Cara Mengatasi Smartphone Terkena Air

Musuh utama dari smartphone sama dengan barang elektronik lainnya yaitu air. Sehingga berbagai cara pun dilakukan supaya ponsel tidak terkena air, walaupun terkadang tetap saja terkena air, baik air hujan atau jatuh ke dalam genangan air.

Walaupun sudah banyak ponsel pintar yang mempunyai sertifikat anti-air khususnya di kelas high-end, akan tetapi masih banyak smartphone low-end yang belum dibekali sertifikat seperti itu.

Namun, jika sudah terkena air tak sedikit yang hanya bisa pasrah. Padahal kemungkinan besar smartphone yang terkena air tersebut masih diselamatkan. Nah berikut ini pertolongan pertama saat ponsel terkena air dikutip dari careercenter.id dan berbagai sumber lain.

1. Langsung Matikan

Ketika smartphone terkena air, hal yang mesti dilakukan pertama kali yaitu langsung mematikan. Hal itu dilakukan agar risiko smartphone yang terkena air tidak mengalami kerusakan yang parah pada mesinnya.

2. Buka Casing, Copot SIM card dan Kartu Memori

Setelah mematikan, kemudian buka atau lepaskan casing smartphone dan copot SIM card serta kartu memorinya. Setelah dicopot bersihkan SIM dan kartu memori menggunakan lap kering.

3. Lepas Baterai

Smartphone yang tidak memiliki sertifikat anti-air biasanya mempunyai baterai yang bisa dilepas. Jika bisa, langkah selanjutnya yaitu melepas baterai.

4. Bersihkan menggunakan Lap Halus dan Kering

Setelah casing dibuka, kemudian SIM, kartu memori dan baterai dicopot, maka langkah selanjutnya yaitu membersihkan serta mengeringkan ponsel namun harus memakai lap yang halus serta kering. Anda bisa menggunakan tisu karena tisu bisa menyerap air atau lap lainnya yang sejenis.

5. Manfaatkan Pengering

Apabila Anda mempunyai mini vacuum atau hair dryer gunakan alat pengering itu untuk mengeringkan ponsel pintar. Akan tetapi mesti dilakukan dengan hati-hati, supaya komponen yang berada di dalam tidak rusak.  

6. Rendam dalam Beras

Langkah selanjutnya ialah rendam smartphone di dalam beras. Alasannya, beras merupakan alat atau medium yang mampu menyerap kelembapan udara serta air yang sangat bagus.

7. Tunggu Beberapa Hari

Proses terakhir yaitu jika sudah direndam di dalam beras, tunggu selama kurang lebih dua hari. Kemudian coba pasang kembali SIM card, dan baterai lalu nyalakan.

Jika tujuh langkah tersebut smartphone tidak bisa menyala, maka langkah paling akhir yaitu harus diservis.

Keuntungan Menggunakan Virtual Private Network

Virtual Private Network (VPN) tentunya sudah tak asing lagi untuk para penggiat bidang internet.

Adapun VPN adalah layanan yang bisa Anda gunakan agar bisa memberi kepastian bahwa aktivitas online penggunanya terlindungi.

Salah satu penyedia layanan VPN terkenal di dunia adalah Surfshark. Anda bisa mendapatkan layanan VPN dari perusahaan ini dengan mengunduhnya di https://surfshark.com/download.

Selain itu dengan adanya VPN pengguna bisa aman dari hal-hal yang tak mereka inginkan.

Hal-hal yang tak pengguna inginkan di sini yaitu penyadapan data ataupun informasi penting oleh para peretas maupun penjahat dunia maya yaitu cybercriminals.

Atau bisa juga lantaran ekspos privasi pengguna dari oknum yang tak bertanggungjawab.

Internet sendiri bukan menjadi tempat yang aman untuk siapa saja.

Saat pengguna terhubung ke internet, informasi tentang user bisa mereka peroleh dengan mudah.

Bukan hanya itu hal ini bisa berupa data pribadi, IP address, riwayat penelusuran, lokasi geografis, aktivitas pengguna dan sebagainya.

Data penting pengguna bisa seseorang curi, sadap ataupun mereka jual sebagai tujuan demi meminta tebusan.

Privasi pengguna pun dapat terekspos untuk keperluan dalam hal penayangan iklan ataupun tawaran layanan dan masih banyak lagi.

Anda membutuhkan cara untuk melakukan berbagai kegiatan online dengan cukup aman.

Salah satunya adalah Anda dapat mencoba layanan Virtual Private Network (VPN).

Sehingga layanan tersebut akan memberikan keamanan terbaik lantaran transmisi data ataupun informasi yang terenkripsi.

Rincian mengenai kegiatan online milik pengguna pun termasuk tersembunyi.

Data penting tak dapat terbaca oleh para penyadap serta privasi milik pengguna pun tidak bisa terekspos.

VPN memberikan keuntungan ataupun manfaat terkait pada keamanan data, informasi atau privasi.

Inilah Manfaat dan Keuntungan Memakai Virtual Private Network (VPN)

Berikut terdapat sejumlah keuntungan dan manfaat dalam memakai layanan VPN seperti yang diulas dalam bettermind.id

Menyamarkan alamat IP untuk hal privasi

Saat mengakses internet memakai komputer ataupun smartphone, nantinya perangkat Anda secara unik mendapat IP Address.

Masalahnya seluruh kegiatan online Anda dapat terlacak hingga ke IP Address itu.

Ketika pengguna memakai VPN nantinya VPN menyamarkan IP Address serta transmisi data ataupun informasi dari server VPN yang mereka pakai.

Dengan begitu lokasi geografis, IP Address, identitas serta aktivitas online pengguna tetap aman serta tak terlacak maupun terekspos.

Proteksi data saat memakai WiFi publik secara gratis

Keuntungan dari Virtual Private Network (VPN) selanjutnya mengenai penggunaan jaringan WiFi.

WiFi gratis bisa kita temukan dengan mudah di sekitar kita dan bisa siapa saja gunakan.

Walaupun jaringan WiFi publik gratis memakai kata sandi, kenyataannya password itu mudah seseorang bobol.

Sehingga data milik Anda pun bisa dengan mudah seseorang sadap, baca ataupun curi.

Dengan adanya VPN, data akan terenkripsi seperti ada tunnel tersembunyi untuk transmisi data.

Karena itulah data Anda nantinya terproteksi serta tak mungkin dapat seseorang baca, curi maupun lacak.

Bisa akses konten yang terbatas

Walaupun tak seluruh negara, ada sejumlah negara menerapkan peraturan dengan cara membatasi sepenuhnya maupun sebagian akses terhadap konten tertentu.

Oleh sebab inilah pengguna yang ada di negara itu tak bisa mengakses konten terbatas itu.

Dengan memakai VPN, Anda bisa menipu IP Address komputer yang bisa pengguna pakai.

Sehingga pengguna bisa menyiasati akses terhadap konten terbas itu agar bisa mengakses konten.

Walaupun konten itu ada pembatasan maupun larangan sekalipun.

Lantas bagaimana Virtual Private Network (VPN) dapat melakukan hal tersebut?

Contohnya saja Anda tinggal di Indonesia.

Pihak pemerintah Indonesia membatasi akses ke sosial media Facebook sehingga pengguna tak bisa mengaksesnya.

Untuk itulah pengguna bisa memakai serta masuk ke server VPN yang ada di Australia dan memperoleh IP Address berbasis negara Australia.

Baca Selengkapnya di prismaham.id

Aplikasi Penghasil Uang Honeygain

Aplikasi penghasil uang Honeygain merupakan salah satu jenis platform yang berbentuk web dan mampu memberi keuntungan berupa dollar. Selanjutnya bisa dengan mudah pengguna cairkan melalui aplikasi yang bernama PayPal.

Memang platform penghasil uang ini sudah mempunyai web sendiri agar bisa mengunduh aplikasinya. Jadi, Honeygain mampu memberi uang dollar ketika pengguna berhasil melakukan pendaftaran dengan benar.

Mengenal Aplikasi Penghasil Uang Honeygain, Bisa Menghasilkan Dollar
Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sudah ada banyak software penghasil uang yang beredar luas untuk memberi reward dengan mudah.

Sehingga ini menjadi trik promosi guna menarik para pengguna smartphone agar segera menggunakan software tersebut.

Karena saat ini jumlahnya sangat banyak, maka cukup penting bagi Anda memilih aplikasi yang aman dan terpercaya.

Pada intinya Anda harus lebih teliti dan hati-hati saat akan menentukan atau memilih software yang bisa memberikan reward lumayan.

Salah satunya adalah Honeygain yang baru-baru ini menjadi bahan perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, aplikasi ini mampu memberi penggunanya uang dengan cara menyelesaikan misi seperti yang diungkap oleh pascaltechnologies.com

Tentang Aplikasi

Aplikasi penghasil uang Honeygain merupakan sebuah software atau aplikasi namun berbentuk web. Dalam web tersebut mampu memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna yang bisa menggunakannya.

Nantinya mereka memperoleh dollar yang kemudian bisa langsung mereka cairkan dengan mudah melalui aplikasi PayPal. Aplikasi ini mampu memberikan dollar apabila penggunanya sudah bisa melakukan pendaftaran.

Tidak hanya itu saja, melainkan aplikasi ini juga mempunyai wadah atau kawasan untuk menerima sebuah koin kemudian tukar menjadi saldo PayPal. Bagi para pengguna baru, nanti akan diberi check in selama 14 hari secara gratis.

Apakah Membayar?

Untuk mendapatkan imbalan berupa dollar, maka Anda bisa langsung menggunakan aplikasi penghasil uang Honeygain.

Namun pastikan dulu saat akan menggunakannya, Anda sudah terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Sebab Honeygain bisa memberi imbalan berupa dollar saat Anda menggunakan paket internet atau kuota. Aplikasi ini bisa membaca history tentang berapa kuota internet yang Anda habiskan setiap hari.

Dari sanalah Anda akan bisa mendapatkan dollar. Memang sedikit terdengar aneh, tapi ini kenyataannya. Aplikasi ini juga memiliki program afiliasi.

Sehingga Anda dapat mendapatkan dollar tambahan apabila berhasil dalam mengajak orang lain. Meski demikian, belum jelas apakah aplikasi ini terbukti membayar atau tidak.

Pasalnya, aplikasi penghasil uang Honeygain belum lama rilis sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat akan menggunakannya. Oleh karena itu, cukup penting bagi Anda mengetahui lebih jauh tentang software terbaru ini.

Aplikasi Halo Bahasa Hadir dengan Banyak Fitur Unggulan

Aplikasi Halo Bahasa akhirnya telah hadir dan mampu memudahkan para pengguna untuk mengakses produk kebahasaan secara mudah. Bahkan Aminudin Azis selaku kepala Badan bahasa menyebutkan tentang platform tersebut.

Aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat sehingga meningkatkan kualitas layanan serta perluas jangkauan layanan tentang bahasa.

Aplikasi ini mereka bangun sebagai salah satu bentuk inovasi dalam memberikan sebuah layanan terbaik untuk masyarakat. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan aplikasi tersebut, maka bisa simak uraian berikut ini dan baca selengkapnya di android62.com

Mengenal Aplikasi Halo Bahasa, Apa Saja Kegunaannya?

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat, sangat diperlukan peningkatan tentang kualitas dan jangkauan layanan. Oleh karena itu, sangat diperlukan model pemasyarakatan layanan dan produk lebih inovatif lagi.

Berkaitan dengan hal itu, akhirnya pihak badan Bahasa berhasil menyusun inovasi terbaru dengan pelayanan berbasis teknologi.

Bertepatan pada peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional, Badan Bahasa berhasil meluncurkan aplikasi terbaru.

Jadi, super aplikasi itu akan mengintegrasikan seluruh produk, layanan kebahasaan, dan sebagai sarana untuk kegiatan kebahasaan atau kesastraan. Selain itu, platform ini juga akan memudahkan pengguna dalam memanfaatkan beragam produk kebahasaan.

Memiliki Banyak Manfaat

Adanya aplikasi Halo Bahasa seperti ini, maka para penggunanya dapat mengakses produk kebahasaan dengan mudah. Mulai dari KBBI, Dapobas, SPAI, UKBI, sampai dengan BIPA.

Tidak hanya itu, para pengguna juga dapat mengakses buku audio yang isinya berupa buku bahan bacaan pendukung literasi.

Para pengguna juga bisa tahu informasi kegiatan kebahasaan dan kesastraan dengan cara mengklik fitur yang ada.

Pada aplikasi terbaru ini, masyarakat juga akan saling terhubung dan lebih bersemangat untuk mengutamakan bahasa negara. Pihak pengembang pun berharap ada saran ataupun umpan balik masyarakat untuk perbaikan aplikasi ini.

Fitur Menarik

Para pengguna bisa mengetahui sejumlah informasi pada aplikasi Halo Bahasa dengan cara memilih fitur bernama “Aktivitas di sekitar Anda”. Melalui fitur tersebut, para pengguna dapat berbagi informasi tentang kebahasaan dan kesastraan.

Caranya adalah dengan mengunggah foto kegiatan mereka, kemudian jadwal kegiatan, deskripsi, lokasi, metode kegiatan, hingga jumlah peserta. Tak hanya itu, ada juga fitur lain yang tidak kalah menarik, yakni fitur “Konsultasi”.

Sehingga para pengguna dapat berkonsultasi mengenai persoalan bahasa maupun sastra. Nah, kategori konsultasi yang tersedia seperti bahasa di ruang publik, alih bahasa, penerjemahan, sastra, dan lain sebagainya.

Melalui aplikasi Halo Bahasa, para pengguna juga bisa melaporkan dalam penggunaan bahasa yang menyalahi UU No 24 tahun 2009. Misalnya saja dalam penggunaan bahasa di ruang publik yang tak mengutamakan bahasa negara.

Artikel ini disadur dari situs berikut: www.hnpp.org

Cara Cek Kuota Kemendikbud

Cara Cek Kuota Kemendikbud di Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren

Pada hari Senin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyalurkan pencairan kuota internet gratis untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online.

Ini merupakan bantuan bulan kedua, setelah sebelumnya disalurkan pada September. Adapun November menjadi bulan terakhir penyaluran bantuan kuota internet gratis Kemendikbud Ristek.

Bantuan ini merupakan kelanjutan dari tahun lalu sebagai upaya pemerintah menjalankan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online saat pandemi COVID-19. Target penerima 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan bantuan kuota internet Kemendikbud pada tahun lalu, untuk sekarang paket data tersebut hanya tersedia kuota umum saja. Cek di clickstreamtech.com

Besaran Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbudristek 2021

  • Peserta Didik jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulan.
  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10 GB/bulan.
  • Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah sebesar 12 GB/bulan.
  • Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan.

Ini cara mengecek kuota internet gratis Kemendibud di ponsel:

Telkomsel

Tekan *888# > pilih “Cek Pulsa & Kuota” > pilih “Cek Kuota”. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS.
Aplikasi myTelkomsel: beranda > internet

Indosat Ooredoo

Tekan 123075# > Status & Cek Kuota. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS.
Aplikasi myIM3 > beranda > data

Tri

Tekan 12310*3#, lalu informasi kuota akan dikirim via SMS.SMS: ketik “INFO KUOTA” kirim ke 234
Aplikasi Bima+, informasi akan muncul di beranda

XL Axiata & Axis

Tekan 1237*1# > “Cek Kuota” Informasi akan dikirim via SMS Aplikasi myXL (XL) Aplikasi AxisNet (Axis)

Smartfren

Tekan *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS.SMS dengan format “Cek”, kirim ke 995

Ingat, bantuan paket kuota data internet tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika situs dan aplikasi lain yang tercantum pada www.royalriders.id