MENGENAL BENTUK-BENTUK TARIAN

Maret 26th, 2018

  1. Tari tunggal adalah tari yang memiliki koreografer yang utuh dan lengkap untuk ditarikan oleh satu orang, tari tunggal yang menggambarkan satu tokoh, dan dibawakan hanya oleh seorang penari yang memainkan keseluruhan bagian tari dari awal sampai terakhir yang mencakup tari putra dan bebancihan. Ada dua jenis tari tunggal yaitu: tari tunggal yang menampilkan sebuah kisah damatik dengan menampilkan semua tokoh yang adaa seperti topeng pajegan dan joged pingitan da nada tari tunggagal yang dibawakan oleh dua orang pemain yaitu tari barong ket, bangkal, macan dan sebagainya, karena barong tersebut menggambarkan satu sosok yaitu binatang yang berkaki empat.
  2. Tari berpasangan adalah sebuah tarian yang menggambarkan dua sosokyang berbeda namun saling terkait dan ketergantungan. Tari berpasangan bias mulai dengan tari tunggal yang kemudian disusul oleh pasanganya yang seperti tari Oleg Tambulilingan, adapula tari berpasangan yang dibawakan oleh dua pemain Putra dan ada juga tari berpasagan yang dibawakan oleh dua pemain Putri
  3. Tari berkelompokadalah sebuah tarian yang dibawakan oleh banyak orang serta menggambarkan aktivitas kelompok. Dua prinsip estetis dari tari kelompok adalah kompak dan rampak, ada juga mereka menggunakan gerak yang sama dan tidak jarang mereka membagi diri untuk melakukan gerakan saling mengisi.
  4. Dramatari memiliki koreografi drama tari pada umumnya adalah campuran dari ketiga bentuk yang telah di      sampaikan di atasyang diikat oleh satu ceritaatau lakon.

Comments are closed.