KARANGAN

Nama :LUTFIA HIDAYATUL LAILI

NIM :201411032

PRODI : TV & FILM

 

Topik : Perdagangan On-Line

Tema : Perdagangan Melalui Perdagangan perdagangan OnL-line(E-Comerence)

Judul :Perdagangan Elekrtonik E-Commerce

1. Pengantar Mengenai Perdagangan On-line(E-Commerce)

Perdagangan elektronik (electronic commerce atau e-commerce)adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

1.1 Pengertian Perdagangan OnL-line(E-Commerce) E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

1.2 Klasifikasi Perdagangan OnL-line(E-Commerce) Model-model E-Commerce di Indonesia diantaranya iklan baris merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, retail merupakan jenis e-commerce yang dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail, marketplace bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan.

 

2. Contoh Situs Perdagangan Perdagangan OnL-line(E-Commerce)

Ada beberapa situs perdagangan yang terkenal di Indonesia diantaranya Toko Bagus,Lazada,Berniaga,dan Tokopedia.

2.1 Toko Bagus yang sekarang berubah menjadi OLX Indonesia, sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring.

2.2 Lazada merupakan top online retailer di Indonesia dengan fasilitas pre-order akan memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang diinginkan, ada pula berbagai diskon dengan potongan harga termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik bagi konsumen.

2.3 Berniaga.com adalah situs iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual beli. Situs ini beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara Singapore Press Holdings (SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM). Situs ini sudah beroperasi sejak Desember 2009 dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori.

2.4 Tokopedia adalah perusahaan rintisan (start up) jual beli daring yang berpusat di Jakarta dalam situs yang terdaftar dengan nama tokopedia.com . Perusahaan ini didirikan pada Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison , sementara situsnya sendiri diluncurkan untuk publik pada 17 Agustus 2009.

 

3. Berbelanja Online Melalui Situs Perdagangan On-line(E-Commerce)

Suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat elektronik yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet yang menjual berbagai macam barang.

3.1 Produk-produk yang dijual Barang yang diperdagangkan dalam e-commerce antaranya handphone, komputer, otomotif, fashion ,elektronik,gadget,hoby&olahraga,properti,perlengkapan rumah tangga,jasa dan pelayanan.

3.2 Sistem Pembayaran dan Pengiriman Produk Metode pembayaran ada 5 cara yaitu transaksi model ATM yang menyangkut hanya institusi finansial,pemegang account yang akan melakukan pengambilan atau mendeposituangnya dari account masing-masing. Pembayaran dua pihak anpa perantara transaksi dilakukan langsung dua pihak tanpa perantara menggunakan uang nasional-nya. Pembayaran dengan perantaraan pihak ke tiga umumnya proses pembayaran yang menyangkut debit kredit maupun check masuk dalam kategori ini. Micropayment dalam bahasa sederhananya adalah pembayaran untuk uang recehan yang kecil-kecil & mekanisme micropayment ini dikembangkan karena sangat diperlukan permbayaran receh yang kecil overhead transaksi yang tinggi.

3.3 Sistem Pembayaran dan Pengiriman Produk Keuntungan e-commerce memperpendek jarak perluasan pasar perluasan jeringan mitra bisnis dan efisiensi dengan kata lain mempercepat pelayanan ke pelanggan dan pelayanan lebih responsif sertamengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas seperti biaya pos surat pencetakan report dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.Kekurangan e-commerce terkadang menimbulkan kecewaan apa yang dilihat di monitor tidak sesuai dengan apa yang dilihat secara kasat mata.

 

4. Mengatasi Penipuan yang Marak Terjadi

Untuk mengatasi penipuan yang marak terjadi diperdagangan on-line ini maka harus memperhatikan kiat-kiat untuk memilih jual beli secara aman.

4.1 Memilih Cara Pembayaran/Transaksi yang Aman Saat pembayaran gunakan kartu kredit, bukan kartu debit. Karena kartu kredit biasanya sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap penipuan, kiriman yang hilang dan barang yang rusak serta berbagai masalah lainnya. Ada beberapa hal kecil yang harus diperhatikan saat belanja online: Privacy Statements (pernyataan soal kerahasiaan data)Return Policies (kebijakan soal pengembalian barang)Terms of Agreement (kesepakatan)Gift Cards (voucher hadiah).

4.2 Tips-tips Menghindari Penipuan Ketika Berbelanja Melalui Jika terjadi penupuan maka ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melaporkan penipuan pertama melalui e-mail ke [email protected] sertakan bukti pengiriman,sms,nama ,nomor telpondan rekining penipu.Cara kedua dengan datang langsung ke kantor polisi setakan bukti-bukti dan tunggu hasil penyidikan.

Kerangka Karangan

KERANGKA KARANGAN

Topik : Perdagangan On-Line

Tema : Perdagangan Melalui Perdagangan perdagangan OnL-line(E-Comerence)(E-Comerence)

 

1.      Pengantar Mengenai Perdagangan On-line(E-Comerence)

1.1.   Pengertian Perdagangan OnL-line(E-Comerence)

1.2.   Klasifikasi Perdagangan OnL-line(E-Comerence)

2.     Contoh Situs Perdagangan Perdagangan OnL-line(E-Comerence)

2.1  Toko Bagus

2.2  Lazada

2.3  Berniaga

2.4  Tokopedia

3.     Berbelanja Online Melalui Situs Perdagangan On-line(E-Comerence)

3.1  Produk-produk yang dijual

3.2  Sistem Pembayaran dan Pengiriman Produk

3.3  Kelebihan dan Kekurangan Berbelanja

4.      Mengatasi Penipuan yang Marak Terjadi

4.1  Memilih Cara Pembayaran/Transaksi yang Aman

4.2  Tips-tips Menghindari Penipuan Ketika Berbelanja Melalui

 

Batasan Topik             : Menggunakan perdagangan OnL-line(E-Comerence) sebagai sarana perdagangan,dengan menggunakan beberapa situs perdagangan OnL-line(E-Comerence) akan lebih mudah diakses tanpa bertemu langsunantara penjual dan pembeli.Dengan beraneka ragam barang yang dijual ,sistem pembayaran mudah, transaksi aman dan tips jika ada

 

Bentuk karangan         : Bentuk karangan berupa EKSPOSISI. Karangan yang berusaha menjelaskan apa itu perdaganagan on-line yang dapat memperluas pengetahuan pembacanya dengan disertai situs perbelanjaan on-line,jenis barang yang dijual,cara pembayaran,dan tips ketika terjadi penipuan

 

Manfaat karangan       : Memberi wawasan pembaca mengenai perdagangan on-line tentang situs perdagangan on-line,jenis baran yang dijual,cara pembayaran,dan tips ketika terjadi penipuan.

 

Pola karangan              : Pola yang diterapkan adalah pola logi dimana karangan dari umum ke khusus.Diawali dengan pengertian perdagangan on-line,menuju ke hal yang lebih khusus yaitu situs-situs perdagangan on-line ,jenis barang yang dijual,cara pembayaran,dan tips ketika terjadi penipuan.

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!