7 Jurus Jitu Lancar Berbahasa Inggris dengan Mudah

Posted by nyomanyudiawan on Mei 21, 2022
Lainnya
7 Jurus Jitu Lancar Berbahasa Inggris dengan Mudah

7 tips untuk menjadi fasih berbahasa Inggris

7 Jurus Jitu Lancar Berbahasa Inggris dengan Mudah

1. Belajar dari film

Siapa yang suka nonton film? Nah, jika Anda sedang menonton film, cobalah, Anda mengubah teks subtitle. Jika Anda menonton film Indonesia, cobalah subtitle bahasa Inggris. Di sisi lain, jika Anda menonton film barat, Anda dapat menambahkan subtitle dalam bahasa Indonesia. Lagipula apa fungsinya? Saat menonton film, Anda dapat mendengarkan dan membaca subtitle sambil menonton. Kombinasi kedua keterampilan ini dapat membantu Anda menerjemahkan kata demi kata. Anda juga dapat mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris. Ini akan membantu Anda terbiasa mendengarkan kosakata bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris dari FilmBelajar dari Film (Sumber: cthulhuart.com)
2. Dengarkan lagu bahasa Inggris

Siapa yang suka mendengarkan lagu? Di era teknologi canggih ini, Anda dapat mendengarkan lagu kapan saja, di mana saja hanya melalui aplikasi musik. Anda dapat mendengarkan sambil mencari lirik di browser Anda. Anda dapat memahami lirik dengan mendengarkan. Ini akan membantu Anda untuk memperkaya kosakata Anda.
3. Gunakan hobi sebagai sarana percakapan

Anda dapat menggunakan hobi Anda untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berbicara bahasa Inggris dengan baik. Jika Anda suka bermain game seperti Among Us atau Fortune. Bergabunglah dengan forum yang berisi sekelompok orang luar berbahasa Inggris. Selain itu, Anda dapat mencoba berbicara dalam bahasa Inggris dengan keluarga atau teman dekat Anda. Bahkan jika Anda tidak fasih, tidak perlu khawatir! Semakin banyak Anda berlatih, semakin lambat Anda akan terbiasa dan menjadi fasih berbahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris dengan HobiBelajar sambil bermain (Sumber: visithull.org)
4. Gunakan ponsel Anda

Rata-rata dari kita menghabiskan banyak waktu di ponsel atau perangkat elektronik lainnya. Coba ubah pengaturan bahasa di ponsel atau perangkat elektronik Anda ke bahasa Inggris agar notifikasi yang ditampilkan diterima dalam bahasa Inggris. Hal yang sama berlaku untuk browser dan media sosial Anda. Jika Anda menggunakan Google Chrome, Anda dapat menambahkan bahasa Inggris sebagai penerjemah. Hal ini memungkinkan Anda untuk memahami halaman yang Anda cari dalam bahasa Inggris dan kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
5. Berlatih di depan cermin

Siapa yang sering tidak berani berbahasa Inggris? Diakui saja, pasti Anda sering grogi dan grogi saat berbicara bahasa Inggris. Nah, solusinya kamu harus rajin berlatih di depan cermin. Bahkan jika Anda masih gagap, jangan takut! Semakin banyak Anda berlatih, keterampilan berbicara Anda akan semakin lancar dan Anda tidak akan lagi merasa gugup saat berbicara dalam bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris di depan cerminBelajar di depan cermin (sumber: oficinadidactica.pt)
6. Temukan seseorang untuk diajak bicara

Selain berlatih di depan cermin, kamu bisa melatih kemampuan berbicaramu dengan teman yang memiliki tingkat bahasa yang sama atau bahkan lebih tinggi darimu. Anda bisa memulainya dengan perkenalan, kemudian mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan yang diajukan. Mulailah dengan sesuatu yang sederhana, jangan berharap percakapan penuh pada awalnya, lakukan secara perlahan. Anda juga dapat berbicara dengan orang atau kerabat yang tidak mengerti bahasa Inggris. Anda akan memiliki pengalaman berbicara, tetapi tidak ada tekanan jika Anda membuat kesalahan dalam berbicara

Sumber :

Comments are closed.