tentang sang made

This post was written by sangmade on April 22, 2014
Posted Under: Tak Berkategori

BIODATA DIRI

IMG00110-20121106-1732Perkenalkan nama saya Sang Made Adi Antara. Saya lahir di Tabunan, Bangli. Tanggal lahir  3 Maret 1996. Saya berzodiak Pisces .Umur saya 18 tahun. Alamat banjar Tabunan. Saya anak dari pasangan Sang Kompyang Muspa dan Sang Ayu Nyoman Manis. Saya anak ke 2 dari 2 bersaudara. Kakak saya yang bernama Sang Putu Wira Astana. Saya mempunyai hobby yaitu megambel, menari, bermain sepak bola dan saya senang membaca buku. Saya mulai menyukai seni tabuh sejak kecil.  Berawal dari kakek saya yang suka megambel dan akhirnya turun-temurun ke saya . Bagi saya seni tabuh itu sangat unik karena di setiap nadanya berbeda – beda dan memiliki ciri khas masing – masing . Maka dari itu saya tertarik di seni tabuh.

Selain saya menyukai tabuh saya juga ingin mengembangkan bakat saya di bidang seni tari . Saya menyukai tari karena ibu saya seorang penari. Saya memiliki cita – cita untuk menjadi seniman yang profesional di bidang seni Karawitan. Makanan favorit saya lalapan ayam, nasi goreng, kentang goreng , kfc , rujak. Minuman favorit saya jus avocado, es buah dan teh   poci. Warna favorit saya putih, hitam , biru, dan merah. karakter dari saya , saya orangnya senang bergaul , suka bercanda , baik hati , ramah , kadang judes , tidak sombong dan rajin menabung. Tinggi badan saya 173 cm , berat badan 50 kg. Motto hidup saya adalah BERDIKARI (berdiri diatas kaki sendiri ) dan menjadikan pengalaman sebagai motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya .

Selain saya senang di bidang seni saya juga senang membaca buku. Seperti yang kita ketahui minat membaca di indonesia masih sangat rendah . Perkembangan teknologi terjadi lebih cepat dari budaya membaca sehingga siswa cenderung menikmati tontonan televisi. Padahal banyak manfaat yang kita dapat dari membaca . Dengan membaca, seseorang bisa memperkaya kosa-katanya ,meningkatkan pengetahuan kita. Dimana membaca dapat meningkatkan pemahaman yang semula tidak dimengerti menjadi mengerti setelah kita membacanya. Selain mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa, membaca buku juga dapat meningkatkan pola pikir dan kreativitas kita.

Bagi saya kesuksesan itu merupakan hasil dari perjuangan kita yang didorong tekad yang besar serta sikap disiplin yang tinggi dan tidak lupa berdoa. Kegagalan bukanlah akhir dari perjuangan kita untuk mencapai kesuksesan . Bagi saya kegagalan merupakan kunci keberhasilan

Pendidikan :

            Saya tamatan dari SDN 3 Undisan . pengalaman saya sewaktu SD yaitu ketika pertama kali saya mengikuti ngayah megambel di banjar . Saat itu saya merasa senang karena bapak dan kakek saya ikut ngayah megambel bersama di banjar . ketika saya SD Kelas 5 saya diajari mekendang kendang gegilakan oleh kakek saya . Pada tahun 2006 saya pernah mengikuti pembukaan PORDA (Pekan olahraga daerah) di Klungkung disana saya megambel tari Nusantara dengan 300 orang penari bersama Br Tabunan.

 Setelah saya tamat SD saya melanjutkan ke SMP. Saya bersekolah di SMPN 2 Tembuku . Sejak kelas 1 SMP saya mulai mengikuti sanggar tabuh yang bernama sanggar Pongah Nutur yang tempatnya di Desa Peninjoan . Disana saya mulai mengenali gambelan Semara Pagulingan , tabuh – tabuh Calonarang, dan beberapa tabuh tari lepas .pengalaman saya ketika SMP Saya pernah mengikuti lomba tari baris antar kelas. Sewaktu kelas 3 saya mengikuti Parade Calonarang yang bertepatan pada ulang tahun Kabupaten Bangli . Pengalaman saat itu tidak akan bisa saya lupakan. Selain itu saya juga pernah mengikuti turnamen sepak bola antar kecamatan Tembuku . tapi grup saya kalah pada saat turnamen. Bagi saya kekalahan bukanlah akhir dari segalanya . kekalahan merupakan keberhasilan yang tertunda untuk mencapai kesuksesan.

Setelah saya tamat SMP saya melanjutkan pendidikan ke SMK . Saya tamatan SMKN 3 Sukawati. Karena dorongan dari orang tua dan tekad yang besar akhirnya saya bisa bersekolah di SMKN 3 Sukawati ( kokar ). Disana saya banyak mendapatkan pengetahuan – pengetahuan khusunya dibidang seni Karawitan . Pengalaman saya sewaktu SMK adalah pada saat saya di kirim untuk mengikuti megambel ke ISI YOGYAKARTA .Selain itu saja juga pernah mengikuti lomba angklung kebyar antar Kecamatan Kabupaten Badung yang bertempat di Puspem Badung . Pada PKB 2013 saya mengikuti Festival Barong (ngelawang) mewakili kabupaten Bangli bersama sanggar Pongah Nutur . Pada tanggal 14 Februari 2013 saya mengikuti ujian UKK yang bertempat di aula utama SMK N 3 Sukawati. Judul garapan saya sewaktu ujian UKK adalah Pada Rasa. Saat itu merupakan pengalaman yang paling berkesan Karena adanya rasa kebersamaan untuk menampilkan yang terbaik. Saya dan teman – teman saya berlatih dengan giat dan disiplin dalam latihan agar mencapai nilai yang terbaik dalam ujian UKK . Karena Tekad saya yang ingin mendalami tentang karawitan saya melanjutkan ke ISI Denpasar. Paman saya sempat menyarankan saya untuk mencari kepolisian . Tapi karena tekad saya yang ingin menjadi seniman dan berkat motivasi dari orang tua saya, akhirnya saya bisa melanjutkan pendidikan saya ke ISI Denpasar .

Kegiatan Ospek di ISI Denpasar sangat menyenangkan . karena disana saya banyak mempunyai teman – teman khususnya di seni karawitan. Selain itu saya juga banyak mendapatkan pengalaman – pengalaman sewaktu Ospek. sewaktu saya Ospek saya dan kelompok saya ditugaskan membuat nyanyian bebas ,setiap kelompok berbeda-beda ada yang membuat drama dan ada yang membuat musik. Selain itu mahasiswa ospek disuruh membawa hadiah yang diberikan kepada kakak senat. Detik – detik penutupan ospek Kakak-kakak senat membuat kejutan dengan berpura – pura bertengkar di depan mahasiswa ospek.  akhirnya kejutan yang dibuat oleh kakak senat itu ternyata , mahasiswa ospek lulus 100%. Perasaan bahagia , terharu bercampur pada suasana pada saat itu. Itu merupakan pengalaman yang tidak saya lupakan sampai sekarang .

Hari pertama mulai kuliah saya merasa sangat senang karena bisa bertemu dengan kakak kls yang sudah tamat sewaktu di SMKI dan mempunyai banyak teman dari berbagai daerah mulai dari denpasar , badung, gianyar , bangli ,dll. Banyak pelajaran – pelajaran yang saya dapatkan dari dosen – dosen yang mengajar pada bidang study masing- masing .

             Demikian pengalaman – pengalaman saya yang dapat saya ceritakan .Sekian dan  Terimakasih. mohon maaf jika ada kesalahan kata.

Comments are closed.

Previose Post: