Biografi Seniman Tua/Seniman Alam I Wayan Suhartha ( Nang Kebek ) Dari Desa Pekraman Penatahan, Kec. Penebel, Kab. Tabanan.

Picture 0019Biografi Seniman Tua yang akan saya bicarakan sekarang adalah Seniman Alam I Wayan Suhartha yang akrab di panggil Nang Kebek, beliau lahir di Desa Pekraman Penatahan pada pada tanggal 11 Nopember 1952. Beliau dilahiarkan seorang Ibu yang bernama Ni Wayan Retig dan Ayahnya bernama I Wayan Gabreg yang hanya aktifitas sehai-hari hanya sebagai petani. Dari sejak kecil beliau sudah gemar dengan bermai gamelan bali, kegemarann beliau bermula dari aktifitas orang tuanya yang juga gemar memainkan gamelan bali yang ikut dalam organisasi Sekhe Gong di banjar Penatahan, waktu itu beliau masih kecil, apabila di banjar ada sekhe gong yang muruk megambel ( latihan ) beliau pun ikut pada waktu itu untuk menonton sekhe gong tesebut latihan karena teknologi belum secanggih sekarang anak-anak di banjar tersebut masih bermain dengan teman-teman yang ada di lingkungan desa yang mengutamakan rasa gotong-royong dan kebersamaan, lain dengan anak-anak sekarang yang tidak lagi bermain dengan banyak teman melainkan dengan teknologi canggih seperti pleystation, game onlain dan lain sebagainya, nah dari menonton sekhe gong itu latihan timbulah rasa demen atau minat belajar gamelan bali itu muncul bagi beliau, ujar beliau.

Pada umur 9 tahun beliau baru bersekolah di SD yang ada di tabanan waktu itu, beliau bersekolah pada masa itu berjalan kaki dengan teman-temannya dari desa Penatahan menuju SD di Tabanan yang berjarak sekitar 15 Km yang menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1 jam perjalanan, jalan belum ada yang benar waktu itu masih jalan tanah, kalau musim kemarau jalan tersebut berdebu dan musim hujan becekpun melanda jalan terbsebut,panas matahari dan becek sudak biasa beliau tangani. Beliau bersekolah sampai dengan kelas 5 SD  sekitar tahun 1964 beliau memutuskan untuk berhenti bersekolah karena ayah beliau meninggal pada saat gerakan G30 SPKI, Ayahnya dibunuh oleh orang yang tidak di kenal tahun 1965 pada saat itu aksi pembrontakan suatu organisasi masyarakat yang kontra dengan PKI, yaitu suatu gerakan masyarakat yang kontra dengan Pancasila sebagai dasar Negara yang ingin menggantinya dengan konsep idialis, waktu itu banyak orang yang tidak bersalah mati sia-sia. ayah beliau hanya sebagai petani tidak tau apa-apa kenapa dibunuh? oleh sebab itu beliau sempat terpukul dengan kematian ayahnya dan memutuskan untuk berhenti bersekolah karena terbentur biaya dan Ibunya hanya seorang petani yang berpenghasilan pas-pasan.

Semenjak berhenti bersekolah beliau memutuskan untuk bekerja di sawah membantu Ibunya untuk mengurus padi yang ada di sawah dan mengurus ternak sapi, dari pagi sampai sore waktu beliau dihabiskan di sawah, semangatnya tak pernah habis untuk belajar. Sepulangnya dari sawah beliau menyempatkan diri untuk belajar bermain gamelan bali yang berguru pada kakeknya sendiri yaitu I Wayan Lecir kebetulan keluarganya semuanya orang seni, pada saat itu beliau belajar kendang tunggal, ngerindik dan megangsa dan dari sejak itu beliau sudah aktif dalam organisasi sekhe Gong Lelambatan Klasik sejak sekitar tahun 1968 yang ada di wilayah desa Penatahan untuk mengantikan ayah beliau yang sudah meninggal, seudah itu beliau ditawari bergabung di dalam didalam Sekhe Drama Gong Candra Kiranan sejak tahun 1970-1981, aktif dalam Sekhe Angklung Penatahan sejak tahun 1972-1984, juga aktif dalam Sekhe Joged Cadra Methu dari tahun 2000 sampai sekarang tahun 1013 dan baru ikut bergabung dalam Sekhe Semarpegulingan Semara Kanthi sejak tahun 2009-2013 yang ada di kecamatan Penebel. Dan yang masih aktif beliau berorganisasi sampai sekarang adalah sekhe Semarpegulingan dan joged.

Dan beliau juga aktif mengajar gending lelambatan klasik dari banjar ke banjar di daerah Penebel barat sejak tahun 1990-an. Sekhe yang pernah beliau mengajar yaitu sekhe Gong Bengkel Anyar waktu itu beliau mengajar tebuh telu lelambatan, Sekhe Gong Tegayang beliau mengajarkan tabuh iringan tari rejang dewa, Sekha Gong Kum Kladi beliau mengajarkan tabuh telu lelegongan pengiring yadnya sakral, Sekhe Angklung Rejasa beliau mengajarkan tabuh-tabuh petegak angklung, Sekha gong Bengkel Gede disini juga mengajarkan tabuh telu lelegongan pengiring yadnya sakral, Sekhe Gong Batu Kambing beliau mengajarkan gending-giding baleganjur melasti untuk mengiringi arak-arakan upacara melasti, Sekhe Gong Kloncing juga mengajarkan gending-giding baleganjur melasti untuk mengiringi arak-arakan upacara melasti, Sekha Gong Pengaggahan mengajarkan gending lelegongan klasing pengiring yadnya sakral, Sekha Angklung Wanasari beliau mengajarkan gending-gending sakral pada saat ngeringkes ( memandikan mayat ) karena di bali barungan angklung sangat erat kaitannya dengan upacara pitra yadnya dan semua sekhe gong dan sekhe angklung tersebut berasal dari kecamatan Penebel. Beliau juga pernah berkarya bembuat gending Joged Petegak Candra Methu sekitar tahun 1990-an.

Dari segi Pengalaman beliau sudah sering mendapat pengalaman pahit getirnya menjadi seniman, pernah ditipu sewaktu petas di dareah penebel, ada orang yang mencari joged di suruh untuk datang pentas kerumahnya, tetapi alamat yang diberikan oleh orang yang menawarkan jasa untuk pentas ternyata alamatnya salah atau alamat palsu, pementasan pun batal. juga  di permalukan oleh sekhe joged yang kebetulan ngayah berbarengan dengan Arja Sampik Intae waktu itu beliau ikut menabuh di sekhe arja tersebut , karena pada saat itu Arja ngayah di pelataran Pura atau jaba Pura.  Arja pun pentas, disudah pertengahan cerita Arja tersebut main lalu Sekhe joged tersebut ikut menabuh juga persis di samping sekhe Arja tersebut pentas, penontonpun berpaling menuju pementasan joged tersebut. Dan pada saat itulah timbul rasa jengah akibat dipermalukan oleh sekhe joged.

Dan berkat beliau tekun dan berjasa di bidang kesenian kususnya didalam karawitan bali Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan pengharngaan untuk beliau I Wayan Suhartha yang akrab di panggil Nang Kebek tersebut sebagai Seniman Tua dan Seniman Alam tahun 2013 bulan maret yang lalu dalam ajang PKB tingkat kabupaten Tabanan.

Demikianlah Biografi Seniman Tua I Wayan Suhartha dari Desa Pekraman Penatahan, Kec. Penebel, Kab. Tabanan.

INFORMAN :

  • Seniman Tua I Wayan Suhartha dari Desa Pekraman Penatahan, Kec. Penebel, Kab. Tabanan.

 

 

 

 

“Hubungan Ogoh-ogoh dengan Hari Raya Nyepi”

PEMBAHASAN

~Awal mula munculnya Ogoh-ogoh.

Banyaknya versi yang beredar di masyarakat Bali yang menjelaskan tentang awal mula munculnya ogoh-ogoh. Agak sulit sebetulnya menentukan kapan awal mula ogoh-ogoh muncul. Namun, diperkirakan ogoh-ogoh tersebut dikenal sejak jaman Dalem Balingkang. Pada saat itu ogoh-ogoh digunakan pada saat upacara pitra yadnya. Pitra Yadnya adalah upacara pemujaan yang ditujukan kepada para pitara dan kepada roh-roh leluhur umat hindu yang telah meninggal dunia.

Namun ada pendapat lain yang menyebutkan ogoh-ogoh tersebut terinspirasi dari tradisi Ngusaba Ndong-Nding di desa Selat Karangasem. Perkiraan lain juga muncul dan menyebutkan barong landung yang merupakan perwujudan dari Raden Datonta dan Sri Dewi Baduga (pasangan suami istri yang berwajah buruk dan menyeramkan yang pernah berkuasa di Bali) merupakan cikal-bakal dari munculnya ogoh-ogoh yang kita kenal saat ini. Informasi lain juga menyatakan bahwa ogoh-ogoh itu muncul tahun 70-80’an.. Ada juga pendapat yang menyatakan ada kemungkinan ogoh-ogoh itu dibuat oleh para pengerajin patung yang telah merasa jenuh membuat patung yang berbahan dasar batu padas, batu atau kayu, namun disisi lain mereka ingin menunjukan kemampuan mereka dalam mematung, sehingga timbul suatu ide untuk membuat suatu patung dari bahan yang ringan supaya hasilnya nanti bisa diarak dan dipertunjukan.

~Bentuk Ogoh-ogoh.

Ogoh-ogoh sendiri memiliki peranan sebagai simbol atau pemvisualisasian prosesi penetralisiran kekuatan-kekuatan negatif atau kekuatan Bhuta (kekuatan alam).Ogoh-ogoh yang dibuat pada perayaan Nyepi ini merupakan perwujudan Bhuta kala yakni unsur alam yang terdiri dari air, api, cahaya, tanah, dan udara. Kesemuanya itu divisualkan dalam wujud yang menyeramkan dan bentuknya yang sangat besar.

Pada awal mula diciptakannya, ogoh-ogoh dibuat dari rangka kayu dan bambu sederhana. Rangka tersebut dibentuk lalu dibungkus kertas. Pada perkembangan jaman yang maju pesat ogoh-ogoh pun terimbas dampaknya. Ogoh-ogoh makin berinovasi, dibuat dengan rangka dari besi yang dirangkaikan dengan bambu yang dianyam. Pembungkus bodi ogoh-ogoh pun di ganti dengan gabus atau stereofoam dengan teknik pengecatan.

Tema ogoh-ogoh pun semakin bervariasi, dari tema pewayangan, modern, porno sampai politik yang tidak mencerminkan makna agama. Tema ogoh-ogoh yang diharapkan adalah sesuai dengan nilai agama Hindu yaitu tidak terlepas dari Tuhan, Manusia dan Buta Kala sebagai penyeimbang hubugan ketiganya.

Ogoh-ogoh simbol Kala ini haruslah sesuai dengan sastra agama yang diatur dalam pakem. Tapi dari sudut pandang lain mengatakan ogoh-ogoh itu merupakan kreativitas anak muda yang mengekploitasi bentuk gejala alam dan fenomena sosial yang terjadi dimasyarakat saat ini jadi tidak perlu adanya pembatasan ataupun pengekangan dalam berekspresi.

~Makna yang terkandung dalam pawai Ogoh-ogoh.

Ogoh-ogoh merupakan cerminan sifat-sifat negatif pada diri manusia,adharma svarupa. Tradisi ini mengingatkan masyarakat Bali khususnya. Selain itu, ogoh-ogoh diarak keliling desa bertujuan agar setan-setan yang ada di sekitar desa agar ikut bersama ogoh-ogoh.Ritual meminum arak bagi orang yang mengarak ogoh-ogoh di anggap sebagai perwakilan dari sifat buruk yang ada di dalam diri manusia. Beban dari berat yang mereka gendong adalah sebuah sifat negatif, seperti cerminan sifat-sifat raksasa, ketika manusia menyadari hal ini.

Akhir pengarakan ogoh-ogoh, masyarakat akan membakar figur raksasa ini, boleh jadi dikatakan membakar (membiarkan terbakar habis) sifat-sifat yang seperti si raksasa. Ketika semua beban akan sifat-sifat negatif yang selama ini mengambil (memboroskan) begitu banyak energi kehidupan seseorang, maka seseorang akan siap memulai sebuah saat yang baru. Ketika segalanya menjadi hening, masyarakat diajak untuk siap memasuki dan memaknai Nyepi dengan sebuah daya hidup yang sepenuhnya baru dan berharap menemukan makna kehidupan yang sesungguhnya bagi dirinya dan segenap semesta.

~Difinisi Ogoh-ogoh.

Jika dilihat dari aspek tertentu ogoh-ogoh memiliki beberapa definisi. Bagi orang awam ogoh–ogoh adalah boneka raksasa yang diarak keliling desa pada saat menjelang malam sebelum hari raya nyepi (ngerupukan) yang diiringi dengan gamelan bali yang disebut BLEGANJUR , kumudian untuk dibakar. Menurut Wilkipedia bahasa Indonesia,”Ogoh-ogoh adalah seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Khala.”

Para cendekiawan hindu dharma mengambil kesimpulan bahwa proses perayaan Ogoh-ogoh melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta, dan waktu yang maha dahsyat.Kekuatan itu dapat dibagi dua, pertama kekuatan bhuana agung, yang artinya kekuatan alam raya, dan kedua adalah kekuatan Bhuana alit yang bearti kekuatan dalam diri manusia. Kedua kekuatan ini dapat digunakan untuk menghancurkan atau membuat dunia bertambah indah.

~Upacara melasti dan Caru Tawur Kesanga.

Upacara Melasti dilakukan antara empat atau tiga hari sebelum Nyepi. Pelaksanaan upacara Melasti disebutkan dalam lontar Sundarigama seperti ini: “….manusa kabeh angaturaken prakerti ring prawatek dewata.”

Di Bali umat Hindu melaksanakan upacara Melasti dengan mengusung pralingga atau pratima Ida Bhatara dan segala perlengkapannya dengan hati tulus ikhlas, tertib dan hidmat menuju samudra atau mata air lainnya yang dianggap suci. Upacara dilaksanakan dengan melakukan persembahyangan bersama menghadap laut. Setelah upacara Melasti usai dilakukan, pratima dan segala perlengkapannya diusung ke Balai Agung di Pura Desa. Sebelum Ngrupuk atau mabuu-buu, dilakukan nyejer dan selama itu umat melakukan persembahyangan.

Upacara Melasti ini jika diperhatikan identik dengan upacara Nagasankirtan di India. Dalam upacara Melasti, pratima yang merupakan lambang wahana Ida Bhatara, diusung keliling desa menuju laut dengan tujuan agar kesucian pratima itu dapat menyucikan desa. Sedang upacara Nagasankirtan di India, umat Hindu berkeliling desa, mengidungkan nama-nama Tuhan (Namas-maranam) untuk menyucikan desa yang dilaluinya.

Dalam rangkaian Nyepi di Bali, upacara yang dilakukan berda-sarkan wilayah adalah sebagai berikut: di ibukota provinsi dilaku-kan upacara tawur. Di tingkat kabupaten dilakukan upacara Panca Kelud. Di tingkat kecamatan dilakukan upacara Panca Sanak. Di tingkat desa dilakukan upacara Panca Sata. Dan di tingkat banjar dilakukan upacara Ekasata.

Sedangkan di masing-masing rumah tangga, upacara dilakukan di natar merajan (sanggah). Di situ umat menghaturkan segehan Panca Warna 9 tanding, segehan nasi sasah 100 tanding. Sedangkan di pintu masuk halaman rumah, dipancangkanlah sanggah cucuk (terbuat dari bambu) dan di situ umat menghaturkan banten daksina, ajuman, peras, dandanan, tumpeng ketan sesayut, penyeneng jangan-jangan serta perlengkapannya. Pada sanggah cucuk digantungkan ketipat kelan (ketupat 6 buah), sujang berisi arak tuak. Di bawah sanggah cucuk umat menghaturkan segehan agung asoroh, segehan manca warna 9 tanding dengan olahan ayam burumbun dan tetabuhan arak, berem, tuak dan air tawar. Setelah usai menghaturkan pecaruan, semua anggota keluarga, kecuali yang belum tanggal gigi atau semasih bayi, melakukan upacara byakala prayascita dan natab sesayut pamyakala lara malaradan di halaman rumah.

Upacara Bhuta Yajña di tingkat provinsi, kabupaten dan kecamatan, dilaksanakan pada tengah hari sekitar pukul 11.00 – 12.00 (kala tepet). Sedangkan di tingkat desa, banjar dan rumah tangga dilaksanakan pada saat sandhyakala (sore hari). Upacara di tingkat rumah tangga, yaitu melakukan upacara mecaru. Setelah mecaru dilanjutkan dengan ngrupuk pada saat sandhyakala, lalu mengelilingi rumah membawa obor, menaburkan nasi tawur. Sedangkan untuk di tingkat desa dan banjar, umat mengelilingi wilayah desa atau banjar tiga kali dengan membawa obor dan alat bunyi-bunyian. Sejak tahun 1980-an, umat mengusung ogoh-ogoh yaitu patung raksasa. Ogoh-ogoh yang dibiayai dengan uang iuran warga itu kemudian dibakar. Pembakaran ogoh-ogoh ini meru-pakan lambang nyomia atau menetralisir Bhuta Kala, yaitu unsur-unsur kekuatan jahat.

~Apakah ada kaitannya hari raya Nyepi dan pawai Ogoh-ogoh.

Ogoh-ogoh sebetulnya tidak memiliki hubungan langsung dengan upacara Hari Raya Nyepi. Patung yang dibuat dengan bam-bu, kertas, kain dan benda-benda yang sederhana itu merupakan kreativitas dan spontanitas masyarakat yang murni sebagai cetusan rasa semarak untuk memeriahkan upacara ngrupuk. Karena tidak ada hubungannya dengan Hari Raya Nyepi, maka jelaslah ogoh-ogoh itu tidak mutlak ada dalam upacara tersebut. Namun benda itu tetap boleh dibuat sebagai pelengkap kemeriahan upacara dan bentuknya agar disesuaikan, misalnya berupa raksasa yang melambangkan Bhuta Kala.

Karena bukan sarana upacara, ogoh-ogoh itu diarak setelah upacara pokok selesai serta tidak mengganggu ketertiban dan kea-manan. Selain itu, ogoh-ogoh itu jangan sampai dibuat dengan memaksakan diri hingga terkesan melakukan pemborosan. Karya seni itu dibuat agar memiliki tujuan yang jelas dan pasti, yaitu memeriahkan atau mengagungkan upacara. Ogoh-ogoh yang dibuat siang malam oleh sejumlah warga banjar itu harus ditampilkan dengan landasan konsep seni budaya yang tinggi dan dijiwai agama Hindu.

Nah, lalu bagaimana pelaksanaan Nyepi di luar Bali? Rangkaian Hari Raya Nyepi di luar Bali dilaksanakan berdasarkan desa, kala, patra dengan tetap memperhatikan tujuan utama hari raya yang jatuh setahun sekali itu. Artinya, pelaksanaan Nyepi di Jakarta misalnya, jelas tidak bisa dilakukan seperti di Bali. Kalau di Bali, tak ada kendaraan yang diperkenankan keluar (kecuali mendapat izin khusus), namun di Jakarta hal serupa jelas tidak bisa dilakukan.

Sebagaimana telah dikemukakan, brata penyepian telah dirumuskan kembali oleh Parisada menjadi Catur Barata Penyepian yaitu:

-Amati geni (tidak menyalakan api termasuk memasak). Itu berarti melakukan upawasa (puasa).

– Amati karya (tidak bekerja), menyepikan indria.

– Amati lelungan (tidak bepergian).

– Amati lelanguan (tidak mencari hiburan).

Pada prinsipnya, saat Nyepi, panca indria kita diredakan dengan kekuatan manah dan budhi. Meredakan nafsu indria itu dapat menumbuhkan kebahagiaan yang dinamis sehingga kualitas hidup kita semakin meningkat. Bagi umat yang memiliki kemampuan yang khusus, mereka melakukan tapa yoga brata samadhi pada saat Nyepi itu.

Yang terpenting, Nyepi dirayakan dengan kembali melihat diri dengan pandangan yang jernih dan daya nalar yang tiggi. Hal tersebut akan dapat melahirkan sikap untuk mengoreksi diri dengan melepaskan segala sesuatu yang tidak baik dan memulai hidup suci, hening menuju jalan yang benar atau dharma. Untuk melak-sanakan Nyepi yang benar-benar spritual, yaitu dengan melakukan upawasa, mona, dhyana dan arcana.

Upawasa artinya dengan niat suci melakukan puasa, tidak makan dan minum selama 24 jam agar menjadi suci. Kata upawasa dalam Bahasa Sanskerta artinya kembali suci. Mona artinya berdiam diri, tidak bicara sama sekali selama 24 jam. Dhyana, yaitu melakukan pemusatan pikiran pada nama Tuhan untuk mencapai keheningan. Arcana, yaitu melakukan persembahyangan seperti biasa di tempat suci atau tempat pemujaan keluarga di rumah. Pelaksanaan Nyepi seperti itu tentunya harus dilaksana-kan dengan niat yang kuat, tulus ikhlas dan tidak didorong oleh ambisi-ambisi tertentu. Jangan sampai dipaksa atau ada perasaan terpaksa. Tujuan mencapai kebebesan rohani itu memang juga suatu ikatan. Namun ikatan itu dilakukan dengan penuh keikhlasan.

PENUTUP

 ~Kesimpulan

Pada hakekat hubungan hari raya Nyepi dengan Ogoh-ogoh sebenarnya tidak ada kaitannya sama sekali, sudah di jelaskan bahwa dari lontar manapun Ogoh-ogoh tidak mutlak harus di buat sebagai saranan upacara pada saat hari raya pengerupukan, Ogoh-ogoh baru muncul pada awal tahun 70-80an karena adanya spontanitas dari masyarakat dan kalangan remaja umat Hindhu cetusan dari rasa semarak untuk memeriahkan upacara pengerupukan, maka jelaslah ogoh-ogoh itu tidak mutlak ada dalam upacara tersebut. Namun benda itu tetap boleh dibuat sebagai pelengkap kemeriahan upacara dan bentuknya agar disesuaikan, misalnya berupa raksasa yang melambangkan Bhuta Kala dan juga jangan sampai menyinggung perasaan pihak-pihak tertentu, ogoh-ogoh itu diarak setelah upacara pokok selesai serta tidak mengganggu ketertiban dan kea-manan. Selain itu, ogoh-ogoh itu jangan sampai dibuat dengan memaksakan diri hingga terkesan melakukan pemborosan. Karya seni itu dibuat agar memiliki tujuan yang jelas dan pasti, yaitu memeriahkan atau mengagungkan upacara. Ogoh-ogoh yang dibuat siang malam oleh sejumlah warga banjar itu harus ditampilkan dengan landasan konsep seni budaya yang tinggi yang dijiwai agama Hindu apalagi di era globalisasi ini Ogoh-ogoh di jadikan sebagai sarana untuk menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke bali melihat pertujukan arak-arakan Ogoh-ogoh sehingga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat bali.

DAFTAR PUSTAKA

 Sumber: Buku “Yadnya dan Bhakti” oleh Ketut Wiana, terbitan Pustaka Manikgeni

http://www.balistarisland.com/Balinews/BaliNews-Apr0601.htm

NanyaBali.com

Ogoh-ogoh bali.com

 

 

 

“Suling Tradisional Bali dan Perkembangannya”

 

“Suling tradisional Bali dan Perkembangannya”

  1. A.   Bentuk dan Pengertian Suling Secara Umum

Suling sebagaimana dijelaskan dalam Kamus Musik adalah flute tradisional yang umumnya terbuat dari bambu. Secara fisik, suling yang terbuat terbuat dari bambu memiliki 6-7 lobang nada pada bagian batangnya dan lubang pemanis (song manis) pada bagian ujungnya. Sebagai salah satu instrumen dalam barungan gamelan Bali, terdapat berbagai bentuk ukuran dari yang panjang, menengah dan pendek. Dilihat dari ukurannya tersebut, suling dapat dibedakan jenisnya dalam beberapa kelompok yaitu: Suling Pegambuhan, Suling Pegongan, Suling Pearjan, Suling Pejangeran dan Suling Pejogedan . Dari pengelompokan tersebut masing-masing mempunyai fungsi, baik sebagai instrumen pokok maupun sebagai pelengkap. Penggunaan suling sebagai instrumen pokok biasanya terdapat pada jenis barungan gamelan Gambuh, Pe-Arjan, Pejangeran dan Gong Suling.

  1. B.   Kemunculan suling pada gamelan kekebyaran

Dalam seni karawitan kekebyaran, hingga saat belum diketahui secara pasti kapan instrumen suling masuk sebagai bagian barungan gamelan tersebut. Munculnya gamelan gong kebyar sebagai salah satu bentuk ensambel baru dalam seni karawitan Bali pada abad XIX, tidak dijumpai adanya penggunaan suling dalam komposisi-komposisi kekebyaran yang diciptakan. Penyajian komposisi ”kebyar” yang dinamis, menghentak-hentak serta pola-pola melodi yang ritmis tidak memungkinkan bagi suling untuk dimainkan di dalamnya. Sebagai salah satu contoh, dalam komposisi ”Kebyar Ding”, yang diciptakan pada tahun 1920-an tidak terdengar tiupan suling. Ini dapat dijadikan salah satu indikator bahwa pada awal munculnya gamelan gong kebyar, suling masih berfungsi sebagai instrumen sekunder dan belum menjadi bagian yang penting dalam sebuah komposisi.

C. Fungsi Suling.

Dewasa ini, telah terjadi pergeseran atau perubahan fungsi beberapa instrumen yang terdapat dalam barungan gamelan gong kebyar. Salah satu perubahan tersebut adalah semakin berkembangnya fungsi instrumen suling dalam barungan gamelan tersebut,dan pada beberapa barungan gamelan lainnya termasuk gamelan gong kebyar suling berfungsi sebagai instrumen ”pemanis” lagu dan memperpanjang suara gamelan, sehingga kedengarannya tidak terputus. Dalam fungsinya itu, suling hanya menjadi instrumen pelengkap dalam arti bisa dipergunakan ataupun tidak sama sekali.

Sebagai salah satu tonggak penting perkembangan fungsi suling dalam komposisi kekebyaran, dapat disimak dari salah satu komposisi yaitu Tabuh Kreasi Baru Kosalia Arini, yang diciptakan oleh I Wayan Berata dalam Mredangga Uttsawa tahun 1969, dimana dalam komposisi tersebut mulai diperkenalkan adanya penonjolan permainan suling tunggal. Terjadinya perkembangan fungsi suling tersebut merupakan salah satu fenomena yang sangat menarik dimana suling yang pada awalnya memiliki fungsi sekunder yaitu instrumen pendukung, berkembang menjadi instrumen primer yaitu instrumen utama.

Sebagaimana terjadi dalam perkembangan komposisi tabuh kekebyaran saat ini, suling memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan komposisi kekebyaran dimana melodi yang dimainkan tidak hanya terpaku pada permainan laras pelog lima nada, namun oleh para komposer sudah dikembangkan sebagai jembatan penghubung hingga mampu menjangkau nada-nada atau melodi menjadi lebih luas melingkupi berbagai patet seperti tembung, sunaren bahkan mampu memainkan nada-nada selendro. Dari pengembangan fungsi tersebut komposisi tabuh kekebyaran yang tercipta pada dua dekade belakangan ini menjadi lebih inovatif dan kaya dengan nada atau melodi.

Adanya pengembangan fungsi instrumen suling dalam komposisi kekebyaran terkadang menimbulkan fenomena yang lebih ekstrim dimana dalam sebuah karya komposisi instrumen ini muncul sebaga alat primer dan vital, tanpa kehadiran instrumen tersebut sebuah komposisi tidak akan dapat dimainkan sebagaimana mestinya.

  1. D.   Teknik Permainan Suling     

Sebagai salah satu alat musik tradisional, suling tergolong alat musik tiup (aerophone) dimana dalam permainan karawitan Bali dimainkan dengan teknik ngunjal angkihan yaitu suatu teknik permainan tiupan suling yang dilakukan secara terus menerus dan memainkan motif wewiletan yang merupakan pengembangan dari nada-nada pokok atau melodi sebuah kalimat lagu.

Bunyi suling dihasilkan melalui sebuah teknik pernafasan dari proses pemompaan dari rongga perut , kemudian udara disalurkan melalui rongga mulut yang diatur pengeluaranya oleh perubahan bentuk bibir yang seterusnya udara masuk melalui sebuah lubang suling yang telah dibingkai oleh seutas tali rotan kemudian masuk kedalam rongga bambu (resonator), yang akhirnya suara atau bunyi dapat didengar melalui lobang-lobang nada, serta lobang pembuangan. Untuk menghasilkan warna-warna suara, baik itu suara tinggi sedang atau rendah, sangat tergantung pada tekanan udara yang disalurkan melalui lubang sumber suara pada suling, selain itu posisi mulut dan bibir memiliki peran untuk menghasilkan perbedaan dinamika atau warna suara.Dengan demikian teknik tiup yang dilakukan dengan baik dan benar akan berpengaruh terhadap kualitas bunyi yang dihasilkan dengan baik pula.

  1. E.   Gambaran Suling Bali

Kalau dilihat secara umum suling tradasional Bali memiliki 3 bentuk yakni suling kecil (suling cenik), suling menengah ( suling sedang), suling besar( suling gede). Memiliki 6 lubang nada tutupan serta satu lubang pemanis. Dalam permainan Gong kebyar tutupan (tetekep) suling yang digunakan adalah tetekep Deng   : Deng , Dung  ,Dang, Ding, Dong (laras pelog)

Tetekep Deng  :  Nada deng ( menutup semua lubang nada).

Nada dung ( membuka  Lubang 5 dan 6 saja)

Nada dang ( membuka Lubang 4,5,dan 6 saja)

Nada ding ( menutup  Lubang 1dan3 saja yang lainnya di buka)

Nada dong( membuka Lubang 1 dan 4 saja yang lainnya di tutup)

Ket      : lubang 1 mulai dari lubang atas suling.

Suling merupakan instrument melodis yang dalam komposisi lagu sebagai pemanis lagu. Teknik permainan bisa simetris dengan lagu atau memberikan ilustrasi gending baik mendahului maupun membelakangi melodi gending. Tetekep dan cara meniup akan berubah itu tergantung kebutuhan dari pada nada lagu yang dimainkan  sebagai melodi atau ilustrasi lagu serta ketika ada suling yang dipakai memiliki saih gamelan lain, sehingga haru menyesuaikan dengan nada gamelan dengan mengubah tetekep, sepeerti menggunakan tetep Ding, Dong ,dan tetep yang lainnya.

  1. F.    Cara pembuatan suling

1. Pemilihan Bambu
Bambu yang digunakan Untuk membuat suling di desa saya Umumnya memkai Bambu semat , karena memiliki tekstur yang tipis dan mudah dilobangi,

2. Pengambilan bambu
Pengambilan bambu sebagai bahan suling mempunyai tata-cara yang telah turun-temurun, kebiasaan ini masih dilakukan sampai sekarang ini. Bambu yang di ambil haruslah berumur lebih kurang lima tahun hal ini dimaksudkan agar bambu itu benar-benar tua dan tidak akan keriput ketika telah dikeringkan, waktu pengambilan bambu, yaitu setiap bulan Juni, Juli dan Agustus karena bulan ini adalah bulan kemarau.Sehingga kadar air pada bambu sedikit, lebih baik lagi pertengahan bulan Agustus sebab merupakan puncak dari musim kemarau. Selain itu ada jam-jam khusu dalam pengambilan bambu ini, yaitu : jika pengambilan dilakukan pada pagi hari haruslah dilakukan pada jam 10 pagi sampai jam 12 siang dan waktu berikutnya adalah jam 14 sampai 16 sore.  Sebagai logikannya adalah watu jam 10 sampai 12 dan 14 sampai 16 tersebut merupakan saat dimana kadar air didalam bambu berkurang. Kemudian penebangan tidak dilakukan dari akarnya, namun disisakan satu sampai dua ruas dari akar, ini dimaksudkan agar bambu tersebut tumbuh kembali.

3. Pengolahan Bahan Baku
Bambu yang telah ditebang kemudian direndam di dalam lumpur sawah atau kolam ada juga cara lain yaitu menggunakan cairan tembakau. Lama perendaman ini dilakukan satu sampai dua minggu dengan tujuan agar bahan menjadi kuat. Setelah perendaman bahan selesai maka mulailah dilakukan pengeringan yaitu dengan cara di jemur. Teknik penjemuran bahan inipun bermacam-macam, ada beberapa cara dalam pengeringan bahan ini, cara pertama yaitu : dengan di jemur di panas matahari, cara ini adalah cara yang paling baik karena sumber panas yang alami sehingga warna bambu akan lebih muncul namun jika waktu pengeringannya tidak tepat bahan akan cepat pecah. Kemudian cara kedua adalah : bambu di garang yaitu dipanaskan diatas tungku perapian tempat masak orang kampong, kelemahannya tekstur bambu akan mengalami noda berwarna hitam karena disebabkan oleh asam atau percik api dari tungku, sehingga keindahan warna suling akan tidak terlihat, hal ini bisa di atasi dengan cara di ampelas namun membutuhkan waktu lama, hal baiknya adalah karena faktor pengasapan tadi bamboo akan tahan terhadap serangga, cara ketiga, yaitu : bahan di angin-angin di beranda rumah, kekurangannya cara ini membutuhkan waktu yang lama kelebihannya bahan akan tahan terhadap kemungkinan pecah dan yang terakhir adalah di open, cara ini memang tidak alami namun produksi dalam pembuatan suling lebih efektif karena proses pengeringannya tidak memerlukan waktu yang lama.

Sumber Bunyi

Sumber bunyi adalah suatu getaran yang berasal dari benda yang bergetar yang termasuk gelombang longitudinal yang dapat merambat melaui medium padat,cair dan gas dari sumber bunyi ke telinga.
Timbre adalah warna suara yang berasal dari sumber bunyi.
Dinamika adalah perbedaan keras dan pelan/lirih dari suatu musik atau suara yang kita dengar.
Noise adalah suara yang terbentuk dari bermacam-macam frekwensi secara acak yang tidak mempunyai hubungan harmonis antara satu sama lain.
Bising adalah suara yang tak dikehendaki, misalnya yang merintangi terdengarnya suara-suara, musik dsb, atau yang menyebabkan rasa sakit di telinga pendengarnya.
Suara adalah suatu gerakan gelombang yang berpropagasi dalam suatu media yang elastis, berjalan baik lurus kedepan maupun menyamping dan menghasilkan kesan suara pada telinga akibat dari perubahan tekanan dalam gendangan telinga.

Instrument Trompong

MENDESCRISIKAN INSTRUMENT GAMELAN GONG KEBYAR YAITU SALAH SATUNYA ADALAH INSTRUMENT TROMPONG

Dalam hal ini instrument trompong mempunyai berbagai cara memaikan,pungsi,cirri-ciri,teknik dan sikap memeinkan instrument trompong yaitu sebagai berikut ;

  1. Ciri-cri instrument trompong

~ berbentuk bulat berpencon

~ mempunyai terampo atau penyangga panjang berfungsi untuk  menyangga  bilah-bilah terompong

~ bernada pelog dan mempunyai dua oktap yang berurutan dari nada ndang besar sampai ndung kecil

  1. Fungsi instrument terompong

~ sebagai pembawa atau memainkan melodin pokok

~ memulai suatu lagu atau gending sebagai intro lagu

~ membuat pariasi dan memperjelas melodi pokok gending

  1. Teknik permainan terompong terdiri dari berbagai macam teknik pukulan yaitu;

~ nyeluluk                                           ~ nyilih asih

~ neliti                                                 ~ nyekati

~ nyele                                                 ~ ngumad/ngedeng

~ ngembat atau ngangkep               ~ nguluin

~ ngempyung                                      ~ nerumpuk

~ nyintud                                             ~ ngoret

  1. Sikap yang baik dalam memainkan instrument teromong yaitu amangang jatah seperti orang bali bilang orang yang memegang tusuk sate ketika sedang memangga sate/nunu sate dan sikap duduk yang benar adalah ninggar pada atau duduk bersila.