Skip to content


Musik Komputer

Komputer bisa dipakai untuk menghasilkan musik seperti dimainkan oleh satu grup musik dengan peralatan lengkap. Dasarnya, hanya butuh sedikit perangkat dan tentu saja sedikit jiwa seni. Dengan musik komputer, seseorang bisa merekam contoh (sample) suara ke dalam PC, kemudian menggu-nakannya kembali untuk diga-bungkan dengan sampel suara lain atau dengan musik yang dimainkan dengan alat musik yang sebenarnya.

Apakah CD audio dapat dibilang musik digital? Apakah MP3, WMA, MIDI, dan format file musik lain disebut sebagai musik digital? Ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai arti musik digital, Pertama, musik digital ialah musik yang dikemas secara digital. Jadi CD audio, MP3, dan WMA merupakan contoh musik digital. Kedua, musik digital ialah musik yang diolah secara digital. Musik ini dihasilkan oleh alat musik asli, kemudian diolah secara digital. Misalnya, dalam sebuah lagu terdiri dari gitar akustik, bas, piano, dan drum. Lagu yang dimainkan oleh masing-masing alat musik direkam secara terpisah dan tidak berbarengan. Kemudian, dengan menggunakan perang-kat tertentu, suara-suara terse-but dipadukan serta diedit dan disempurnakan. Terakhir, musik digital ialah musik yang dibuat secara digital. Saat pembuatan, suara-suara dihasilkan dengan me-rangkai sampel-sampel suara alat musik yang sudah ada, tanpa membutuhkan alat mu-sik. Musik digital tipe terakhir ini dapat dibuat tanpa bantuan alat musik sama sekali, hanya menggunakan komputer. Dengan bantuan komputer dalam membuat musik digital tipe ketiga, keuntungannya adalah seseorang tidak perlu bisa memainkan alat musik. Kita tinggal mengambil sampel suara, meletakkannya pada tempat yang tepat, mengga-bungkannya dengan sampel-sampel suara yang lain se-hingga menjadi sebuah lagu. Dengan menggunakan kompu-ter PC, kita dapat membuat musik dengan cara yang jauh lebih murah, karena dengan PC, ratusan bahkan ribuan alat musik bisa didapat untuk bereksperimen.

Perangkat musik digital secara sederhana, alat yang dibutuhkan tidaklah terlalu rumit. Dari segi perangkat keras, PC yang dilengkapi dengan kartu suara sudah cukup. Prosesornya cukup Pentium II saja, sudah bisa jalan. Kalau mau lebih mudah dalam bermusik boleh dilengkapi dengan keyboard MIDI. Perangkat lunak untuk ber-musik digital banyak yang gratis alias freeware. Musik telah berubah porsi. Kalau dahulu musik jauh dari sentuhan elektronik komputer maka sekarang telah berbalik seratus delapan puluh derajat. Peralatan Musik MIDI sama sekali tidak menampilkan wajah musik akustik seperti gitar, piano dan sebagainya namun lebih mirip perabot sebuah ruang kontrol komputer penuh dengan keyboard alat musik dan monitor komputer. MIDI singkatan dari Musical Instrument Digital Interface yaitu sebuah “interface” yang menghubungkan sistem komputer dengan keyboard instrumen musik. Untuk membentuk sistem Musik MIDI diperlukan sebuah keyboard instrumen musik yang mempunyai penghubung MIDI sebuah CPU komputer sebuah monitor dan sebuah printer (sebagai tambahan). Dengan susunan lengkap seperti ini maka musisi sewaktu-waktu dapat merekam dan main ulang rekaman musiknya. Semua data lagu disimpan dalam format digital seperti ke media disket atau hard disk komputer.

Menciptakan sebuah lagu baru sekarang bukan pekerjaan sulit. Sebab melalui layar monitor terperaga not balok yang disadap langsung dari permainan sang komponis. Di samping itu dengan bantuan program musik yang bisa menyajikan ratusan macam irama yang bisa dikombinasikan menurut selera musisi maka lagu seperti Kroncong dan Dangdut dapat dibuat dengan bantuan komputer. Penggantian suara instrumen musik seperti Drum, Bass, Piano, Gitar dan sebagainya dapat dilakukan hanya dengan jalan menekan mouse. Di dalam disket tersimpan data-data MIDI bunyi instrumen musik yang pernah dimainkan. Data-data MIDI ini dapat dicetak oleh printer melalui program musik yang ada. Jelas semua ini sangat membantu para pecinta musik.

MIDI sudah ada sejak tahun 1980 an tapi banyak orang masih belum mengerti apa itu MIDI.  MP3 lebih banyak mendapatkan perhatian belakangan ini. MIDI adalah sebuah hasil teknologi komputer, melalui sistem sequencer yang dibentuk melalui loop dari sampler yang telah dibuat dari musik aslinya. MIDI adalah suatu sistem komunikasi yang dirancang untuk alat musik. Midi  digunakan untuk mengendalikan berbagai hal khususnya musik.

Cuplikan dari penelitian saya yang berjudul “Tekno Akustik: Sebuah Alternatif Pertunjukan untuk Pariwisata”

Posted in Materi Pengetahuan multimedia.