BIOGRAFI I KETUT WIKA

This post was written by karangsudiartha on Oktober 31, 2012
Posted Under: Tak Berkategori

I KETUT WIKA (NYONG)

I Ketut Wika lahir di Desa Batuyang tepatnya di Banjar Dajan Rurung Sukawati Gianyar Bali,Tanggal 18 November 1973.
Nama Orang Tua :
*Bapak :I Nyoman Bajra
*Ibuk :Ni Ketut Madri

I Ketut Wika Adalah anak ke empat dan riwayat pendidikan dari nya yaitu SD 7 Batubulan Kangin Dan SLPT Dharma Sentana.Dalam berumah tangga nama istrinya Ni Made Sudarmini .Anak Pertamayna bernama Pande Putu Gek Candra Dewi Dan Anak Keduanya bernama Pande Kadek Agus Wika Adi Candra

Sejak berumur 7 tahun I Ketut Wika sudah menggeluti bidang kesenian yaitu seni karawitan (tabuh). Kepiawaiannya dalam bermain kendang dan gender wayang sudah diakui oleh kalangan masyarakat seni. Demikianlah sekilas latar belakang I Ketut Wika sebagai seniman tabuh dan seniman alam.

Sebagai Seorang seniman Iketut Wika Mulai melatiuh di masing- masing Banjar yang ada di Batubulan Kangin ( Batuyang ) Pada Tahun 2001,terutama Melatih Tabuh Lelambatan Dan Tarian-tarian.

• EXPLORASI :
Dalam mencari inspirasi atau ide, I Ketut Wika selalu melihat suasana disekitarnya. Ide – ide yang timbul biasanya terjadi pada saat beliau melakukan aktivitas diluar rumah, misalnya pada saat mancing ikan dilaut, minum sedikit arak bersama teman – temannya, dan pada saat melihat kejadian – kejadian menarik dijalanan.

• IMPROVISASI :
Dalam penuangan ide atau konsep, yang pertama dilakukan oleh I Ketut Wika adalah memilih media atau instrumen apa yang cocok dalam penuangan tersebut. Setelah terpilih, selanjutnya beliau mulai menuangkan apa yang ada dalam inspirasinya dan idenya tersebut dengan cara melakukan percobaan – percobaan.

• FORMING :
Setelah terbentuk sebuah gending yang utuh, yang dilakukan I Ketut Wika selanjutnya adalah memberikan hasil akhir dalam gending tersebut seperti penekanan – penekanan, keras lirih, dan rasa (bayun gending) pada setiap bagian yang perlu menurut beliau.

Selain Sebagai Pelatih I Ketut Wika Jua sering mengikuti Festival Maupun Parade Gong Kebyar Sebagai Pemain Kendang Duta Kabupaten Gianyar.

Tahun Mengikuti Festival Atau Parade Gong Kebyar :

• Pada Tahun 1997 ,Sekaa Gong Astiti Dhama Sukawati.
• Pada Tahun 1999 ,Sanggar Genta Sari Peliatan Ubud
• Pada Tahun 2003 ,Sanggar Chandra Agung Batuyang
• Pada Tahun 2004 ,Banjar Tegalinggah
• Pada Tahun 2007 ,Sekaa Gong Pendawa,Tarukan mas Ubud

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 21st, 2022 @ 11:28 pm