5 Hal Penting Tentang Cara Budidaya Ikan Mas

Ada berbagai jenis ikan yang terdapat di Indonesia. Ikan memiliki daya tarik untuk beberapa orang . Pasalnya, banyak orang memiliki usaha budidaya ikan, salah satunya ikan mas. Sebelum memulai budidaya ikan mas ada hal yang wajib anda ketahui. Ikan memiliki kandungan nutrisi yang kaya protein. Bahkan protein yang terkandung dalam ikan lebih banyak jika dibandingkan dengan protein hewani lainnya.

Cara budidaya ikan mas Ikan mas atau yang dikenal dengan nama latin, cyprinus carpio ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Seperti di Jawa dikenal dengan nama tombro dan ikan mas-masan, di Sumatera disebut sebagai ikan rayo atau ikan ameh. Penyebaran ikan mas ini sangat lama dan telah meluas hingga seluruh penjuru Indonesia. Untuk itu cara budidaya ikan mas dapat dikatakan cukup mudah.

Jika anda berminat untuk memulai bisnis ikan mas, anda perlu mengetahui cara budidaya ikan mas. Diperlukan hal-hal berikut agar keuntungan anda maksimal, antara lain:

1. Tempat budidaya Ikan mas dapat dibudidayakan dengan berbgai jenis lingkungan. Budidaya ikan mas ini dapat ditempatkan dalam kolam air deras jika kondisi airnya jernih dengan suhu 20-25 derajat celcius. Selain itu, ikan mas dapat ditempatkan dalam karamba ataupun karamba jala apung (KJA). teknik budidaya ikan mas

2. Benih Masing-masing memiliki kesenangan sendiri mengenai benih yang dibesarkan. Di Bogor dan sekitarnya lebih menyukai jenis majalaya. Sedangkan untuk daerah Yogyakarta lebih banyak menggunakan benih si nyonya. Daerah Malang lebih memilih jenis punten.

3. Pengelolaan pakan Pemberian makan ikan harus diberikan dengan seimbang. Jika terlalu banyak memberikan pakan dapat mengakibatkan kualitas air akan berkurang karena pakan yang mengendap. Sedangkan, jika pakan terlalu sedikit akan menghambat pertumbuhan ikan. Pakan yang diberikan pun harus yang berkualitas sebab kolam miskin akan makanan alami.

4. Pengelolaan kualitas air Kualitas air merupakan hal yang harus diperhatikan dengan seksama karena menyangkut kualitas air kolam. Sebaiknya prosentase luas kolam yang dibudidayakan tidak melebih 1% dari total luas perairan, maka bertambahnya KJA dapat mengurangi kualitas air.

 5. Pencegahan penyakit Untuk budidaya dengan kolam deras, karamba yang terletak di sungai serta KJA, airnya selalu mengalir sehingga resiko penyakit relatif rendah. Walau begitu, para petani tetap harus waspada. Itulah cara budidaya ikan mas yang dapat anda praktekkan di rumah. Morfologi ikan mas berbeda dengan ikan yang lain.

Tubuh ikan yang berasal dari China dan Rusia ini berbentuk memanjang serta memipih tegak. Mulutnya terletak pada ujung tengah dan protaktil yakni dapat disembulkan. Selain itu, terdapat dua pasang sungut. Untuk bagian dalam mulut terdapat paryngeal teeth yaitu gigi kerongkongan sebanyak tiga baris geraham.

Cara membudidayakan ikan mas Sebelum anda mecoba cara membudidayakan ikan mas ini, anda perlu mengetahui jenis dari ikan mas agar anda dapat menentukan yang sesuai dengan kondisi lingkungan daerah anda. Jenis ikan mas yang dapat dikenali antara lain ras punten, ras putri jogja atau si nyonya, ras majalaya, ras merah serta ras Taiwan. Semuanya jenis ikan mas memiliki kekuranga serta kelebihan masing-masing. budidaya ikan mas Perlu diketahui, ikan mas adalah ikan berjenis herbivora sehingga memudahkan anda dalam budidaya.

 Selain itu, ikan mas suka terhadap air yang jernih dan mengalir. Ikan ini juga tidak memiliki alat pernapasan seperti ikan lele dan gurame sehingga tidak tahan dengan air yang mengandung oksigen rendah. Setelah mengetahui hal mengenai ikan mas, cara beternak ikan mas dapat anda terapkan sendiri di rumah.

Comments are closed.