Gamelan Selonding Tabuh Nyang-Nyangan

GAMELAN SELONDING TABUH NYANG-NYANGAN

Berkembangnya seni gamelan dalam kehidupan masyarakat Bali utamanya disebabkan oleh terjadinya persatuan antara jiwa seni dengan jiwa religi. Salah satu ragam gamelan Bali yang sarat akan nilai-nilai religi adalah gamelan selonding. Gamelan selonding merupakan seperangkat alat musik pukul, memiliki laras pelog saih pitu, dan umumnya terdapat di desa-desa Bali Aga, seperti Desa Bungaya, Tenganan Pegringsingan, dan Timbrah, Kabupaten Karangasem. Gamelan ini terdiri dari bilah-bilah yang lebar dan berbahan dasar besi yang diletakkan di atas wadah gema berbentuk bak yang terbuat dari kayu. Gamelan ini dipukul dengan panggul (seperti palu dari bahan kayu). Permainan selonding menggunakan teknik dua tangan seperti halnya bermain gender.
Gamelan selonding adalah gamelan selonding adalah alat Musik tradisional Bali yang usianya lebih tua dibandingkan dengan gamelan-gamelan lainnya Gamelan selonding terbuat dari bilah-bilah besi yang diletakkan dengan pengunci secukupnya diatas badan gamelan tanpa bilah resonan (bambu resonan). Suara yang ditimbulkan dari alat musik ini sangat khas dan klasik yakni gamelan berlaras pelog sapta nada (tujuh nada). Selonding biasanya disuarakan untuk mengiringi pelaksanaan upacara-upacara sakral di Bali.
Instrumen yang terdapat pada gamelan selonding antara lain: 2 tungguh gong (ageng dan alit), 2 tungguh kempul (ageng dan alit) , peenem petuduh (ugal) , 1 tungguh nyong-nyong alit , 1 tungguh nyong-nyong ageng , dan 1 tungguh ceng-ceng ricik
Struktur tabuh nyang-nyangan, dari kawitan terdapat pukulan nyong-nyong alit dan nyong-nyong ageng yang bersamaan, dalam pukulan ini membentuk suatu melodi yang akan diulang-ulang, setelah satu pengulangan barulah dimainkan semua instrumen sesuai dengan kebutuhan dan pada pengawak gending, melodinya masih sama tetapi temponya sedikit agak dipelankan untuk mecari suasana yang ritmis. Lanjut pada bagian pengecet melodinya masih tetep sama namun temponya dipercepat menandai dari akhir gending tersebut.