Gamelan Selonding Tabuh Gilak

GAMELAN SELONDING TABUH GILAK

Berkembangnya seni gamelan dalam kehidupan masyarakat Bali utamanya disebabkan oleh terjadinya persatuan antara jiwa seni dengan jiwa religi. Salah satu ragam gamelan Bali yang sarat akan nilai-nilai religi adalah gamelan selonding. Gamelan selonding merupakan seperangkat alat musik pukul, memiliki laras pelog saih pitu, dan umumnya terdapat di desa-desa Bali Aga, seperti Desa Bungaya, Tenganan Pegringsingan, dan Timbrah, Kabupaten Karangasem. Gamelan ini terdiri dari bilah-bilah yang lebar dan berbahan dasar besi yang diletakkan di atas wadah gema berbentuk bak yang terbuat dari kayu. Gamelan ini dipukul dengan panggul (seperti palu dari bahan kayu). Permainan selonding menggunakan teknik dua tangan seperti halnya bermain gender.
Perubahan selonding pada jaman sekarang Selonding sudah mengalami banyak perubahan fungsi ketika berada di luar Tenganan dan Bebandem. Di tempat itu orang menganggap selonding sebagai benda keramat, dan difungsikan untuk upacara tertentu saja. Ketika gamelan ini menyebar, masyarakat Bali mulai melihatnya sebagai alat musik biasa dan difungsikan pada upacara yang beraneka ragam atau upacara biasa yang bersifat umum, diantaranya odalan sanggah, melaspas, telu bulanan, mepandes, nganten, dan ngerorasin. Gending yang biasanya dimainkan juga merupakan gending Petegak untuk mengiringi sebuah prosesi di Desa Tenganan Pegringsingan. Seperti misalnya gending Rejang Ileh dan Mekare-kare. Rejang Ileh biasanya digunakan untuk mengiringi tari rejang upacara, dan Mekare-kare digunakan untuk mengiringi ritual Megeret Pandan, namun kini di daerah lain digunakan sebagai tabuh-tabuh instrumental dan tanpa ada kaitan ritual seperti konteks aslinya.
Struktur tabuh gilak, pada awal gending dimulai dari ugal sebagai pemandu lagu atau gending dan kemudian diikuti oleh semua instrumen, pada taduh ini memiliki aksen akan tetapi aksen itu hanya di tabuhkan oleh instrumen kecek saja, dan sekaligus aksen ini menandai pengulangan dari gending tabuh gilak ini.