Daun Handeuleum Manfaatnya Bagi Kesehatan

Daun Handeuleum Manfaatnya Bagi Kesehatan – Daun ini ada kandungan Senyawanya. Para Pembaca yang kami kagumi, di kesempatan yang ini kami akan berbagi pengalaman tentang Manfaat Daun Handeuleum.

Daun handeuleum ini diambil dari bahasa sunda yang daynnya berwarna ungu kemerahan ketika masih muda. Lebih jelasnya kit abaca saja penjelasan singkatnya di bawah ini.

Daun Handeuleum Manfaatnya Bagi Kesehatan

Daun handeuleum sering disebut daun ungu. Daunnya diketahui bisa membantu mengatasi sembelit atau wasir. Tanaman ini juga memiliki sifat mendinginkan.

Tanaman ini asli Papua Nugini dan Polinesia. Tanaman berdaun ungu ini ditanam di pekarangan rumah sebagai apotek hidup.

Kandungan Daun Handeuleum

Daun Ungu (Graptophyllum Pictum (L.) Griff) atau lebih dikenal dengan daerah Wungu, Tulak, Demung (Jawa).

Juga Handeuleum (Zunda), Freundesblätter (Bali), Karotong (Madura), Mädchenblätter, Dongora (Ambon), Kobikobi (Ternate).

Daun ungu telah diamati untuk membantu melawan berbagai penyakit karena mengandung zat yang meningkatkan kesehatan.

Di bawah ini adalah beberapa senyawa yang terkandung dalam daun ungu:

  1. Alkaloid
  2. fenol
  3. Flavonoid
  4. Glikosida
  5. Saponin
  6. Steroid
  7. sitosterol
  8. Tanin

Morfologi Daun Handeuleum

Semak dari suku Acanthaceae ini biasanya tumbuh liar di dataran rendah. Kadang ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias.

Tinggi 1,5-3 meter. Daunnya bergelombang di tepinya, lavender. Bunganya berwarna merah tua, berbentuk bulir.

Memiliki lendir yang melembutkan kotoran dan mencegah terbentuknya wasir. Ini juga mengandung tanin, alkaloid dan glikosida sitosterol.

Daun ungu mengandung bahan aktif senyawa flavonoid, steroid, saponin, tanin dan alkaloid. Kandungan daun ungu dapat melawan peradangan dan menenangkan buang air besar.

Daun ungu juga digunakan untuk mengobati sembelit yang menyebabkan haid, meredakan nyeri rematik (rheumatoid arthritis), menyembuhkan bisul, dan menyembuhkan cedar borok.

Obat anti inflamasi dan pereda nyeri tersebut meredakan nyeri setelah dikonsumsi dengan dosis 6 miligram/kg.

Daun ungu tidak hanya membantu meredakan sembelit, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Ball.com merangkum manfaat daun ungu ini pada Senin (2/2/2020).

Bahan kimia aktif termasuk asam basa non-toksik, glikosida, flavonoid, steroid, tanin, kalsium oksalat, asam format, lemak, dan saponin.Khasiat dan Manfaat Daun Handeuleum

Seluruh isi zat kimia tersebut yang menjadikan daun handeuleum ini efektif mengobati serta menyembuhkan bermacam penyakit serta keluhan. Sebagian khasiat daun handeuleum buat kesehatan ialah:

Menyembuhkan ambeien

Seringkali, orang tidak dapat menemukan solusi untuk pengobatan ambeien selain pengobatan atau operasi. Daun handeuleum memiliki kemampuan untuk penyembuhan dan menyembuhkan wasir secara alami.

Caranya adalah dengan merebus 15 lembar daun handeuleum dalam 4 gelas air dan tambahkan sedikit gula aren dan sebiji kunyit.

Didihkan dan tambahkan sisa 2 gelas air. Kemudian dinginkan airnya dan minum secara rutin dua kali sehari, masing-masing dengan segelas air matang.

Menyembuhkan batu empedu

Daun handeuleum dapat menyembuhkan batu empedu jika direbus. Rebus 7 lembar daun hendeuleum dan tambahkan beberapa lembar daun ke dalam uratnya, lalu rebus dengan 2 gelas air.

Minum air rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari sampai batu di kandung empedu hilang.

Menanggulangi sembelit

Wasir yang Anda alami dapat disembuhkan dengan daun handeuleum carabya dengan meminum jus dari rebusan daun handeeuleum.

Rebus 7 lembar daun handeuleum dalam 2 gelas air dan biarkan hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air.

Kemudian angkat dan dinginkan dan rutin minum segelas air rebusan daun handeuleum di pagi hari sampai ambeien sembuh.

Menanggulangi demam sebab perut kotor

Demam bisa berasal dari perut yang kotor. Kita bisa menyiram perut yang kotor dengan daun handeuleum untuk meredakan demam.

Caranya adalah dengan merebus 7 lembar daun hendaleum, tambahkan 5 iris jahe dan didihkan dengan segelas air. Air rebusan tersebut diminum secara rutin sehari sekali agar cepat sembuh.

Dan masih banyak lagi khasiat dan manfaat dari daun handeuleum ini yang tidak kami tulis di sini.

Sumber; https://www.tanam.co.id/

Daun Handeuleum
Daun Handeuleum

Demikian Uraian Singkat kami tentang;  Daun Handeuleum Manfaatnya Bagi Kesehatan – In Syaa Allah uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat juga memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi kita. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Comments are closed.