Strategi Bisnis Retail di Masa Pandemi

This post was written by madeyudastra on November 12, 2021
Posted Under: Berita

Pandemi Covid-19 cukup menekan bisnis ritel. Permintaan pasar semakin menurun, namun perusahaan harus tetap mengeluarkan biaya untuk operasional bisnis. Agar tetap bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan, maka pelaku usaha di bidang ini harus menerapkan strategi bisnis retail di masa pandemi.

Strategi Bisnis Retail

Para pelaku usaha harus melakukan segala cara demi bisa bertahan di masa pandemi. Tantangannya memang cukup besar, sehingga menuntut mereka untuk terus adaptif terhadap segala perubahan yang terjadi. Berikut ini beberapa strategi bisnis ritel yang bisa Anda terapkan, di antaranya:

  • Maksimalkan Penjualan Secara Online

Jika sebelumnya target market Anda hanya secara offline, mulailah untuk merambah target market secara online. Manfaatkan media sosial berbagai platform seperti Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya. Selain itu, bisa juga bergabung dengan marketplace untuk menjual produk.

Tren belanja online semakin meningkat selama masa pandemi sehingga hal ini bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan pasar secara online. Promosikan produk sesering mungkin di media sosial maupun marketplace dan buat konten yang menarik.

  • Downsizing

Menurut https://bisnisonlinekuy.com/, menurunkan margin profit penjualan terkadang perlu dilakukan di saat kondisi yang tidak menentu seperti saat masa pandemi. Dengan menekan harga jual seminimal mungkin, setidaknya produk tetap laku di masyarakat sehingga para pelaku usaha tetap mendapatkan penghasilan dari penjualan tersebut.

  • Efisiensi Organisasi

Pengeluaran perusahaan untuk operasional akan tetap terus berjalan. Mulai dari gaji karyawan, listrik, dan lain sebagainya. Namun, di satu sisi pendapatan semakin menurun sehingga menuntut perusahaan untuk melakukan efisiensi.

Anda bisa mengubah jam kerja karyawan dengan menerapkan sistem shift agar setidaknya tidak harus memecat mereka. Maksimalkan karyawan untuk membantu penjualan secara online.

  • Program Promosi

Program promosi menjadi salah satu strategi penting yang bisa Anda lakukan selama masa pandemi. Ada banyak promosi yang bisa dilakukan seperti potongan harga atau diskon, gratis ongkos kirim, giveaway, kemudahan pembayaran, dan lain sebagainya.

Strategi bisnis ritel di masa pandemi di atas dapat membantu para pelaku usaha untuk tetap bertahan dengan usahanya. Efisiensi operasional perusahaan dan promosi secara masif menjadi kunci dari kesuksesan bisnis.

Comments are closed.