Ini dia Tips Interview Kerja Agar Anda bisa Lolos Seleksi

Salah satu bagian terpenting dalam mencari pekerjaan adalah wawancara. Wawancara kerja merupakan tahapan untuk lebih memahami profil calon karyawan, terlepas dari apakah mereka memenuhi kebutuhan perusahaan.

Sebagai calon kandidat, jika ingin lolos seleksi dan mendapatkan pekerjaan impian, Anda harus memahami keterampilan wawancara kerja.

Bagaimanapun juga, Persiapan yang matang tentu menjadi kunci utama keberhasilan Anda ketika melaksanakan Interview Kerja, dan berikut adalah sejumlah Tips yang sanggup Anda pakai.

8 Tips Ampuh saat Interview Kerja yang Sanggup Anda Terapkan

Secara umum Interview kerja itu sendiri terdiri dari dua tahap penting gan, yaitu wawancara kerja dengan seorang HRD dan juga Interview kerja dengan pengguna, alias calon atasan kalian.

Alasan gagal wawancara kerja, tentu saja, persiapan yang tidak memadai. Oleh karena itu, selama wawancara, orang menjadi gugup ketika menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pewawancara. Nah, berikut adalah beberapa tips Interview Kerja yang bisa Anda terapkan dalam diri Anda sendiri.

Cek lokasi wawancara kerja

Penting bagi Anda untuk mengetahui lokasi wawancara dan bagaimana Anda akan sampai di sana sebelum hari Interview Kerja tiba.

Dengan cara ini Anda bisa memperkirakan lama perjalanan dan menghindari wawancara kerja pada rute yang justru akan membuat Anda terlambat. Jika Anda membawa mobil sendiri, pastikan untuk menggunakan Google Maps atau aplikasi orientasi lainnya untuk memeriksa rute.

Pada saat yang sama, jika Anda harus menggunakan transportasi umum, pastikan Anda mengetahui stasiun terdekat dengan lokasi wawancara yang relevan.

Datang lebih awal

Untuk mempersiapkan diri, jika sudah mengetahui lokasi sebaiknya tiba di lokasi wawancara lebih awal.

Disarankan untuk datang 10 menit sebelum wawancara kerja yang dijadwalkan. Hal ini berguna untuk menenangkan kepala atau membuat diri Anda rileks, sehingga Anda tidak akan merasa cemas saat Interview kerja dan menyebabkan berkeringat dan gugup.

Riset karakteristik perusahaan

Sehari sebelum jadwal wawancara, cari tahu latar belakang perusahaan yang akan Anda tangani. Anda dapat melakukannya dalam empat langkah berikut.

  • Luangkan waktu untuk mempelajari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan. Cobalah berdiskusi dengan teman-temanmu dan carilah berbagai sumber bacaan di media sosial.
  • Temukan “DNA” perusahaan dengan menggali konten di situs web, blog, dan akun media sosialnya. Oleh karena itu, dapat dibayangkan karakter perusahaan tersebut.
  • Lihat komentar dari karyawan dan mantan karyawan tentang perusahaan.
  • Pahami peran perekrut yang akan mewawancarai Anda. Jadi, Anda bisa memposisikan diri dengan baik.

Siapkan kalimat pengantar yang menarik

Saat diminta untuk memperkenalkan diri, jangan lupa untuk menyiapkan kalimat yang menarik. Pertanyaan ini agak rumit, Anda dapat menggambarkan seluruh pengalaman kerja Anda untuk menarik perhatian pengguna.

Namun, Pengguna umumnya hanya ingin mengetahui informasi rinci tentang pekerjaan yang Anda lamar, jadi cobalah untuk membuat kalimat pengantar yang lugas daripada panjang.

Siapkan beberapa pertanyaan untuk perekrut

Sebelum mengikuti Interview kerja, harap luangkan waktu untuk menyiapkan beberapa pertanyaan untuk perekrut.

Ini karena dalam wawancara kerja, perekrut biasanya memberikan kesempatan kepada kandidat untuk mengajukan pertanyaan. Mengambil kesempatan ini untuk mengajukan pertanyaan dapat menunjukkan antusiasme Anda terhadap perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

Anda juga dapat membuat kesan yang baik pada perekrut, terutama jika pertanyaan yang Anda ajukan dianggap bermakna dan cerdas. Beberapa topik yang bisa Anda tanyakan adalah tentang meja kerja di kantor baru, kualifikasi yang Anda cari, budaya kerja perusahaan, dan langkah selanjutnya yang harus Anda lalui.

Pada saat yang sama, jika Anda masih dalam tahap awal wawancara kerja, harap hindari mengajukan pertanyaan tentang upah, tunjangan liburan, dan tunjangan perusahaan lainnya.

Pelajari pertanyaan dan latihan wawancara kerja

Beberapa hari sebelum wawancara, sebaiknya Anda mulai membuat skrip yang berisi jawaban atas pertanyaan yang mungkin diajukan oleh perekrut. Contoh pertanyaan wawancara kerja yang sering diajukan adalah:

  • Contoh jawaban untuk pertanyaan “Apa kekuatan Anda?”

Saya adalah orang yang tepat waktu. Saya selalu datang lebih awal dan menyelesaikan pekerjaan saya tepat waktu. Ada banyak tenggat waktu untuk pekerjaan saya sebelumnya (Anda harus menyelesaikan sesuatu sebelum itu), saya memastikan bahwa saya metodis dan tetap (menghormati) semua pekerjaan saya.

  • Contoh jawaban untuk pertanyaan “Apa kelemahan Anda?”

Selain pertanyaan tentang kekuatan Anda sendiri, perekrut juga akan mengajukan pertanyaan tentang kelemahan Anda sendiri Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus memberikan solusi atas kelemahan Anda.

Nah, berikut adalah Jawaban yang sanggup Anda terapkan.

“Terkadang, dibandingkan dengan orang lain, saya menyelesaikan tugas lebih lambat karena saya benar-benar ingin menyelesaikan sesuatu. Saya memeriksa dokumen dan file dua kali atau terkadang tiga kali untuk memastikan semuanya akurat (benar).”

  • Contoh jawaban untuk pertanyaan “Silakan perkenalkan diri Anda!”

“Saya telah menjadi koki junior di sebuah restoran Italia kecil selama 2 tahun, tanggung jawab saya termasuk membantu koki dan menyiapkan salad. Saya selalu tertarik pada makanan dan memasak, itulah sebabnya saya memilih untuk mengambil jalur karir ini. Saya belajar di salah satu Universitas ternama, di mana saya mendapat diploma memasak tingkat pertama.”

Ingat ya gan, itu hanyalah contoh, dan tentu jawabannya harus disesuaikan dengan Latar Belakang Anda sendiri.

Siapkan dokumen pendukung

Beberapa perekrut biasanya meminta kandidat untuk membawa beberapa dokumen pendukung selama wawancara.

Oleh karena itu, pastikan untuk mulai mempersiapkan dari malam sebelumnya. Biasanya, dokumen pendukung yang dibutuhkan berupa resume untuk portofolio pekerjaan Anda.

Bicaralah secara ekspresif

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa pidato ekspresif adalah teknik Interview Kerja yang sangat efektif. Pasalnya, berbicara dengan wajah yang ekspresif dapat menunjukkan bahwa Anda terlihat pintar.

Pastikan Anda berbicara lebih ekspresif dan lebih cepat, dan gunakan gerakan untuk membuat Anda terlihat lebih energik dan cerdas. Jika Anda ingin menjelaskan sesuatu yang rumit, Anda dapat berbicara perlahan dan menyampaikan informasi dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami.

Nah, seperti itulah sejumlah Tips Interview Kerja yang Pastinya bisa sangat membantu Anda untuk menghadapi Wawancara Kerja, dan semoga bermanfaat ya!

Tentang Muji Hutami

Just call me Tami. Fashions and Arts is my passion.
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.