti syah mengenai pemilikan BPKB kendaraan. Jauhilah memanipulasi identitas atau memberi info palsu yang tidak sesuai dengan, karena ini bukan hanya bisa bikin rugi faksi instansi pendanaan, tetapi dapat bikin rugi diri sendiri.

4. Kenali dan ketahui produk utang

Ketahui berapakah uang banyak yang dapat dipinjamkan dan kenali berapakah besar cicilan yang perlu kita bayarkan tiap bulannya. Langkah ini perlu dilaksanakan karena pada intinya, besar cicilan dan jumlahnya uang yang kita pinjam akan punya pengaruh di proses pembayaran pelunasan pembayaran angsuran nanti. Upayakan mencari instansi gadai yang tawarkan tingkat bunga di bawah 30%, karena bila bunga terlampau besar sudah tentu kita akan alami kesusahan saat ingin membayar angsurannya.

5. Dalami peraturan yang berjalan

Kita perlu ketahui peraturan yang berjalan di instansi gadai yang ingin kita datangi. Peraturan di sini dapat mencakup denda atau ancaman yang diberi bila kita terlambat untuk membayar cicilan. Hal ini penting diingat karena secara umum peraturan yang berjalan setiap instansi gadai berbeda.

6. Yakinkan untuk bayar angsuran on time

Panduan paling akhir dan yang tidak kalah penting ialah bayar angsuran on time. Yakinkan untuk bayar angsuran dana yang kita pinjam on time tiap bulannya. Jauhi finalti, ancaman atau denda sedapat mungkin, pokoknya janganlah sampai terlambat bayar angsuran saat jatuh termin apa lagi sampai tidak dapat kembalikan dana utang yang menyebabkan BPKB kendaraan yang kita gadai mau tak mau diambil alih ataupun lebih parahnya kembali kita sampai terlilit kasus hukum dan berbuntut di pengadilan.

Tersebut beberapa panduan aman gadai BPKB kendaraan yang dapat kamu kerjakan supaya terbebas dari ketertinggalan pembayaran angsuran. Agunkanlah BPKB kendaraan ke instansi pendanaan yang paling dipercaya dan berijin dan tercatat di OJK.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *