Tips Agar Tidur Nyenyak dan Bangun Lebih Segar

Apakah Anda merasa lelah di pagi hari? Apakah Anda tidur bolak-balik sepanjang malam? Jika jawabannya ya, maka Anda pasti bisa menggunakan beberapa teknik tidur yang lebih baik ini.

Satu setengah tahun ini telah memberi kita banyak, jika pola tidur Anda terganggu, Anda akan merasa pusing dan kekurangan energi sepanjang hari.

Jika Anda memiliki perasaan ini sepanjang hari, Anda mungkin merasa bahwa hari Anda berlalu dengan cepat dan tidak ada kesempatan untuk meningkatkan efisiensi kerja. Untungnya, ada beberapa cara agar Anda bisa tidur lebih nyenyak sehingga Anda bisa merasa istirahat dan energik saat bangun tidur.

Kiat-kiat untuk meningkatkan kualitas tidur ini akan membantu Anda beristirahat dan memulai hari, merasa terjaga dan termotivasi.

Selesai tepat waktu

Tidur pada waktu yang sama setiap malam akan membantu Anda melatih otak untuk rileks dan mengikuti pola produksi hormon tidur saat itu bekerja paling baik untuk Anda.

Misalnya, Anda tidur pukul 12.00 dan bangun pukul 07.30. Perasaan menempel pada jadwal adalah bahwa tubuh Anda sudah terbiasa, dan jam internal Anda telah bekerja keras.

Setelah Anda mengembangkan kebiasaan, Anda akan lebih mungkin untuk mendapatkan 8 jam tidur yang direkomendasikan setiap malam. Ini akan membuat Anda lebih fokus dan waspada sepanjang hari.

Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Anda mungkin sudah mengetahui dasar-dasar ide ini. Misalnya, jangan terlalu banyak makan gula atau minum soda sebelum tidur, tapi ternyata minta lebih dari itu. Dianjurkan untuk tidak makan dalam waktu dua jam sebelum tidur. Anda juga harus menghindari makanan pedas dan asam karena dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut dan mulas.

Kopi dan minuman berkafein juga menjadi alasannya. Hindari minum cairan ini beberapa jam sebelum tidur. Bahkan, menurut sebuah studi tahun 2013, yang terbaik adalah menghindari kafein setidaknya 6 jam sebelum tidur.

Jauh dari teknologi

Saat ini, kita lebih fokus pada ponsel daripada sebelumnya, tetapi salah satu teknik tidur terbaik yang patut dicoba adalah menahan keinginan untuk melihat ponsel sambil mencoba tidur.

Begitu kepala Anda menyentuh bantal, sangat penting untuk tidak memaparkan diri Anda ke cahaya langsung, karena itu adalah tanda peringatan yang akan mengurangi hormon alami melatonin yang dikeluarkan oleh tubuh Anda, yang sangat penting untuk membantu Anda tertidur.

Jika menonton TV atau menonton ponsel sudah menjadi kebiasaan Anda, menahan keinginan ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak, karena akan membantu Anda mengurangi konsumsi cahaya biru. Secara khusus, cahaya biru memiliki dampak yang lebih serius pada siklus tidur daripada cahaya dari lampu.

Latihan

Berolahraga lebih awal akan membuat Anda merasa lebih energik. Anda bisa berolahraga di sore hari, yang dijamin akan membantu pola tidur Anda.

Jika diperhatikan, gym selalu terlihat lebih ramai dari jam 5 sore sampai jam 8 malam, karena banyak orang pergi ke gym setelah seharian bekerja.

Bukan hanya karena gym yang sangat sibuk, butuh waktu lebih lama untuk berolahraga, tetapi begitu Anda meninggalkan gym, Anda akan merasakan lonjakan adrenalin dan butuh beberapa jam untuk merasa lebih rileks.

Jika Anda dapat beradaptasi dengan kerangka waktu ini, olahraga di pagi hari atau sepanjang hari adalah teknik tidur yang lebih baik. Saat Anda berolahraga, suhu tubuh Anda akan naik dan tekanan Anda pada sistem saraf pusat akan berkurang. Oleh karena itu, jika Anda berolahraga di kemudian hari, mungkin akan membuat Anda sulit untuk tertidur.

Perbarui tempat tidur

Tempat Anda tidur adalah tempat Anda menghabiskan banyak waktu. Itu menjadi tempat di mana Anda paling sering tidur, tetapi Anda juga memiliki banyak waktu di sana untuk melakukan hal-hal lain.

Misalnya, Anda tidur rata-rata 5 hingga 7 jam semalam. Saat Anda mengalikannya dengan 7 hari dalam seminggu, Anda menghabiskan 35 hingga 49 jam seminggu di satu tempat. Sekarang, kalikan dengan 52 minggu per tahun. Ada banyak waktu yang dihabiskan di lingkungan tidur Anda.

Inilah mengapa penting untuk memperbarui bantal, kasur, dan selimut. Disarankan agar Anda mengganti bantal setiap beberapa tahun. Jenis bantal juga penting. Orang yang tidur menyamping dan terlentang biasanya membutuhkan jenis bantal yang berbeda agar bisa tidur nyenyak tanpa sakit leher atau punggung.

Kelembutan kasur dan selimut yang nyaman juga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Jika Anda menghabiskan sekitar 50 jam di tempat tidur seminggu, yang terbaik adalah memastikan bahwa Anda tidur senyaman mungkin. Anda bahkan dapat meletakkan beberapa tetes minyak lavender di atas bantal Anda, karena dikenal dapat meningkatkan relaksasi.

Juga, periksa suhu ruangan. Para ahli merekomendasikan untuk menjaga suhu di kamar tidur sekitar 18,3 derajat Celcius untuk mendapatkan tidur yang paling nyaman.

Meditasi

Meskipun ini adalah tip yang layak untuk meningkatkan kualitas tidur, ini mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Meditasi dapat membantu tidur karena dapat membantu kita menenangkan pikiran dan menjadi lebih hadir. Tidak perlu khawatir tentang pekerjaan atau merencanakan kuliah besar untuk hari berikutnya, meditasi akan membawa Anda kembali ke center, yang merupakan tempat yang bagus untuk tidur lebih nyenyak.

Jangan lihat jam

Salah satu teknik paling efektif untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan tidak melihat jam, agar tidak melihat waktu saat ini. Ketika Anda terus memeriksa waktu, Anda mungkin khawatir tentang berapa jam tersisa sebelum Anda bisa bangun.

Kecemasan hanya akan membuat Anda terjaga lebih lama. Apakah Anda menggunakan jam digital atau jam analog, Anda harus menjauhkannya dari sprei saat Anda tidur.

Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi santai dapat sedikit meningkatkan suhu tubuh kita, tetapi ketika kita keluar untuk mengeringkan diri dengan handuk, kita akan dengan cepat menjadi dingin dan dalam keadaan lebih rileks, siap untuk tidur, yang berarti Anda akan tertidur lebih cepat.

Tidurlah sebelum jam 11 malam

Tidur adalah cara penting untuk beristirahat, mengisi ulang dan menyehatkan tubuh dan pikiran. Meskipun setiap orang mungkin berbeda, kita cenderung merasa lelah secara alami antara pukul 10:45 dan 11 malam, karena jam biologis kita didasarkan pada ritme sirkadian.

Untuk menghindari insomnia, kita harus tidur sebelum jam 11 malam, jika tidak, Anda mungkin mendapatkan energi ekstra untuk membuat mereka tetap terjaga hingga dini hari. Jika Anda bisa tetap dekat dengan siklus sirkadian, Anda akan merasa beristirahat dan produktif saat bangun tidur.

Menggelapkan kamar tidur

Diketahui bahwa pada siang hari, itu menghambat pelepasan melatonin di otak. Melatonin adalah hormon alami, ketika kita berada di tempat gelap, tubuh akan dilepaskan dalam darah kita untuk membantu tubuh menjadi tenang dan mulai mengurangi kewaspadaan. Jika memungkinkan, gunakan tirai transparan, kerai dan alat lainnya untuk menciptakan lebih banyak kegelapan di kamar tidur agar tidak mengganggu tidur.

Tentang Muji Hutami

Just call me Tami. Fashions and Arts is my passion.
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan