Skip to content


Pengertian Website

Website merupakan sebuah kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti file gambar, video, dan file digital lainnya yang disimpan pada sebuah web server yang umumnya dapat diakses melalui internet. Atau dengan kata lain, website adalah sekumpulan folder dan file yang mengandung banyak perintah dan fungsi fungsi tertentu, seperti fungsi tampilan, fungsi menangani penyimpanan data, dsb.

Kumpulan folder dan file yang dimaksud diatas, diupload ke server hosting online. Banyak sekali website penyedia jasa sewa hosting dan menjual domain.

Setelah semua settingan kumpulan script dan folder tadi pada server hosting selesai dan benar, serta telah diletakkan pada domainnya, barulah alamat website tersebut bisa diakses melalui browser, tentunya membutuhkan koneksi internet untuk itu.

Atau juga ada yang menyebutkan bahwa website adalah sebuah tempat yang memungkinkan seseorang menyatakan dirinya, hobinya, pengetahuannya, produk yang dijualnya dan apapun juga yang dapat di akomodasikan oleh teks, tulisan, gambar, video, animasi dan file multimedia lainnya.

Minimal website dapat dijadikan sebagai brosur elektronik yang dapat diakses dari seluruh dunia selama 24 jam.© {Sumber buku : kiat jitu membuat Website Tanpa Modal; Ali Zaki}

Selain itu fungsi yang sekarang marak di manfaatkan dari website adalah sebagai sarana jual beli online produk yang akan dijual. Seperti contoh toko online ternama tokobagus.com atau denifurniture.com sebagai contoh toko online yang menjual mebel.

Sedangkan untuk bisa membuat sebuah website yang bagus dan interaktif, seseorang perlu memahami dasar pemograman HTML, pemrogaman server side dan database yang berguna untuk menyimpan data.

Pengertian website dan fungsinya

1. Website atau Situs Web.

Sebuah website terdiri atas berbagai halaman web dan halaman-halaman web tersebut disimpan dalam sebuah hosting atau web server yang dapat diakses dari nama domainnya, sebagai contoh : http://isi-dps.ac.id. Halaman web sendiri merupakan sebuah file dokumen yang ditulis menggunakan bahasa HTML ataupun XHTML. Halaman web ditransfer dari server web ke client bernama browser menggunakan protokol yang disebut HyperText Transfer Protocol atau HTTP.

Ada beberapa istilah website yang perlu diketahui sebelum membuatnya, diantaranya sebagai berikut :

Homepage adalah halaman muka website. URL adalah alamat lengkap halaman web yang dibuka di browser. Misalnya http://isi-dps.ac.id. Link/Hyperlink adalah sebuah elemen halaman web yang jika diklik akan mengarahkan user untuk menuju ke halaman lain atau ke file lain di www.

2. Jenis Website.

Website bisa digolongkan ke dalam beberapa jenis, seperti website pribadi, website komersial, website pemerintahan, dan website lembaga nirlaba. Website ditinjau dari segi dinamisnya dapat dibagi menjadi dua, yaitu website statis dan dinamis. Halaman web statis adalah halaman web di mana file halaman web yang disimpan di server sama seperti yang terlihat di browser.

Konsekuensinya, jika isi file di server tidak diubah, maka user tidak akan melihat perubahan pada halaman web yang dibukanya. Sebuah halaman web statis dibuat menggunakan bahasa HTML dan XHTML serta bisa dipercantik dengan CSS dan diberi interaktivitas dengan JavaScript.

Sementara halaman website dinamis adalah halaman web di mana tampilan yang dilihat oleh user tidak sama dengan file web di server. Karena tampilan file web di server akan mengalami pemrosesan/parsing sehingga memungkinkan tampilan yang dinamis setiap kali halaman dijalankan. Aplikasi web dinamis sering juga disebut sebagai aplikasi web. Untuk menghasilkan tampilan yang dinamis, sebuah website biasa dibuat menggunakan bahasa pemrograman web, seperti Java Server Pages (JSP), PHP, ASP, dan Perl programming languages, selain itu ada juga YUMA dan ColdFusion (CFM).

Perbedaan Website, Webpage dan Blog

Setelah memahami sedikit pengertian dari website, tentunya untuk bisa membedakan antara website, webpage dan blog akan lebih mudah dipahami. Website biasanya terdiri dari beberapa halaman dimana berisi tulisan, image, video dll. Sedangkan webpage sendiri bermakna halaman web dalam terjemahan Indonesianya. Jadi webpage adalah isi dari beberapa halaman atau tulisan dari sebuah situs website tersebut.

Sedangkan Blog adalah halaman website yang berisi berbagai macam tulisan pribadi atau sebagai buku harian online. Jadi hampir sama dengan webpage yang bermakna tulisan pribadi dari website. Untuk bisa menulis di blog anda bisa memanfaatkan blog gratisan  yang ada di internet. Seperti dari blogger.com, wordpress.com, multiply.com, blogdetik.com, dll.

Pengertian Nama Domain dan Hosting

Sebelum menjelaskan apa itu nama Domain, ada baiknya anda bisa melihat contoh dari nama domain. Seperti anda kenal www.kataberita.com ini adalah nama unik dari setiap IP halaman website. Atau bisa sebagai alamat url berupa angka 180.123.2.345, maka nama unik IP address ini jika tidak di rubaha dengan nama seperti kata berita, maka orang yang mengunjungi website akan sulit mengingatnya. Maka dari itu ada yang namanya nama domain atau nama daerah asal dari website.

Dikutip dari Wikipedia.org mengenai pengertian Domain secara jelasnya adalah;

webo Agustus 13Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sedangkan fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “http://www.isi-dps.ac.id “. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Sedangkan Hosting adalah tempat dimana isi dari website ditempatkan dan alamat IP atau nama domain anda. Istilah kerennya hosting di umpamkan sebagai tempat penyimpanan seperti toko. Sedangkan isi dari makanan dan minuman yang dijual ini adalah halaman artikel dari website atau webpage. Jadi jika anda tidak memiliki hosting maka domain dan isi artikel tidak akan bisa di baca oleh orang lain di internet.

Manfaat Website

Untuk manfaat website atau blog sebenarnya sudah kamu kupas pada artikel pembuka website & blog ini. Manfaat yang utama salah satunya adalah : Menunjukkan eksistensi dari sebuah produk atau perusahaan sebagai brand. Dan untuk lebih mudah menjelaskan ke masyarakat tentang produk seseorang. Bisnis online berupa jual barang atau hanya sekedar bermain adsense maupun affiliasi produk anda. Atau sebagai sarana komunikasi dengan fans atau teman yang berada jauh dari anda. Seperti halnya facebook.com, twitter.com dan yahoo messenger.

Jadi untuk bisa bersaing dalam bisnis era elektronik ini, maka anda perlu belajar mendalami website dan bisa membuat website toko online sendiri. Jika anda kesulitan maka kami siap membantu anda untuk membuat website toko online ataupun blog pribadi.

Sumber:

http://www.hanyasekedarinformasi.com/2013/01/apa-dan-bagaimana-website-itu.html

http://myblogmylife.blogdetik.com/cara-membuat-blog/pengertian-website/

http://www.carawebs.info/2013/02/pengertian-website.html

http://www.kataberita.com/website/pengertian-website.htm#PENGERTIAN WEBSITE

Posted in Materi Pengetahuan multimedia.