Cara Membersihkan AC Split yang Perlu Anda Ketahui

This post was written by Putu Priska on Januari 21, 2021
Posted Under: Tak Berkategori

Pemakaian dan penempatan AC di dalam rumah menjadi hal yang wajar apa lagi untuk mereka yang tinggal di wilayah perkotaan dengan cuaca yang cukup panas.

AC menjadi keperluan perumahan bukan terbatas pada perkantoran saja sekarang ini. Disamping itu sebab keperluan itu karena itu saat ini menempatkan AC di dalam rumah bukan adalah barang eksklusif kembali. Ditambah lagi makin murah dan bermacamnya tipe dari AC.

Nah, yang kerap jadi permasalahan selanjutnya ialah sebab telah lumayan lama digunakan karena itu AC jadi kotor dan tidak dapat keluarkan udara dingin secara optimal.

AC yang kotor malah akan membuat udara panas dalam ruang dan sudah pasti debunya akan bawa imbas jelek untuk kesehatan dalam periode panjang. Sedang untuk mengundang teknisi yang dapat membersihkannya memerlukan antrean yang panjang dan lumayan lama.

Jangan khawatir bila hal seperti di atas terjadi pada AC split di dalam rumah Anda sebab sesungguhnya kita dapat membersihkannya sendiri. Minimum usaha pembersihan sendiri akan kurangi kotoran yang ada di AC sampai teknisi tiba ke rumah. Baca cara-caranya dari Alifia Service Ac berikut ini.

Bersihkan Filter AC

Cara membersihkan AC split rumah memerlukan beberapa perlengkapan simpel saja seperti kemoceng, vacum cleaner dan lap atau kanebo.

Saat sebelum mengawali untuk bersihkan AC split janganlah lupa cabut dahulu setop contact supaya terputus dari saluran listrik untuk menghindar terjadi kesetrum. Selanjutnya kerjakan beberapa langkah di bawah ini :

  • Bersihkan sisi cover AC dengan kemoceng supaya debunya raib dan sempurnakan dengan lap 1/2 basah. Lantas baru selanjutnya basuh kembali dengan lap yang kering.
  • Baca pada buku panduan bagaimanakah cara buka filter AC selanjutnya kerjakan sama seperti yang ada di buku itu. Membersihkan kotoran yang melekat pada filter dengan vacuum cleaner dan dapat disempurnakan dengan menggunakan kuas di bagian selanya.
  • Cuci filter AC split dengan memakai sabun pembersih piring sampai bersih selanjutnya jemur sampai kering.

Bersihkan Bagian Kumparan, Kipas dan Evaporator AC Split

Belilah alat semprot untuk mempermudah langkah bersihkan AC split sendiri di bagian ini. Sebab ke-3 elemen AC itu memang tidak dapat dilepaskan alias telah terpasang tetap karena itu untuk membersihkannya kita harus menggunakan cairan pencuci yang disemprot.

Dengan demikian semua kotoran pada permukaan elemen itu dapat lepas. Langsung semprotkan cairan di bagian yang kotor yakinkan Anda pas dalam penyemprotannya.

Bersihkan Komponen Outdoor

Sudah diketahui jika AC split mempunyai 2 sisi yakni indoor yang ada dalam ruang dan outdoor yang terpasang di luar ruang. Nah, untuk bersihkan sisi outdoor AC split dapat dilaksanakan lewat cara terlepas dahulu ikatan listriknya selanjutnya semprotkan air di bagian elemen.

Tidak boleh takut untuk menyemprotnya sama air yang bertekanan kuat karenanya akan membuat kotoran bisa lebih cepat rontok. Selama komponen outdoor AC split yang Anda bersihkan tidak tersambung dengan saluran listrik. 

Maka akan aman disemprotkan sama air. Disamping itu elemen luar dari AC split sudah direncanakan dengan demikian rupa supaya air yang menyirami permukaan atasnya tidak dapat masuk di dalam sisi indoor. Maka janganlah takut sisi elemen indoor AC split akan hancur saat kita bersihkan sisi outdoornya.

Merawat AC split di dalam rumah masih pada keadaan bersih selain akan jaga kualitas udara dingin yang keluar akan memengaruhi kesehatan Anda. Bila Anda memerlukan layanan servis AC split untuk rumah yang terbaik, Anda dapat menghubungi Alifia Service Ac. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih.

Tag: ,

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address