Mengenal Program Magang Virtual untuk Dapatkan Pengalaman Kerja di Kandidat.id

This post was written by madeyudastra on Januari 21, 2022
Posted Under: Berita

Di tengah pandemi COVID-19, budaya work from home atau WFH secara virtual jadi semakin menjamur. Cukup banyak perusahaan yang juga mulai membuka lowongan untuk program magang virtual.

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai program menarik ini!

Mengenal Seluk Beluk Magang

Program magang, atau biasa disebut dengan internship, adalah program yang memberikan kesempatan untuk para fresh graduate maupun siswa tingkat akhir yang ingin memiliki bekal pengalaman kerja.

Ilmu yang telah peserta dapatkan saat pendidikan akan ia terapkan di program magang. Dengan mengikuti program magang, peserta magang akan menjadi lebih siap untuk memasuki dunia kerja dengan keterampilan yang telah terasah selama magang.

Di beberapa tempat, program magang juga sering disebut sebagai PKL (Praktek Kerja Lapangan). Ada beberapa institusi pendidikan yang mewajibkan peserta didiknya untuk mengikuti program magang sebelum lulus.

Umumnya, program magang memiliki jangka waktu pelaksanaan yang bervariasi, mulai dari hitungan bulan hingga tahun.

Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri, durasi maksimal program magang adalah 1 tahun.

Selain itu, perlindungan hak peserta magang sudah ada Undang-undang dan Peraturan Menteri yang mengatur perihal magang. Jadi, peserta magang memiliki hak perlindungan penuh.

5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Program Magang

Mungkin masih ada orang di luar sana yang meremehkan program ini. Akan tetapi, terjun ke dunia pemagangan ternyata banyak sekali, lho, manfaatnya.

Terlebih lagi, kesan peserta magang yang seolah-olah hanya menjadi pihak yang selalu “disuruh-suruh” menjadikan beberapa orang jadi malas mengikuti program ini.

Mulai sekarang, yuk, buang jauh-jauh pikiran tersebut! Simak beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari program magang berikut ini.

1. Membuka Wawasan tentang Dunia Kerja

Karena masih menyandang status “siswa” atau “mahasiswa” yang menghabiskan waktunya untuk belajar, mungkin beberapa dari Anda ada yang masih sangat awam mengenai wawasan seputar dunia kerja.

Nah, jika Anda mengikuti program magang, wawasan Anda tentang dunia kerja akan semakin luas dan kaya. Selain itu, Anda juga bisa membiasakan diri terhadap budaya kerja suatu perusahaan tempat Anda magang.

Setelah mengikuti program magang, Anda pasti menjadi lebih siap dan aware terhadap apa saja yang harus disiapkan dan akan dihadapi di industri pekerjaan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui alur kerja perusahaan, pembagian job description perusahaan, hingga skill yang dibutuhkan per divisi pada perusahaan tersebut.

2. Networking

Memperluas jaringan atau networking itu hal yang penting, lho, dalam dunia kerja. Bahkan, di tengah kemajuan teknologi, networking juga bisa dilakukan lewat media sosial.

Nah, mengikuti program magang akan mempertemukan Anda dengan orang-orang baru yang lebih profesional.

Dengan begitu, Anda bisa menyerap ilmu serta koneksi yang lebih banyak untuk keperluan kerja di masa yang akan datang.

Networking juga bisa Anda kategorikan sebagai bentuk investasi kelancaran karir di masa depan.

Oleh karena itu, memperluas networking dengan cara mengikuti magang serta bersikap baik selama program berlangsung adalah hal yang penting.

3. Mengasah Skill

Ilmu yang Anda dapatkan dari course atau sekolah mungkin saja belum cukup terasah jika belum Anda terapkan di dunia kerja secara nyata.

Melalui program magang, Anda akan lebih terampil dalam menerapkan ilmu yang selama ini Anda pahami dan pelajari di sekolah.

Oleh karena itu, manfaatkan dengan baik setiap job desc yang diserahkan untuk Anda selama magang supaya keterampilan Anda juga semakin maksimal.

Selain itu, jika Anda terlihat sungguh-sungguh dalam melaksanakan job desc selama program magang, Anda bisa saja berkesempatan diangkut rekruiter sebagai karyawan tetap, lho.

4. Melengkapi Daftar Experience di CV atau Resume

Dengan rajin mengikuti program magang, daftar pengalaman Anda di Curriculum Vitae (CV) atau Resume akan semakin banyak.

Jika Anda konsisten mengikuti magang di tempat yang linier dengan bidang keilmuan yang Anda geluti, maka Anda akan tampak semakin meyakinkan di mata rekruiter.

Nah, itu dia beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari program magang. Sungguh bervariasi, bukan?

Program Magang Secara Virtual? Bisa Banget!

Penyelenggaraan program magang selama ini umum berlangsung secara on-site atau tatap muka.

Akan tetapi, serangan pandemi COVID-19 mengubah sebagian budaya dunia kerja. Banyak perusahaan yang mulai menerapkan work from home atau WFH untuk mengurangi angka penyebaran virus COVID-19.

Tak hanya itu, peraturan untuk peserta magang pun juga wajib selaras dengan peraturan perusahaan, yaitu program magang secara virtual.

Magang virtual diselenggarakan online dengan peserta magang berada dan mengerjakan job desc di rumah masing-masing.

Program magang secara virtual sedikit banyak memberikan kemudahan bagi para pendaftar. Dengan mengikuti program magang online, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

1. Kelebihan Magang Virtual

  1. Jarak Bukan Lagi Halangan

Pernahkah Anda mengalami masa-masa mengincar magang di perusahaan tertentu namun memilih mundur karena lokasi magang yang terlalu jauh?

Dengan magang virtual, semua hal tersebut bukan lagi menjadi masalah.

Anda bisa menjalani program magang dari tempat tinggal masing-masing tanpa perlu work from office atau WFO.

Dengan begitu, kesempatan untuk magang di perusahaan incaran Anda akan semakin besar!

  • Waktu Lebih Fleksibel dan Efisien

Karena magang virtual berlangsung tanpa perlu bertemu face-to-face, waktu yang kamu butuhkan untuk bekerja pun menjadi lebih fleksibel dan efisien.

Kamu tak perlu repot commuting ke lokasi magang untuk bekerja dari kantor. Cukup menyiapkan workspace di tempat tinggal Anda dan voila! Anda sudah bisa menjalani magang online.

  • Biaya Lebih Hemat

Jika sebelumnya Anda harus naik kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk sampai ke tempat kerja, kini Anda tak perlu khawatir.

Karena magang online tak membutuhkan pertemuan tatap muka, Anda jadi tak perlu menghabiskan tenaga dan biaya untuk bisa sampai di tempat magang.

Dengan begitu, Anda pun bisa mengalokasikan dana transportasi ke hal lain yang lebih mendesak.

Kelebihan-kelebihan dari magang virtual memang terdengar menjanjikan. Meski begitu, ternyata ada juga, lho, downside dari program ini.

Cari tahu kekurangannya berikut ini!

2. Kekurangan Magang Virtual

  1. Kurangnya Fasilitas untuk Intern

Biasanya, peserta magang atau intern mendapatkan hak berupa fasilitas kantor yang telah tersedia lengkap.

Akan tetapi, dengan menjalani magang virtual, fasilitas yang tersedia untuk para intern menjadi lebih minim.

Umumnya, kantor akan menyediakan reimburse paket internet saja. Peserta magang harus mandiri untuk menyiapkan kebutuhan meeting virtual lainnya, seperti laptop, webcam, dan lain sebagainya.

  • Kurangnya Pengalaman Autentik

Meski magang virtual terbilang efisien jarak dan waktu, peserta magang tidak bisa merasakan pengalaman magang tatap muka secara autentik.

Biasanya, peserta magang bisa secara langsung merasakan nuansa dunia kerja di kantor tempat mereka magang.

Namun, karena magang online tidak terjadi secara tatap muka, pengalaman autentik tersebut jadi berkurang bagi para peserta magang.

  • Butuh Motivasi Lebih untuk Keep on Track

Kenyamanan tempat tinggal biasanya dapat membuat kita merasa terlena dan bersantai karena suasananya berbeda dengan kantor.

Nah, meski bisa jadi lebih nyaman, hal ini juga bisa jadi bumerang, lho, untuk produktivitas Anda.

Oleh karena itu, motivasi yang kuat sangat diperlukan saat menjalani program magang virtual.

Motivasi kuat diperlukan agar Anda tidak terlena dan keeping on track dengan job desc Anda.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan tersebut, kegiatan magang online tentu tetap dapat membawa manfaat untuk Anda sekalian.

Apa Saja yang Wajib Disiapkan Saat Program Magang Virtual?

Nah, setelah pembahasan di atas, kira-kira apa saja yang harus Anda siapkan untuk menjalani program magang virtual? [1] Ini dia jawabannya.

1.  Siapkan Diri dengan Jadi Proaktif dalam Pencarian Info Magang

Sama seperti iklan lowongan kerja, Anda juga tak akan bisa mendapatkan info magang secara cuma-cuma jika Anda hanya duduk berdiam diri.

Sebagai calon pencari kerja, Anda wajib bersikap proaktif dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai lowongan program magang.

Selain itu, persiapkan segalanya sebaik mungkin dengan menulis CV yang memadai, mempersiapkan wawancara, dan membulatkan tekad sebelum mengikuti program magang.

2.  Jangan Terpaku kepada Uang

Uang saku dari perusahaan memang menggiurkan. Namun, umumnya uang dari perusahaan tak seberapa nilainya. Meski begitu, Anda tak boleh meremehkan, bahkan menyerah begitu saja.

Uang memang penting untuk membayar kerja keras yang telah Anda laksanakan selama program magang.

Jika Anda terlalu berorientasi pada uang, kegiatan magang Anda bisa jadi tak akan berlangsung secara maksimal.

Sejatinya, program magang diciptakan untuk memberikan Anda pengalaman langsung di dunia kerja serta mengasah skill yang telah Anda miliki.

Oleh karena itu, fokuslah pada progres Anda, bukan pada uang sakunya.

3.       Laksanakan Program dengan Maksimal

Saat Anda menjalani program magang, hindari perilaku menunda-nunda ataupun bermalas-malasan.

Ingat, kantor telah memilih Anda untuk mengemban job desc karena menganggap Anda mampu melakukannya.

Selain itu, perilaku atau attitude selama magang pun bisa dinilai oleh para supervisor magang.

Oleh karena itu, jaga selalu kualitas kerja dan perilaku Anda selama magang. Dengan begitu, Anda akan meninggalkan kesan baik dan profesional.

Mencari Lowongan Program Magang Virtual di Website yang Tepat

Setelah mengetahui seluk beluk magang virtual beserta manfaat, kelebihan, dan kekurangannya di atas, Anda tentu sudah terpacu untuk segera melamar program magang, kan?

Nah, sebagai seorang job seeker cermat dan proaktif, Anda tentu harus memulai dari mencari info magang di tempat-tempat yang terjamin aman dan meyakinkan.

Saat ini, lowongan magang dapat Anda temukan dengan mudah di internet, yaitu di website penyedia info lowongan pekerjaan, salah satunya adalah kandidat.id.

Kandidat.id merupakan website nomor satu untuk para pencari kerja maupun pencari program magang.

Untuk mencari program magang di sini, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu registrasi melalui aplikasi KANDIDAT di ponsel Anda dan melengkapi seluruh data diri untuk keperluan penyaringan rekomendasi pekerjaan.

Lalu, kunjungi kantor verifikasi KANDIDAT di kota Anda untuk verifikasi ulang data diri Anda dan voila! Anda sudah memiliki akun KANDIDAT pertama Anda.

Selain itu, Anda bisa juga mengaktifkan membership untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Dengan mencari lowongan magang virtual di KANDIDAT, Anda akan lebih mudah menemukan kantor yang tepat untuk mengasah skill Anda melalui program magang.

Kesimpulan

Magang merupakan program untuk memperkenalkan dunia kerja bagi siswa maupun mahasiswa semester akhir. Dari program ini, Anda akan menerima banyak pengetahuan serta pengalaman baru, antara lain: memberi wawasan dunia kerja, networking, mengasah skill, hingga menambah daftar pengalaman dalam CV.

Namun, di tengah situasi pandemi COVID-19 dan untuk mengurangi penularannya, banyak perusahaan yang menerapkan magang virtual. Program magang virtual lebih banyak dijalani jarak jauh atau secara online.

Untuk memulai magang virtual, Anda harus bersikap proaktif selama proses pencarian hingga mulai menjalani program magang tersebut.

UU tenaga kerja | pasang lowongan kerja gratis | pasang loker gratis | pasang lowongan kerja | iklan lowongan kerja | posting lowongan kerja | lapangan pekerjaan | program magang | pasang iklan lowongan kerja | rekrutmen karyawan

PT. META INTERMEDIA TEKNOLOGI

JL. INTI 1 BLOK C 1 NO. 7, LIPPO CIKARANG, BEKASI JAWA BARAT 17550

+6218990 5868 / [email protected]

FAQ:

  1. Apakah di masa pandemi covid-19 bisa melaksanakan program magang?

Bisa, karena banyak perusahaan mulai menerapkan work from home atau WFH untuk mengurangi angka penyebaran virus COVID-19. Tak hanya itu, peraturan peserta magang pun wajib selaras dengan peraturan perusahaan, yaitu program magang secara virtual.

  • Berapa lama kegiatan magang dilaksanakan?

Program magang memiliki jangka waktu pelaksanaan yang bervariasi, mulai dari hitungan bulan hingga tahun. Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri, durasi maksimal program magang adalah 1 tahun.

  • Apa hal yang harus dihindari dalam melaksanakan program magang?

Perilaku menunda-nunda ataupun bermalas-malasan. Perilaku atau attitude selama magang pun bisa jadi dinilai oleh para supervisor magang. Oleh karena itu, jaga selalu kualitas kerja dan perilaku Anda selama magang. Dengan begitu, Anda akan meninggalkan kesan baik dan profesional.


Comments are closed.