Musik Tari Fauna

”Lebah Madu (Bee)”

B. Tema
Lebah merupakan salah satu binatang yang memilki nilai social yang tinggi, karena bisa memberi banyak manfaat untuk manusia dan juga tumbuhan. Lebah hidup secara berkelompok dan dapat bekerjasama dengan saling berbagi tugas sesuai dengan bentuk fisik masing-masing. Dalam satu kelompok lebah madu ini terdapat 3 kasta yaitu ratu lebah, lebah betina, dan lebah jantan, yang dimana setiap kasta lebah mempunyai tugas masing-masing. Meskipun memiliki perbedaan kasta dalam satu kolonialnya tetapi binatang lebah dapat bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan madu.
Dari tema diatas saya mendapat sebuah ide untuk membuat suatu komposisi tari yaitu fauna dengan mengambil objek yaitu Lebah Madu dengan judul “Bee”. Dalam Bahasa Inggris bee berarti Lebah, selain dalam bahasa Inggris, “Bee” juga dapat diartikan “Bee” dalam bahasa Bali alus sor yang berarti “Sudah” kembali lagi menunjukan suatu kesatuan dari hasil kerja keras lebah dari mengumpulkan nektar menjadi Pollen yang “sudah” atau “siap” dijadikan madu, ibarat memupuk rasa tak kenal lelah dalam bekerja kesana dan kemari setiap harinya, untuk hasil akhir yang manis.

C. Pembabakan

link YouTube : https://youtu.be/6SD0_TWSKxY

a. Babak I
Menggambarkan sekelompok lebah yang sedang mencari dan mengumpulkan serbuk sari. Terdapat juga penggambran beberapa ciri khas dari lebah yaitu seperti saat lebah merayap dengan meggerakan ekornya dan sayapnya.

b. Babak II
Pada bagian kedua ini menggambarkan suasana yang ceria, dengan menggambarkan kelincahan seekor lebah yang terbang mencari pollen dengan menghinggapi beribu-ribu bunga kesana kemari.

c. Babak III
Pada bagian ketiga ini menggambarkan saat lebah-lebah mengumpulkan pollen dan proses proses penyimpanan nectar yang akan menjadi madu.


D. Sinopsis
Kami adalah sekelompok yang pekerja keras, kami bekerja tak kenal lelah setiap harinya, ataupun pamrih. Seberat apapun rintangan untuk mencari, kesana dan kemari, kami lewati demi suatu hasil yang manis. Siapakah aku??

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *