Syarat Nikah Siri Tanpa Wali

This post was written by madeyudastra on Juli 12, 2021
Posted Under: Berita

Nikah siri tanpa wali merupakan salah satu topik yang masih diperdebatkan oleh banyak orang. Sebelumnya, dibalik sah atau tidaknya sebuah pernikahan bergantung pada syarat serta rukun ketentuannya. Supaya lebih jelas, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Beberapa Syarat Nikah Siri Tanpa Wali

Nikah siri tanpa wali merupakan salah satu hal yang sering terjadi. Terlebih jika mempelai wanita berstatus janda atau sudah tidak memiliki orang tua lagi. Untuk memahaminya, perlu Amda ketahui beberapa syarat serta rukun pernikahannya. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Beragama Islam dan Tanpa Paksaan

Salah satu syarat penting yang harus dipenuhi dalam pernikahan siri adalah perihal agama. Kedua calon mempelai pengantin wajib beragama Islam. Tidak boleh diantaranya beragam beda karena hal itu merupakan rukun utama dari nikah siri secara umum dan sifatnya wajib.

Kemudian, diantara keduanya tidak ada boleh ada satupun mempelai yang berjenis kelamin transgender atau menikahi sesama jenis. Selain itu, pernikahan tidak boleh dilangsungkan atas dasar paksaan. Jika begitu, maka prosesi belum bisa dilanjutkan hingga syarat terpenuhi.

  • Suami Tidak Memiliki 4 Istri dan Perempuan Bukan Mahromnya

Syarat nikah siri tanpa wali berikutnya adalah, pastikan bahwa pihak mempelai pros tidak memiliki istri lebih dari 4. Jika begitu, maka pernikahan tidak boleh dilangsungkan sekalipun beragam Islam serta berlangsung tanpa adanya paksaan satu sama lain.

Kemudian, perempuan yang akan dinikahi buka mahromnya. Maksudnya adalah mempelai wanita tidak memiliki hubungan darah (saudara kandung). Hal tersebut sidah tertera larangannya dalam Alquran. Alhasil, pernikahan pun tidak bisa dilangsungkan.

  • Memenuhi Rukun Nikah

Sekalipun Anda menggunakan jasa nikah siri Jakarta, memenuhi rukun pernikahan tentu sifatnya sangat wajib. Sebab hal tersebut merupakan salah satu syarat agar statusnya sah dalam hukum agama. Kalau tidak, pihak pelaksana tidak bisa melangsungkan prosesi.

Adapun rukun nikah sama seperti umumnya yang dilakukan secara resmi. Mulai dari terdapat saksi kedua belah pihak, melangsungkan ijab qobul, sudah baligh dan lain sebagainya. Lebih baik lagi jika pernikahan sudah mendapatkan izin dari masing-masing wali.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa syarat nikah siri tanpa wali. Terlepas dari penjelasan diatas, selama ada yang bisa mewakilkan makan pernikahan bisa di langsungkan. Tapi juga perlu memenuhi rukun ketentuan lainnya supaya prosesi dapat berlangsung.

Comments are closed.