ensambel

Posted by putudyantara
Mei 20 2013

 

GONG KEBYAR

 

 

 

 

1.Bentuk fisik

 

Gamelan Gong Kebyar sebagai perangkat atau barungan yang berlaras pelog lima nada ,secara fisik dapat dibedakan menjadi dua model. Pertama, bemtuk fisik daun gamelan yang berbentuk bilah dan berbentuk pencon terbuat dari karawang. Karawang adalah campuran antara timah murni dengan tembaga (Rembang, 1984/1985 : 8). Kadang-kadang gamelan gong kebyar terbuat dari besi atau pelat. Sedangkan kedua adalah tempat dari bilah dan pencon digantung/ditempatkan disebut pelawah. Khusus untuk instrument bilah, pada pelawah ditempatkan resonator yang terbuat dari bambu ataupun paralon. Sedangkan pelawah untuk instrument reyong dan trompong bentuknya memanjang dan di atasnya ditempatkan instrument bermoncol/pencon yang di-cincang dengan tali pada lubang gegoroknya. Penempatan nada-nada kedua instrument ini berjejer dari nada rendah ke nada tinggi (dari kiri ke kanan), sesuai dengan ukurannya besar ke kecil (nirus). Kedua instrument ini tanpa mempergunakan resonator. Sedangkan untuk instrument yang lainnya seperti instrument gong, kempur dan klentong hanya digantung pada trampa yang disebut dengan sangsangan. Selain itu juga instrument kajar hanya ditempatkan pada atas trampe tanpa resonator, sedangkan untuk instrument cengceng gecek, cakepannya diikat pada atas pelawah yang berbentuk kura-kura/empas, angsa ataupun bentuk lainnya. Pelawah gamelan Gong Kebyar memiliki bentuk yang berbedabeda, ada yang mengambil ceritra pewayangan/parwa (epos Ramayana dan Mahabrata) ataupun mengambil ceritra tetantrian atau cerita tentang binatang. Jelas secara bentuk fisiknya telah terjadi perbedaan, walaupun secara substansi barungan Gong Kebyar memiliki persamaan dan telah mengakar di masyarakat. Kualitas bunyi sangat tergantung pada resonator yang dipergunakan. Bahan baku bamboo dipilih secara fisik ukuran bilah dan pencon dalam gamelan gong kebyar disesuaikan dengan fungsi masing-masing instrument dalam barungnya. Sehingga bagaimanapun bentuk fisiknya jelas telah mempertimbangkan aspek-aspek secara total dalam rancangan keberadaan Gong Kebyar saat ini.

 

 

 

 

 

 

2.Instrument  bahan fungsi

 

  1. TEROMPONG

Merupakan instrument utama dalam barungan gong kebyar yang mempunyai bentuk memanjang, memiliki sepuluh buah moncol/pencon yang umumnya dimainkan oleh satu orang pemain yang membawa dua buah panggul(alat pemukul ) yang disebut dengan panggul terompong. Terompong biasanya terbuat dari kayu jati, nangka dan kayu sejenisnya yang dirakit sedemikian rupa ditata dan dihiasi dengan ukiran ,di beri cat dasar berwarna merah dan prada. Sedangkan penconnya terbuat dari karawang, perunggu dan ada juga yang dibuat dari bahan besi.

Terompong digunakan dalam gong kebyar biasanya dalam gending-gending lelambatan, tabuh kreasi , pepanggulan , tari-tarian (khusus tari yang memerlukan terompong seperti : tari kebyar terompong dan palawakya) dan lain-lain.

Fungsi dari terompong ini sendiri adalah memainkan dan memperkuat melodi utama gending, memulai gending, menghubungkan ruas-ruas lagu.

 

  1. KENDANG

Kendang lanang -wadon dalam ansambel gong kebyar merupakan satu-satunya instrument perkusi yang mempunyai membran berupa kulit sapi. Masing-masing menggunakan sebuah panggul dalam permainannya kendang lanang dan wadon teramat penting dan tidak bisa dipisahkan peranannya dalam gong kebyar ,saling terhubung saling mengisi dan melengkapi sehingga menimbulkan harmoni antara keduanya.

Kulit atau membran kendang terbuat dari kulit sapi yang telah diolah yang dalam pembuatannya kulit tersebut telah mengalami proses yang cukup lama hingga akhirnya dipasang pada kayu nangka yang dilobangi kedua sisinya. Sebelah kanan lebih besar dari pada yang kiri lalu kedua sisi kendang tersebut dihubungkan dengan kulit sapi yang berupa tali pipih panjang sebagai pengatur kecang kendurnya kulit kendang agar sesuai dengan suara yang diinginkan.

Fungsi kendang:

Sebagai pemurba irama, pengatur jalannya sebuah gending, penghubung bagian-bagian lagu, membuat angsel-angsel, dan mengendalikan irama gending.

 

 

 

 

 

  1. GIYING / UGAL

Giying atau ugal merupakan instrument berbilah dalam barungan gong kebyar yang selalu digunakan dalam setiap jenis gending yang dimainkan tanpa terkecuali.

giying memiliki sepuluh buah bilah yang berarti terdiri atas dua oktaf nada. Setiap barungan gong kebyar di Bali menggunakan dua buah ugal terbuat dari bahan kayu nangka yang didalamnya disisipkan resonator dari bambu yang memiliki panjang berbeda namun tetap dengan diameter yang sama, jumlahnya sesuai dengan jumlah bilah diatasnya yaitu sepuluh buah resonator. Bilah terbuat dari perunggu atau besi.

Fungsinya hampir sama dengan terompong yaitu memulai gending, pembawa melodi, menyambung/menghubungkan ruas-ruas lagu.

 

  1. PEMADE DAN KANTIL

Pemade sering juga disebut dengan ‘gangsa’. Gangsa memiliki bentuk yang sama dengan ugal namun memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil sedangkan kantil memiliki ukuran yang lebih kecil lagi dari dari gangsa. Resonator gangsa dan kantil berbentuk sama dengan ugal ,namun lebih kecil karena menyesuaikan dengan ukuran instrument. Dalam satu barungan gong kebyar menggunakan empat buah gangsa dan empat buah kantil yang saling berpasangan dalam hal polos dan sangsih. Memiliki jumlah bilah yang sama dengan ugal namun berukuran lebih kecil.

Perbandingan letak oktaf:

Ugal dengan oktaf satu dan dua, gangsa dua dan tiga,kantil tiga dan empat. Maka dari itu gangsa dan kantil terdiri dari bilah-bilah yang lebih kecil dari pada ugal.

Fungsinya adalah memberi angsel-angsel, mengisi pukulan gending dengan motif-motif pukulan tertentu, mengisi rongga-rongga/ruang antara penyacah dan ugal.

 

  1. RIONG

Riong atau disebut juga dengan ‘reong’ merupakan alat musik pukul berbentuk mirip terompong tetapi terdapat dua belas pencon. Dan dalam gong kebyar dimainkan oleh empat orang pemain yang duduk secara berderet masing-masing memakai dua buah panggul yang ukurannya berlainan sesuai dengan deretan yang ditempati oleh si pemain riong itu sendiri. Riong ini adalah salah satu instrument dalam gong kebyar yang tak kalah memegang peranan penting dibandingkan dengan kendang,terompong, maupun ugal. Reong memiliki ciri khas tersendiri yaitu dalam teknik permainannya menggunakan teknik ubit-ubitan atau kekotekan antara pemain yang satu dengan pemain yang lainnya saling berhubungan dan sangat bervariasi sehingga dalam memainkan riong ini dibutuhkan kerjasama yang baik dan saling pengertian antar pemain.

Fungsi riong sama dengan pemade dan kantil yaitu memberi angsel-angsel,mengisi gending dengan berbagai motif pukulan,mengisi ruang antara penyacah dengan ugal.

 

  1. JUBLAG

Jublag ialah instrument berbilah selanjutnya dari gong kebyar yang terdiri atas lima bilah nada yang cukup besar sehingga menghasilkan nada suara rendah agar dapat memperjelas melodi yang sedang dimainkan memiliki bunyi halus karena pemukul atau panggul yang digunakan diisi atau menggunakan karet di bagian bawahnya. Pelawahnya  terbuat dari kayu nangka atau jati sedangkan bilah nada terbuat dari karawang perunggu atau besi. Jumlah jublag dalam gong kebyar berjumlah dua buah. Pemain jublag dalam hal ini menjatuhkan pukulan jublag yaitu dua kali pukulan jegog. Fungsi jublag yaitu sebagai instrumen yang memperkuat melodi gending , menentukan pukulan jegog.

 

  1. PENYACAH

Bentuk bahan dan fungsi penyacah hampir sama dengan jublag namun penyacah mempunyai bentuk yang lebih kecil dari jublag tetapi  mempunyai bilah nada lebih banyak yaitu tujuh buah. Dalam setiap barungan gong kebyar terdapat dua buah penyacah. Pemain penyacah menjatuhkan pukulan penyacah dua kali pukulan jublag teknik permainannya sangat melodis pada setiap matra lagu.  Fungsi lainnya dari penyacah adalah secara langsung adalah membantu memperkuat dan memperjelas pukulan ugal.

 

  1. JEGOG/JEGOGAN

Terdapat dua buah instrument jegogan dalam barungan gong kebyar. Pelawah dari instrumen ini sendiri memiliki ukuran yang paling besar karena memiliki bilah yang paling panjang dan paling lebar diantara yang lainnya yang juga terdiri dari lima bilah nada seperti halnya jublag. menghasilkan nada suara rendah yang juga berperan dalam membunyikan melodi utama yang dimainkan.  Pemukul / panggul jegog memiliki bentuk seperti pungukul kempul dengan ukuran yang sedikit lebih kecil.

 

  1. GONG KEMPUR DAN KEMONG

Dua buah gong dalam ansambel gong kebyar Bali diberi nama gong lanang dan wadon . Gong di bali pada umumnya memiliki bentuk gong secara umum yaitu sama bentuknya dengan di Jawa, terbuat dari perunggu . Kempur bentuk sama dengan gong namun berukuran sedikit lebih kecil.  Instrument ini berfungsi sebagai pemangku  irama (ritme) dan sebagai pematok ruas-ruas gending serta sebagai pemberi aksen-aksen sebelum jatuhnya gong. Pola pukulannya dapat memberikan identitas ukuran tabuh yang dibawakannya. Seperti : tabuh pisan satu kempur dalam satu gong, tabuh dua ada dua kumpur dalam satu gongnya , dan seterusnya. Sedangkan Kemong berbentuk pencon kecil yang digantung pada tempatnya yang berbentuk melingkar.

Gong, Kempur, dan Kemong , memiliki fungsi dalam menandai dan menentukan satu atau lebih bait melodi berjalan.

Pukulan ketiga instrumen memiliki pola-pola tersendiri sesuai jenis lagu yang dimainkan .

Contoh : gong—pur(kempur)—tong(kemong)—pur—gong—pur—tong ,dst.

 

  1. SULING

Suling merupakan instrument melodis yang dalam komposisi lagu sebagai pemanis gending. Teknik permainan bisa simetris dengan lagu ataukah memberikan ilustrasi gending baik mendahului maupun membelakangi melodi gending. Suling dalam barungan gong kebyar di Bali memiliki beberapa variasi ukuran , ada kecil sedang dan besar yang kesemuanya terbuat dari bambu. Terdapat enam lubang pada suling yang pada saat permainannya dapat membelokkan suara pelog ke selendro sesuai kebutuhan musikalnya.

 

  1. REBAB

Instrument  Rebab merupakan instrument gesek yang dalam barungan gamelan sebagai penyeimbang / harmonisasi lagu. Instrument ini membutuhkan pengeras suara karena secara kualitas suara sangat nyaring, namun tidak mampu menimbulkan suara keras. Sehingga instrument rebab sangat tepat diharmoniskan dengan suling, dan pada saat pementasan dibantu oleh pengeras suara.

 

  1. KAJAR

Instrument ini merupakan salah satu instrument bermoncol/pencon yang berfungsi sebagai pembawa irama. Adapun jenis pukulannya adalah pukulan penatas lampah yang artinya pola pukulan kajar yang mengikuti pola ritme yang ajeg dari satu pukulan ke pukulan berikutnya dalam jangka waktu serta jarak yang sama.

 

  1. CENGCENG KECEK

Secara fisik cengceng kecek memiliki dua bagian yaitu: dua alat pemukul(penekep) disebut buangan cengceng dan cengceng tatakan. Dalam tatakan terdapat kurang lebih lima buah cengceng yang diikat pada pangkonnya. Untuk memunculkan suara, cengceng penekep dipegang oleh dua tangan dan dimainkan dengan cara dibenturkan sesuai tekniknya. Adapun beberapa jenis pukulannya adalah : pukulan malpal,ngecek,ngelumbar dan lain-lain. Sedangkan fungsinya dalam barungan adalah untuk memperkaya ritme/angse-angsel tanpa memakai teknik jalinan.

 

 

3. Notasi, tangga nada sistem pengolahan bunyi

 

 

a)     TEROMPONG

Terompong terdiri atas sepuluh nada dan memiliki notasi serta tangga nada sebagai berikut:

 

,                                 i                                   o                                      e                                         u                                  ,                                 i                              o                                         e                                            u                                       

 

yang dibaca:

ndang, nding, ndong, ndeng, ndung, ndang, nding, ndong, ndeng, ndung

dan perbandingan nada pada notasi modern sebagai berikut:

1      3      4      5     7      1      3     4     5      7

Gegebug terompong bernama sekar tanjung susun namanya. Sistem ini adalah gambaran keindahan permainan terompong yang dalam sub teknik seperti: ngembat, ngempyung, nyintud, nyiih asih, nguluin, nerumpuk, ngantu, niltil, ngunda, dan ngoret.

 

b)    KEDANG

Kendang lanang dan wadon dalam gamelan bali khususnya dalam barungan gong kebyar sikap dan teknik pukulan sebagai berikut:

I.            Milpil. Yaitu jalinan antara pukulan tangan kanan dan kiri.

II.            Batubatu. Pukulan lepas, baik kendang lanang maupun wadon pada muka kanan, sedangkan tangan kiri bertugas mengimbanginya.

III.            Gegulet/gilak. Adalah jalinan pukulan lanang dan wadon pada muka kanan.

IV.            Cadang runtuh. Pukulan yaitu pada muka kanan wadon, yang artinya mengimbangi pukulan dari kendang lanang.

 

 

c)     GIYING/UGAL

Pada Giying terdapat sepuluh nada. memiliki tangga nada dan notasi sebagai berikut:

                      o                                       e                                       u                                                ,                                         i                                                o                                       e                                       u                                      ,                                        i

 

dibaca:

ndong, ndeng, ndung, ndang, nding, ndong, ndeng, ndung, ndang nding

dan perbandingannya pada notasi dan tangga nada modern:

4      5      7      1      3      4      5      7      1      3

Ugal memiliki fungsi sebagai pembawa melodi sehingga teknik permainan dan pukulannya lebih banyak mengikuti melodi utama seperti: ngoret, ngerot, nedet, ngecet, dan neliti.

 

d)    PEMADE DAN KANTIL

Pemade dan kantil memiliki sepuluh nada, seperti halnya ugal:

 

                       o                                       e                                       u                                                ,                                         i                                                o                                       e                                       u                                      ,                                        i

 

dibaca:

ndong, ndeng, ndung, ndang, nding, ndong, ndeng, ndung, ndang nding

dalam notasi modern:

4      5      7      1      3      4      5      7      1      3

Pemade dan kantil memiliki jenis-jenis pukulan yang banyak dan bervariasi seperti: ngubit, nyekati, norot, gegulet, beburu, oncang-ongcangan, ngoret, ngorot, ngantung, milpil, netdet, nyogcag, asu anuntun saji.

 

e)     JUBLAG JEGOG DAN PENYACAH

Jublag, jegog, dan mempunyai lima nada:

 

                      i                                                o                                       e                                       u                                                ,                                        

yang dibaca:

nding, ndong, ndeng, ndung, ndang

Dan dalam sistem notasi modern:

3      4      5      7      1

 

 

Sedangkan pada penyacah terdapat tujuh buah nada yang terdiri dari:

 

                       u                                                ,                                         i                                                o                                       e                                       u                                                ,                                        

 

yang dibaca:

ndung, ndang, nding, ndong, ndeng, ndung, ndang.

Yang sama halnya dengan:

7      1      3      4      5      7      1

Jenis pukulan yang terdapat oada jublag, jegog, dan penyacah:

Neliti, nyelah(pukulan tepat pada tempo/kajar), ngempur(dijalankan sesuai pukulan lagu)

 

 

f)      RIONG

Instrument ini memiliki jumlah moncol/pencon sebanyak 12 buah dengan susunan nada :

                       e                                       u                                                ,                                         i                                                o                                       e                                       u                                                ,                               i                                               o                                        e                                                        u

 

 

yang dibaca:

ndeng, ndung, ndang, nding, ndong, ndeng, ndung, ndang, nding, ndong, ndeng, ndung.

Yang dalam notasi modern:

5      7      1      3      4      5      7     1      3     4      5      7

Teknik permainan yang diterapkan adalah teknik ubit-ubitan yang dalam barungan gamelan sepadan dengan cecandetan, kotekan, tetorekan, yang mengacu pada teknik permainan polos dan sangsih seperti : norot, oncang-oncangan, gegulet,nelutur,asu anuntu saji dan lain-lain

 

g)     SULING

Dalam instrument suling, teknik dalam menutup lobang suling atau tekep sifatnya menyesuaikan nada dengan lima nada pelog dan berada pada alur melodi yang sedang dimainkan dalam gong kebyar.

 

h)    REBAB

Wilayah nada rebab mencakup luas wilayah gendhing apa saja. Maka alur lagu rebab memberi petunjuk yang jelas jalan alur lagu gendhing. Pada kebanyakan gendhing, rebab juga memberi tuntunan musikal kepada ansambel untuk beralih dari seksi yang satu ke yang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

84 Responses

  1. It’s remarkable to visit this site and reading the views of all colleagues concerning this paragraph, while I am also eager of getting familiarity.|

  2. idm crack patch berkata:

    bookmarked!!, I love your blog!|

  3. For the reason that the admin of this site is working, no question very rapidly it will be renowned, due to its feature contents.|

  4. Jebnbaich berkata:

    online canadian pharmacy review recreditable canadian pharmacies

  5. Hi there, You’ve done a fantastic job. I’ll definitely digg it and personally recommend to my friends. I am confident they will be benefited from this website.|

  6. Mbsxwf berkata:

    generic trimethoprim – buy bactrim 480mg online buy viagra for sale

  7. Gemgsj berkata:

    oral prednisolone 5mg – prednisolone 20mg uk purchase cialis without prescription

  8. SLOT ONLINE berkata:

    I tһink that іs among the such a lot vital іnformation for me.
    And i аm glad studying your article. However shoulld commentary
    ⲟn some basic issues, Ꭲhe weeb site taste is
    wonderful, tһe artricles іѕ actuаlly excelklent : D.
    Jusst riɡht job, cheers

  9. SLOT GACOR berkata:

    Я думаю, что это одна из самых важных для меня информации.
    И я рад, изучая вашу статью. Однако следует комментировать
    ⲟпо некоторым основным вопросам вкус веб-сайта
    замечательно, статьи на самом деле превосходны : D.
    Просто правильная работа, ура

  10. SLOT ONLINE berkata:

    記事を勉強してうれしいです。ただし、解説する必要があります
    いくつかの基本的な問題では、彼のウィーブサイトの好みは
    素晴らしい、これらのアーティクルは実際に優れています:D。
    ただの仕事、乾杯

  11. SLOT ONLINE berkata:

    あなたのスタイルは、私が読んだ他の人と比べてとてもユニークです。機会があれば投稿してくれてありがとう、私はみんなこのブログをブックマークしていると思います。

  12. What as Happening i am new to this, I stumbled upon this I have found It absolutely useful and it has aided me out loads. I hope to contribute & help other users like its helped me. Good job.

  13. SLOT GACOR berkata:

    インスタントペイデイローンは、実際には一種の一時的な債務であり、商人はあなたの収入に基づいて高利のクレジットを拡大することができます。それは法律が通常あなたの次の給料日の一部であるということを持っています。給料日の現金前貸しは、迅速な即時の信用履歴のために設計されたかなりの金利を要します。それらはペイデイローンとも呼ばれ、前払いの資金をチェックすることさえあります

  14. An instant payday loan is really a sort of temporary debt where the merchant can expand high-interest credit based upon your revenue. It has the law is normally a portion of your next payday. Payday cash advances cost substantial interest rates designed for quick instant credit history. They have also been referred to as payday loans or even check out upfront funding

  15. Bubble hash berkata:

    very handful of internet sites that transpire to be in depth below, from our point of view are undoubtedly effectively worth checking out

  16. Jebnbaich berkata:

    pharmacy store design layout canada ed drugs

  17. Litto disposable berkata:

    that could be the end of this write-up. Here you will come across some web sites that we believe you will enjoy, just click the hyperlinks over

  18. slot online berkata:

    thank you for the information you gave us all

  19. Bubble hash berkata:

    usually posts some very interesting stuff like this. If youre new to this site

  20. slot online berkata:

    very interesting and quite good.

  21. Moroccan hash berkata:

    Wonderful story, reckoned we could combine a handful of unrelated data, nevertheless truly worth taking a look, whoa did 1 learn about Mid East has got extra problerms too

  22. Bubble hash berkata:

    usually posts some incredibly intriguing stuff like this. If youre new to this site

  23. Here are some of the websites we advocate for our visitors

  24. please pay a visit to the internet sites we comply with, like this one, as it represents our picks through the web

  25. Kochcu berkata:

    online casinos for usa players – ampicillin price brand acillin

  26. Haupia strain berkata:

    one of our visitors not too long ago advised the following website

  27. Platinum haupia berkata:

    Sites of interest we’ve a link to

  28. situs slot berkata:

    Thanks in favor of sharing ѕuch a good thought, article is fastidious, tһats whу і haѵe read it completеly

    Alsօ vjsit mу webpage – situs slot

  29. raja mpo berkata:

    Hi thеre! I ϲould have sworn I’ve been to tһis web site before but after
    browsing tһrough a few of the posts I realized іt’s new
    tⲟ me. Regardless, I’m dеfinitely delighted І discovered
    it and I’ll Ƅе bookmarking іt and checkibg baсk regularly!

    Heere iѕ myy site … raja mpo

  30. Haupia strain berkata:

    just beneath, are numerous completely not connected web pages to ours, on the other hand, they’re certainly really worth going over

  31. mesin mpo slot berkata:

    Fіrst of ɑll I wat tⲟ say grеat blog! I haԀ a quick
    question ԝhich I’ԁ liқe to assk if you don’t mind.

    І was curious tօ find ߋut һow yoᥙ centr yourself
    and clear youг mind befoгe writing. I hаve haad difficulty clearng my thօughts іn ցetting my ideas ᧐ut
    therе. I tгuly do takе pleasure in writing һowever іt just seewms lіke tһe first 10 to 15 minuttes are genefally
    wasted simply just tгying to figure οut hhow t᧐ ƅegin.
    Any recommendations ᧐r hints? Cheers!

    Feel free t᧐ visit mу website; mesin mpo slot

  32. I do not ҝnoѡ wһether іt’s just me оr іf еverybody еlse encountering
    ⲣroblems witһ үoսr blog. It seems liқе some of thee text іn ʏοur cоntent aгe running ⲟff
    the screen. Can somerbody elsе рlease provide
    feedbacck and let me know if this is happening t᧐ them too?
    This mаy Ьe a issue wіth my web browser Ƅecause I’ve һad thіs happen before.
    Ꭺppreciate it

    Here is my website … slot online terlengkap

  33. always a major fan of linking to bloggers that I like but dont get lots of link enjoy from

  34. Haupia strain berkata:

    Every after inside a whilst we select blogs that we study. Listed beneath are the most recent web sites that we opt for

  35. Spot on with this write-up, I honestly believe that this website needs much more attention. I’ll probably be back again to see more, thanks for the info!|

  36. Randal Tyeryar berkata:

    thanks for sharing

  37. Sites of interest we’ve a link to

  38. mint juul pod berkata:

    the time to study or check out the content or web-sites we have linked to below the

  39. EaaqStale berkata:

    best non prescription online pharmacies Eldepryl

  40. very few web sites that come about to become comprehensive below, from our point of view are undoubtedly well worth checking out

  41. AnuuRareesofe berkata:

    which canadian pharmacies are legit vipps approved canadian pharmacy

  42. Wnsninash berkata:

    medicamento levitra 10 mg levitra pill picture

  43. bladder botox injection needle

  44. botox and bladder incontinence

  45. Technology News berkata:

    please visit the websites we adhere to, including this 1, because it represents our picks from the web

  46. bladder and botox

  47. can botox injections in the bladder cause breathing problems

  48. intravesical botox injection bladder

  49. below you will come across the link to some internet sites that we think you must visit

  50. canadian podcast berkata:

    one of our guests a short while ago recommended the following website

  51. stop aspirin for botox in bladder

  52. cost of bladder botox before insurance

  53. below you will locate the link to some web-sites that we believe you must visit

  54. penis pumping berkata:

    the time to read or go to the content or web-sites we have linked to below the

  55. that may be the finish of this write-up. Here you will discover some web-sites that we believe you will value, just click the hyperlinks over

  56. botox bladder injection cpt code

  57. here are some hyperlinks to web pages that we link to due to the fact we think they may be worth visiting

  58. one of our guests just lately encouraged the following website

  59. holandalucia berkata:

    below youll come across the link to some web pages that we assume you should visit

  60. bladder botox surgery

  61. Wonderful story, reckoned we could combine a number of unrelated data, nevertheless truly worth taking a search, whoa did one particular study about Mid East has got more problerms as well

  62. bladder botox dosing

  63. botox cpt bladder

  64. çayırova escort bayan sitesi telefon numarası

  65. please check out the web pages we comply with, like this 1, because it represents our picks in the web

  66. that would be the finish of this article. Right here youll come across some web pages that we believe you will enjoy, just click the links over

  67. Ayfkpi berkata:

    levitra vs cialis – cialis 5mg over the counter buy generic coumadin 2mg

  68. although sites we backlink to below are considerably not related to ours, we feel they may be really worth a go as a result of, so possess a look

  69. just beneath, are various totally not connected websites to ours, having said that, they may be certainly worth going over

  70. FN 509 LS EDGE berkata:

    check below, are some totally unrelated sites to ours, even so, they may be most trustworthy sources that we use

  71. Grabdm berkata:

    purchase tadalafil – sildenafil canada viagra 100mg without prescription

  72. botox bladder clinical trials

Trackback URL for this entry