Cara memainkan (Gumanak)

Barungan Gamelan Gambuh atau biasanya dikenal dengan Pegambuhan merupakan salah satu Barungan Gamelan Bali yang dapat digolongkan kedalam Golongan Gamelan Madya, menggunakan Laras Pelog Tujuh nada dengan menggunakan lima tetekep atau patutan. Gamelan Gambuh biasanya dipergunakan sebagai pengiring dramatari Gambuh. Ada beberapa instrumen atau tungguhan didalam Barungan nya salah satu yang menjadi ciri khas yaitu instrumen Gumanak. 

Gumanak adalah salah satu instrumen yang hanya terdapat dalam Barungan Gamelan Gambuh, sekaligus menjadi ciri khas dalam Barungan Gamelan Gambuh. Bentuk dari Gumanak yaitu seperti silinder kecil yang terbelah pada ruas bagian tengahnya, terdiri dari dua bagian yang sama disatukan dengan menggunakan tali sebagai pengait untuk menyatukan kedua bagiannya. Gumanak sendiri dapat di golongkan sebagai Ideofon dalam klasifikasi sumber bunyi yaitu salah satu instrumen yang dimainkan dengan cara di pukul menggunakan alat pukul berupa besi kecil yang memanjang. Bahan dasar dari Gumanak adalah Perunggu atau di Bali biasanya disebut dengan Kerawang.

Link konten YouTube : https://youtu.be/K-HhrtQMy4I

Link Promosi konten Tiktok : https://vt.tiktok.com/ZSJMy7gMB/

Link Promosi konten Line : https://timeline.line.me/post/_desFeLLF9eSYj6PG6HXL3d4EwFYAhoUHXeUsPLc/1161784525508011379

Link Promosi konten Facebook : https://www.facebook.com/100002387042352/posts/4128739403882254/?d=n

Link Promosi konten Instagram : https://www.instagram.com/tv/CNYuuiqn_70uyOrVx7jI5_UOv_JB8hvIhM6qvo0/?igshid=bpjeslldpfw8

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *