Gambelan selonding

This post was written by rahmaadiputra on April 30, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Gamelan Selonding adalah gamelan sakral yang terbuat dari bahan besi dan berlaras pelog tujuh nada. Gamelan Selonding tergolong barungan gamelan tua yang terdapat didaerah Karangasem, yaitu Desa Tenganan Pegringsingan dan Desa Bongaya. Gambelan Selonding di daerah tersebut sangat di sakralkan. Seiring perkembangan zaman, gambelan selonding pada saat ini sudah lumayan banyak bisa di temukan di daerah Bali, tidak seperti dahulu, gambelan selonding yang mungkin hanya bisa kita cari dan kita lihat hanya di Desa Tenganan Pegringsingan dan Desa Bongaya.
Ciri-ciri Gambelan Selonding :
• Gambelan Selonding memiliki laras pelog tujuh nada.
• Jumlah Satuan Instrument 8 tungguh yang berisi 40 buah bilah, 6 tungguh masing-masing berisikan 4 buah bilah 2 tungguh berisikan 8 buah bilah.
• Jumlah Satuan Instrumen 2 tungguh gong kempul, 2 tungguh kempul, 1 tungguh peenem, 1 tungguh petuduh, 1 tungguh nyongyong alit, 1 tungguh nyongyong ageng, 1 buah ricik.
Fungsi Gambelan Selonding digunakan untuk mengiringi upacara adat di Bali, dan bisa juga digunakan untuk mengiringi gending tarian-tarian khusus (sakral), seperti Tari Rejang, dan juga mengiringi Tradisi Perang Pandan.
Contoh gending-gending Gambelan Selonding : Sekar Gadung,Rejang Gucek, Nyangnyangan, dll
Patet-patet yang digunakan dalam Gambelan Selonding :Patet Panji, MargaPatet, Sondong, Patet Puja Semara, Patet Kesumba, Patet Sadi, Patet Salah.

Comments are closed.

Previose Post: