TIPS MEMBUAT KOMPOSISI MUSIK SENDIRI

komposisiUntuk menjadi pengarang lagu yang baik, diperlukan beberapa kemampuan dasar yang mendasari keberhasilan dalam berkarya serta langkah-langkah dalam berkarya. Mengarang lagu harus memiliki trik-trik yang harus di kuasai. Dengan memiliki trik-trik mengarang lagu maka bisa siap untuk mengarang lagu dengan baik.
Berikut ini adalah trik-trik yang harus diketahui sebelum mengarang lagu dengan baik.
Unsur-Unsur Dasar dalam Berkarya Musik. Persyaratan dasar dalam mengarang lagu, antara lain
Bakat. Bakat adalah kompetensi dasar yang di miliki manusia sejak lahir. Bakat seni seseorang kadang menurun kepada anak cucu. Bakat seni seseorang akan berkembang dengan baik apabila didukung oleh pendidikan dan lingkungan yang baik pula. Begitu juga sebaliknya, lingkungan dan prasarana yang kurang memadai tidak mendukung seseorang untuk berkembang.
Pengetahuan Musik. Lagu adalah hasil karya musik berupa rangkaian nada-nada dan syair yang sengaja disusun untuk mengungkapkan pkiran dan perasaan. Untuk membuat lagu, seseorang komponis harus memiliki beberapa pengetahuan dasar music antara lain yaitu yang pertama adalah pengetahuan dasar teori music. Pengetahuan dasar teori musik meliputi bentuk dan nilai nada, bentuk dan nilai tanda diam, birama dan tanda birama, anda tempo, dinamik, dan ekspresi, susunan dan watak tangga nada, dan interval dan sifat-sifat interval. Kedua adalah pengetahuan dasar melodi. Melodi adalah rangkaian nada berdasarkan tinggi rendah atau naik turunnya. Ketiga yaitu pengetahian dasar ritme. Ritme adalah gerak yang teratur mengalir karena turunnya aksen secara tetap. Keindahan ritme akan lebih terasa apabila adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan bunyi. Keempat yaitu pengetahuan dasar ilmu harmoni. Harmoni adalah keselarasan paduan bunyi. Secara teknis, harmoni meliputi susunan dan hubungan paduan bunyi dengan sesamanya, atau dengan bentuk keseluruhannya. Kelima yaitu pengetahuan dasar pola dan bentuk komposisi. Komposisi adalah rangkaian nada untuk membuat suatu simphoni atau rangkaian unsur pokok dalam membuat sebuah karya. Dan yang terakhir adalah pengetahuan dasar ilmu vokal.
Pengetahuan Bahasa Yang Baik. Pengetahuan bahasa yang harus dimiliki seorang pengarang lagu, antara lain memiliki kemampuan menentukan tema lagu dan kalimat dalam mengembangkan berbagai judul lagu, memiliki kemampuan membuat kalimat yang baik, memiliki kemampuan memilih dan mengatur kata sehingga menimbulkan bunyi bahasa yang baik, dan memiliki pengetahuan tentang ungkapan dan gaya bahasa yang baik. Pada hakikatnya lagu merupakan gabungan dari nada dan untaian kata yang indah.
Langkah-Langkah Mengarang Lagu. Didalam berkarya musik, khususnya pengarang lagu, tidak hanya sekedar menyusun nada menjadi melodi dan memberinya syair, tetepi membutuhkan pengetahuan yang luas serta bakat. Adapun langkah-langkah mengarang lagu sebagai berikut.
Memilih Tema Lagu. Tema adalah pokok pikiran, gagasan, atau ide dasar. Dalam musik tema dapat di ambil dari kejadian sehari-hari, pengalaman hidup, cerita rakyat, kepahlawanan, cinta, dan puji-pujian. Dari tema lagu, kita dapat menyusun kalimat musik yang beraneka ragam sehingga menimbualkan melodi yang bermacam-macam sifat, bentuk, dan jenisnya.
Memilih Bentuk Komposisi. Dalam membuat komposisi musik diperlukan beberapa proses, diantaranya yaitu menyusun nada menjadi melodi, menyusun nada menjadi harmoni, menggabuangkan melodi dan harmoni menjadi suatu komposisi musik, menyusun frase untuk menyusun kalimat lagu, dan menyusun gerakan musik yang sesuai sengan bentuk komposisi musik.
Menentukan Tangga Nada. Memilih tangga nada berhubungan erat dengan karakter lagu yang akan dibuat. Tangga nada mayor melukiskan karakter dan sifat lagu penuh keyakinan, optimis, mantap,riang, gembira, ceria, bangga dan manyenangkan. Sementara itu, tangga nada minor melukiskan karakter pesimis, penuh, keraguan, sedih, sendu, mudah terharu, kecewa, kegagalan, dan melankolis. Dalam satu lagu juga dapat juga menggunakan dua tangga nada.
Menentukan Ambitus Suara. Ambitus adalah jangkauan wilayah nada. Mengetahui pangsa pasar lagu yang akan dibuat merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan pencipta lagu. Misalnya, untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, dan umum karena setiap kelompok masyarakat memiliki kemampuan ambitus yang berbeda. Kemampuan ambitus anak-anak lebih terbatas apabila dibandingkan dengan orang dewasa.
Menentukan Metrum/Ukuran Irama. Menentukan metrum atau ukuran birama sangat mempengaruhi irama lagu yang akan diciptakan karena irama merupakan denyut nadi dan unsur pokok sebuah lagu
Menyusun Melodi atau Membuat Syair Lagu. Setiap pengarang lagu dalam menyusun melodi atau membuat syair lagu memiliki cara yang berbeda, namun tidak boleh berdiri sendiri, apa lagi bertentangan. Kedua faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah melodi adalah yang pertama yaitu Struktur Melodi. Sebelum menyusun melodi, sebaiknya menentukan bentuk komposisi lagu erlebih dahulu. Struktur melodi terdiri atas suatu rangkaian periode yang disusun dari beberapa frase. Satu frase melodi terbentuk dari dua moif yang melukis watak atau jiwa lagu yang akan tercipta. Kadua adalah Gerakan Melodi. Gerak melodi ditentukan oleh irama, sedangkan cara bergerak atau jalan melodi dipengaruhi oleh inverval. Dalam pengetahuan musik, terdapat empat macam gerak melodi, yaitu gerak melodi rata atau mendatar melukiskan suasana tenang, gerak melodi naik melukiskan suasana penuh dinamis, gerak melodi turun melukiskan suasana damai dan keragu-raguan, gerak melodi turun dan naik melikiskan suasana yang berubah-ubah, kadang senang, sedih, atau sebaliknya.

Daftar Pustaka
Soeharto, M. 1986. “Belajar Membuat Lagu”. Jakarta : Gramedia
Prier, Karl-Edmund. 1996. “Ilmu Bentuk Musik”. Yogyakarta.

Comments are closed.