tentang banjar tabunan

This post was written by sangmade on April 22, 2014
Posted Under: Tak Berkategori

IDENTITAS BANJAR

Banjar Tabunan merupakan sebuah banjar yang bertempat di daerah desa tabunan , Bangli. Saya akan mulai memperkenalkan banjar saya yang bernama Banjar Tabunan. Dari informasi yang saya dapat dari mantan kelian di Banjar Tabunan yang bernama Sang Kompyang Geloyah. Bahwa beliau memimpin dari tahun 1976-1999. Selama beliau memimpin di banjar Tabunan ,berselang 1 tahun beliau sudah bisa merencanakan dan rencana tersebut terwujud dengan melaksanakan upacara memungkah mendem pedagingan. Upacara tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 Mei tahun 1997 dilaksanakan di pura Dalem. Tahun 1977 banjar tabunan menyungsung sebuah barong , dan tapel barong tersebut sudah ada sejak dari dulu . Pada karya memungkah mendem pedangingan tapel barong tersebut di Kodak (di cat). Pada tahun 1990 baru dibuatkan badan barongnya dan membuat dua buah rangda yaitu rangda hitam yang bernama Kala Ditya dan rangda putih yang bernama Betara Durga. Tahun 2010 banjar tabunan juga membuat sebuah parekan seperti celuluk, bojog dan paksi (garuda) biasanya di pentaskan pada rahinan Tilem Sasih Kapitu. Pada tahun 1930 baru mempunyai gong dan mengganti pelawah pada tahun 1980.

pada tahun 2005 pelawah diganti dengan pelawah modern seperti model ukiran. Bale banjar Tabunan sudah dua kali direnovasi pada tahun 1980 dan tahun 2013. Banjar Tabunan juga memiliki sebuah lapangan sepak bola yang letaknya di samping pura puseh. Pada tahun 2010 banjar tabunan membentuk sebuah pesraman anak – anak dan pesraman itu mengajarkan anak – anak untuk belajar megambel. Selain itu pesraman juga mengajarkan anak – anak untuk belajar menari. Pesraman anak – anak itu juga pernah di pentaskan untuk ngayah – ngayah di pura – pura yang ada di Desa Tabunan .

Pada tahun 1960 banjar saya mempunyai sekha janger. Sekha janger tersebut ditarikan oleh Pemuda dan pemudi STT Giri Putra. STT Giri Putra dibentuk pada tanggal 10 november 1980.  Tahun 1986 banjar saya membentuk sekha joged dan sekha santi hingga sampai sekarang masih beraktifitas. Pada tahun 1990 banjar saya mempunyai angklung dan dijual pada tahun 2008 membeli semar pegulingan. Dulu di desa saya jika ada piodalan pada rahinan tilem kepitu tidak pernah ada pentas kesenian seperti calonarang. Pada tahun 2005 disana baru membentuk sekha gong yang bernama sekar sandat  yang aktif hingga sekarang.

sekha gong sekar sandat pernah mengikuti porda (pekan olahraga daerah ) yang dilaksanakan di lapangan puputan  klungkung pada tanggal 28 maret 2006. Selain itu sekha gong sekar sandat pernah pentas di kalangan ayodya art center , denpasar. Banjar Tabunan juga pernah mengikuti lomba baleganjur Adi Merdanga yang dilaksanakan di bangli pada tanggal 10 mei . Selain mengikuti parade calonarang, banjar tabunan pernah pentas calonarang di kertagosa klungkung dan ngayah calonarang di pura pasek pegatepan klungkung. Selain sekha gong di banjar tabunan , sanggar saya juga pernah mengikuti parade calonarang antar kecamatan bangli.

Kegiatan yang ada di banjar saya, setiap rahinan tilem para pemuda dan pemudi STT Giri Putra ngayah di pura dalem sedangkan setiap rahinan purnama para pemuda dan pemudi STT Giri Putra ngayah di pura puseh. Tidak hanya purnama tilem saja STT Giri Putra ngayah , tapi setiap ada piodalan- pidolan di pura para pemuda dan pemudi STT giri putra juga ngayah seperti membuat penjor, membuat pelengkungan dan membersihkan area pura.  Setiap dua minggu sekali para pemuda dan pemudi STT Giri Putra mengadakan rapat rutin untuk membahas kegiatan di banjar . Tanggal 10 november adalah ulang tahun STT Giri Putra . Biasanya untuk memperingati ulang tahun STT Giri Putra para pemuda dan pemudi di banjar Tabunan mengadakan bazzar ulang tahun ,tidak hanya itu saja STT Giri Putra juga  mengadakan  perlombaan – perlombaan mulai dari makan krupuk , panjat pinang dan jalan santai .

Pada tanggal 17 Agustus biasanya para pemuda dan pemudi STT Giri Putra merayakan peringatan kemerdekaan dengan membuat bermacam perlombaan seperti , lomba panjat pinang untuk pemuda dan pemudi banjar Tabunan , lomba makan krupuk , lomba balap karung , lomba lari, lomba klereng, dll.

Sebelum hari raya pengerupukan, biasanya para pemuda dan pemudi STT banjar Tabunan membuat ogoh-ogoh untuk diarak keliling desa. Tidak hanya saat pengerupukan saja ,sewaktu nyepi para pemuda banjar membantu pecalang untuk berjaga dilingkungan banjar. Biasanya penjagaan dilakukan secara bergantian.

Tidak hanya organisasi STT saja yang ada di banjar tabunan, banjar Tabunan juga mempunyai sebuah organisasi untuk kalangan ibu-ibu yang disebut dengan PKK Banjar Tabunan. Biasanya satu bulan sekali diadakan arisan PKK di banjar.

Setiap hari raya galungan dan kuningan masyarakat banjar Tabunan melakukan persembahyangan ke pura dalem, pura Puseh ,dan ke pura Dalem Bakas. Selesai persembahyangan masyarakat banjar tabunan melakukan aktifitasnya kembali. Biasanya setiap hari raya manis galungan masyarakat banjar Tabunan melakukan sebuah ritual ngelawang dan ada piodalan di pura puseh banjar Tabunan.

Aktifitas masyarakat di banjar Tabunan Kebanyakan Masyarakatnya membuat kerajinan batako sebagai sumber mata pencarian mereka. Tidak hanya perajin batako saja , masyarakat di banjar tabunan juga rata-rata bermata pencarian sebagai petani. Setiap dua minggu sekali masyarakat di banjar Tabunan mengadakan kerja bakti/ gotong royong untuk membersihkan lingkungannya. Setiap hari minggu biasanya para langsia mengikuti senam di banjar .

Demikianlah penjabaran identitas banjar saya yang bernama banjar Tabunan..Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dalam indentitas ini . Terimakasi..

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post:
Previose Post: