Skip to content


Pengertian Blog

ISI Denpasar secara teknis sudah memliki layanan blog bagi civitas akademikanya, dan secara lisan sudah diumumkan bahwa dosen ISI Denpasar wajib membuat blog untuk kepentingan tridarma perguruan tinggi, sehingga kegiatan akademik apapun bisa dipublish pada blognya masing-masing. Namun dari beberapa hal yang muncul dalam perjalanan pembuatan blog dosen itu masih terkandala baik secara teknis pengelolaan blog maupun dari pemahaman tentang blog itu sendiri. Mudah-mudahan diikuti pula dengan punishment bagi yang tidak membuat serta reward bagi yang membuat blog. Oleh karenannya saya mencoba dengan menggunakan search engine google merangkum pengertian blog, dan juga website.

Blog adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah website yang isinya dapat di update secara berkala pada sebuah halaman web umum oleh pembuat blog. Blog, biasanya berisi konten yang sifatnya dinamis. Blog juga dapat berarti catatan online.Selain itu, blog juga memungkinkan pengunjung untuk berkomentar. Situs web blog ini biasanya memang sengaja dipublikasikan untuk dapat dibaca semua pengguna internet sesuai dengan topik yang ditulis. Pada dasarnya, pengertian blog adalah sebuah mesin web yang memudahkan kita dalam menggunakannya membangun sebuah website, tanpa kita harus tahu tentang kode-kode html, CSS, php dsb, walaupun jika kita tahu tentang kode-kode bahasa html dan lain-lain tersebut pastinya akan menambah kemampuan kita dalam blogging.

Blog juga dapat dipakai untuk banyak kegiatan, seperti untuk dijadikan buku atau catatan harian online, maupun untuk menulis artikel seperti halnya koran digital. Pada umumnya blog berbasis teks, walaupun ada juga blog yang berbasis foto, berbasis video, audio, dan sebagainya. Blog akan sering mengalami update atau memiliki postingan terbaru. Biasanya blog digunakan seorang blogger untuk berbagi infomasi, tips, ataupun sekedar pengalaman pribadi.

Tujuan umum dari blog sendiri antara lain bisa digunakan untuk berbagi pengalaman, saling bertukar ilmu/pengetahuan dengan pembaca, sebagai alat untuk bekarya atau aktualisasi diri, untuk mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi, memberikan manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain. Dalam blog terdapat beberapa fitur yang memudahkan para pembaca untuk menjelajahi isi dari blog tersebut, fitur-fitur blog ini misalnya adalah arsip dan komentar. Arsip adalah kumpulan link artikel yang akan memudahkan pengunjung blog untuk mengetahui artikel apa saja yang sudah ditulis oleh pemilik blog. Komentar adalah sebagai sarana komunikasi antara pemilik blog dengan pembaca sehingga jika ada pertanyaan maka dapat dijawab langsung oleh pemilik blog tersebut.

Secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu: 1) Blog pribadi merupakan jenis blog yang paling sering anda jumpai, yang berfungsi sebagai catatan atau buku harian online seseorang. Dan blog pribadi tersebut merupakan jenis blog yang pertama kali muncul. 2) Blog Usaha adalah blog yang berguna untuk melakukan komunikasi sebuah perusahaan dengan pelanggan atau konsumen, menawarkan jasa, atau informasi mengenai usaha yang sedang dijalankan. Blog usaha juga digunakan untuk keperluan penguatan merek, atau di fungsikan untuk layanan kepada masyarakat sebagai sarana promosi.

Kita mungkin sering mendengar banyak sekali orang bisa terkenal gara-gara ngeblog? Atau bahkan mendapatkan banyak uang hasil dari ngeblog, dan seakan tidak percaya bagaimana mungkin itu bisa terjadi, apa itu blog kenapa sampai sebegitu hebatnya bisa membuat orang terkenal bahkan mendapatkan uang yang tidak sedikit..?

Ciri-ciri :
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum

  1. Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
  2. Memiliki tujuan
  3. Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
  4. Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
  5. Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog

Tujuan Blog Secara Umum, antara lain :

  • Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
  • Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
  • Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
  • Berkarya atau aktualisasi diri
  • Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
  • Berbagi pengalaman
  • berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
  • banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat

Etika Blogger :

  • Memiliki tujuan yang baik
  • Membuat artikel/postingan yang asli, bukan hasil kegiatan lain yang melanggar hak cipta /tanpa ijin pemilik, Jika ada tulisan orang lain, lebih baik dicantumkan sumbernhya.
  • Tidak membuat postingan yang merugikan orang lain, mengganggu, menipu (spam),      mengandung kekerasan, isu sara, dan hal negatif lainnya

Dari berbagai sumber.

Posted in Materi Pengetahuan multimedia.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

You must be logged in to post a comment.