TEHNIK DASAR MEMAINKAN GITAR

 

TEKNIK DASAR MEMAINKAN GITAR

 

Gitar merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dan digesek, gitar ada dua jenis yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Gitar Akustik adalah dengan bagian badan yang berlubang (hollow body). Gitar Elektrik dengan badan padat ( solid body), masing-masing jenis gitar memiliki kegunaan yang sama namun sesuai dengan kebutuhan si pemakai atau disebut sebagai gitaris. Gitar umunya digunakan untuk menemani iringan lagu dan musik.
• Posisi Memegang Gitar
Pastikan punggung anda dalam keadaan tegak, yaitu tidak bersandar saat memegang gitar. Hal ini akan membuat kondisi tubuh lebih relaks. Usahakan jangan membungkuk karena itu akan menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang dan lama kelamaan merasa tidak nyaman. Bagian belakang body gitar harus menempel pada dada atau perut sehingga berat gitar akan bertumpu pada paha. Untuk orang normal (bukan kidal), neck gitar dipegang oleh tangan kiri dan posisi dawai gitar nomor 1 berada di atas dan dawai gitar nomor 6 berada di bawah.
• Chord dasar dalam bermain gitar
Ket :
1. Jari Telunjuk
2. Jari Tengah
3. Jari Manis
4. Jari Kelingking

• Belajar Chord Dasar

Chord pada gitar sangat banyak bahkan hingga ratusan, sehingga anda harus berkomitmen jika ingin menguasai gitar. Namun untuk pemula ada baiknya anda mempelajari beberapa chord dasar yang dapat dengan mudah ditemukan di buku musik/lagu atau internet.

• Memiliki Gitar
Jika anda ingin optimal dalam main gitar, tentu hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah memiliki gitar pribadi. Dengan memiliki gitar sendiri, anda bisa berlatih setiap hari di rumah tanpa harus pergi ke studio atau meminjam pada teman, sebab hal tersebut akan menghambat waktu latihan anda yang ingin menguasai gitar. Anda bisa membeli gitar dengan merk dan harga tertentu sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki. Untuk pemula ada baiknya memilih jenis gitar akustik dan klasik terlebih dahulu.

• Dawai /Senar dari Gitar
Gitar memiliki 6 senar dengan ukuran diameter yang berbeda-beda. Semakin kecil ukuran diameter senarnya maka semakin tinggi nada yang dihasilkan. Sebaliknya semakin besar ukuran diameter senarnya maka semakin rendah nada yang dihasilkan. Susunan senar gitar secara berurutan adalah dari yang berdiameter paling kecil hingga diameter paling besar. Senar yang berdiameter paling kecil disebut senar nomor 1, dan senar yang berdiameter paling kecil disebut senar nomor 6, Susunan senar pada gitar sebagai berikut.
Senar nomor 1 : E
Senar nomor 2 : B
Senar nomor 3 : G
Senar nomor 4 : D
Senar nomor 5 : A
Senar nomor 6 : E
• Cara Setem Senar Gitar
Pertama kita harus mengetahui urutan nada pada senar gitar yang sudah kita bahas sebelumnya. Dan untuk memperoleh hasil setem yang meksimal sebaiknya gunakan tuner gitar, bisa yang manual maupun yang elektrik. Jika menggunakan tuner manual pemain gitar harus mempunnyai kemampuan menyamakan nada pada senar gitar yang di setem dengan nada yang terdengar pada tuner manual. Jika menggunakan tuner elektrik maka pemain gitar cukup mengatur ketepatan nada pada senar yang di setem dengan melihat indicator light yang ada pada tuner elektrik. Tuner tiup termasuk dalam kategori tuner manual. Tuner ini digunakan dengan cara meniup lubang nada yang dikehendaki, kemudian senar diatur ketengangannya dengan cara di bunyikan hingga terdengar frekuensi nada yang sama persis dengan frekuensi nada tuner tiup.
• Teknik Memetik Gitar
Teknik dasar memetik dawai gitar ada 2 macam yaitu Apoyando dan Tirando.
1. Teknik Apoyando
Teknik Apoyando (rest stroke) adalah teknik memetik dawai dengan arah lurus sehingga menyentuh dawai berikutnya. Umumnya, ini untuk nada-nada tunggal, melodi. Yang dimaksud lurus di sini adalah jari yang memetik senar gitar dalam posisi lurus atau jika memakai jari telunjuk maka jari telunjuk pada posisi menunjuk.
2. Teknik Tirando
Teknik Tirando (free stroke) adalah teknik memetik dawai dengan arah melengkung sehingga tidak menyentuh dawai berikutnya. Teknik ini biasanya digunakan untuk memainkan akor arpeggio (broken chord).
• Tablature Gitar
Tablature (tablatur) adalah cara penulisan musik dengan menggambarkan jari. Cara yang paling mudah bagi anda untuk belajar melody gitar, karena selain bacanya mudah, banyak sekali gitaris-gitaris di dunia yang sudah membuat tab gitar (tablature). Tablatur pada gitar digambarkan dengan 6 senar dengan simbol-simbol berupa angka-angka yang menunjukan fret yang harus ditekan. Agar mampu membaca tablature sesuai dengan pattern yang tertulis, akan lebih baik jika seorang pemain gitar juga bisa membaca not balok. Sebab dalam tablature juga tertulis simbol-simbol yang menunjukan harga not yang dimainkan. Harga not tersebut berkaitan dengan panjang pendek nada yang dimainkan terhadap not berikutnya. Adapun berikut adalah pohon not dan tanda diam yang minimal harus dikuasai oleh pemain gitar pemula.
• Fingering & Picking
Fingering dan Picking merupakan dua hal yang tidak terpisahkan dalam bermain gitar. Fingering dapat diartikan teknik dalam menekan senar gitar. Sedangkan picking adalah teknik memetik senar gitar. Fingering dilakukan oleh tangan kiri, sedangkan picking di lakukan oleh tangan kanan. Teknik picking sendiri ada dua macam yaitu up stroke dan down stroke :
1. Up stroke adalah memetik senar gitar dari bawah ke atas
2. Down Stroke adalah memetik senar gitar dari atas ke bawah
Tabel simbolisasi fingering (tangan kiri) dan picking (tangan kanan)
Tangan Kiri (fingering) Jari-Jari Tangan Kanan (picking)
+ Ibu Jari p
(pulgar)
1 Telunjuk I
(indice)
2 Jari Tengah m
(medio)
3 Jari Manis a
(anular)
4 Kelingking c/ch
(chicc

 

Sumber :

Buku fokus kuasai gitar sampai master

 

 

Leave a Reply