Subscribe via RSS

TATA MOTOR PRESENTS

By Wahyu Dwikusuma

Desain Iklan Mobil terbaru dari Tata Motors bernama “Tata Pixel”

Desain Iklan Mobil Tata Pixel yang dapat dikaji dari teori Semiotika. Dimana semiotika adalah ilmu tentang tanda, mengkaji dan meneliti iklan berdasarkan tanda-tanda yang terdapat dalam iklan tersebut. Tanda menurut Charles Sander ‘s Pierce ada tiga, diantaranya :

tata_pixel
  1. Ikon
    Ikon adalah sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang serupa dengan bentuk obyeknya (terlihat pada gambar/foto/lukisan). Dalam Desain iklan Tata Pixel diatas, Ikon yang terlihat adalah gambar/foto mobil Tata Pixel yang terdapat di bagian kanan dengan disertai Headline disudut kanan atas “TATA PIXEL”.
  2. Indeks
    Indeks adalah sesuatu yang melaksanakan fungsi penanda sebagai penanda yang mengisyaratkan petandanya. Selanjutnya Indeks yang terdapat dalam desain iklan diatas adalah teks dan ilustrasi pendukung yang terletak disebelah kiri gambar/foto, dimana informasi tersebut menjelaskan tentang apa saja keunggulan dan teknologi terbaru yang dimiliki Tata Pixel.
  3. Simbol
    Simbol adalah sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang oleh kaidah secara konvensi telah lazim digunakan dalam masyarakat. Simbol yang terdapat dalam desain iklan ini adalah lambing atau logo dari Tata Motors, yang terletak di pojok kiri atas bagian dari iklan. Logo ini adalah identitas dari Tata motors yang dapat dikenali masyarakat tanpa melihat wujud produk Tata Motors.

 

Desain Iklan diatas dapat ditinjau dari beberapa kriteria desain yang dipakai sebagai kriteria atau tolak ukur layaknya sebuah desain dan efektifitas desain tersebut, diantaranya :

  1. Fungsional
    Desain Iklan sudah berfungsi dengan tepat, karena poin informasi yang dibutuhkan sebagai daya tarik sudah terdapat dalam iklan ini.
  2. Komunikatif
    Desain iklan ini terlihat kurang komunikatif karena kurang menampilkan si konsumen atau pemakai dari produk tersebut, sebagai daya tarik yang lebih meyakinkan audience.
  3. Simplicity
    Dalam desain ini tidak banyak menggunakan warna dan jenis huruf sehingga, dapat dikategorikan desain yang sederhana namun tetap menarik audience.
  4. Unity
    Paduan warna, ilustrasi dan tipografi sudah menunjukan kesatuan dari desain iklan ini.
  5. Estetis
    Dari segi komposisi, bentuk dan proporsi sudah menunjukan keindahan bagi audience, sehingga ada minat audience untuk melihat iklan ini.
  6. Etis
    Dalam desain iklan ini tidak terdapat menunjukan nilai kesenjangan moral, sara dan sebagainya. Sehingga dapat dikatakan desain yang etis.
  7. Informatif
    Informasi yang terdapat dalam desain iklan ini terlihat sudah tepat, karena sudah menunjukan poin-poin penting dari produk tersebut.
  8. Kreatif
    Desain ini dapat dikatakan kreatif atas dasar unsur-unsur visual yang sudah digunakan. Karena bukan hanya dari produk yang diluncurkan tetapi, dari desain iklan juga tentu pasti harus lebih kreatif untuk meyakinkan audience tentang produk tersebut.

 

Comments are closed.