Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Bagi beberapa orang, perhatikan sejarah sanggup mempunyai imajinasi seakan terlibat didalam cerita jaman lalu. Itu ada benarnya, dikarenakan sejarah direkonstruksi dari kisah di jaman lantas yang melibatkan data-data otentik, baik bersumber dari kesaksian pelaku kejadian, atau sumber lainnya.

Narasinya mengalir dari kisah nyata dan terlalu terjadi. Dilihat dari segi bahasa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), sejarah mempunyai tiga makna. Pertama, asal-usul (keturunan) silsilah. Kedua, kejadian dan peristiwa yang terlalu berjalan terhadap jaman lampau.

Ketiga, sejarah berarti ilmu atau uraian perihal peristiwa dan kejadian yang terlalu berjalan terhadap jaman lampau. Oleh dikarenakan itu, terkecuali dikaitkan dengan ilmu sejarah, maka definisinya adalah ilmu yang mempelajari kejadian atau peristiwa terhadap jaman lantas manusia, lantas dijalankan rekonstruksi apa yang berjalan terhadap jaman tersebut.

Pengertian Sejarah

Sejarah (bahasa Yunani: ἱστορία, historia (artinya “mengusut, ilmu yang diperoleh melalui penelitian”); bhs Arab: تاريخ, tārīkh; bhs Jerman: geschichte) adalah kajian perihal jaman lampau, terutama bagaimana kaitannya dengan manusia.

Dalam bhs Indonesia, sejarah, babad, hikayat, riwayat, tarikh, tawarik, tambo, atau sejarah sanggup diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang terlalu berjalan terhadap jaman lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah.

Ini adalah istilah umum yang terkait dengan peristiwa jaman lantas dan juga penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi perihal peristiwa ini. Istilah ini mencakup kosmik, geologi, dan sejarah makhluk hidup, namun kerap kali secara umum diartikan sebagai sejarah manusia.

Para sarjana yang menulis perihal sejarah disebut ahli sejarah atau sejarawan. Peristiwa yang berjalan sebelum akan catatan tercantum disebut Prasejarah. Sejarah terhitung sanggup mengacu terhadap bidang akademis yang pakai narasi untuk memeriksa dan menganalisis kronologis peristiwa jaman lalu, dan secara objektif menentukan pola dikarenakan dan akibat yang menentukan mereka.

Ahli sejarah kadang kala memperdebatkan karakter sejarah dan kegunaannya dengan membahas studi perihal ilmu sejarah sebagai tujuan itu sendiri dan sebagai cara untuk beri tambahan “pandangan” terhadap problem jaman kini.

Cerita umum untuk suatu budaya tertentu, namun tidak dapat dukungan oleh pihak luar (seperti cerita seputar Raja Arthur) umumnya diklasifikasikan sebagai warisan budaya atau legenda, dikarenakan mereka tidak menolong “penyelidikan tertarik” yang diperlukan dari tekun sejarah.

Herodotus, abad ke-5 SM ahli sejarah Yunani didalam penduduk Barat dianggap sebagai “bapak sejarah”, dan, dengan dengan kontemporer Thucydides, menolong membentuk dasar bagi studi modern sejarah manusia.

Kiprah mereka terus dibaca hari ini dan kesenjangan pada budaya Herodotus dan Thucydides militer yang berfokus selamanya jadi titik pertikaian atau pendekatan didalam penulisan sejarah modern. Dalam rutinitas Timur, sebuah riwayat negara Chun Qiu dikenal untuk dikompilasi jadi sejak 722 SM meski teks-teks abad ke-2 SM selamat.

Pengaruh kuno telah menolong penafsiran varian bibit karakter sejarah yang telah berkembang selama berabad-abad dan terus beralih hari ini. Studi modern sejarah jadi meluas, dan terhitung studi perihal tempat tertentu dan studi topikal tertentu atau unsur tematik didalam penyelidikan sejarah. Seringkali sejarah diajarkan sebagai anggota dari pendidikan dasar dan menengah, dan studi akademis sejarah adalah ilmu utama didalam penelitian di Universitas.

Pengertian sejarah menurut para ahli

J.V. Bryce

Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

W.H. Walsh

Sejarah itu menitikberatkan terhadap pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia terhadap jaman lampau terhadap hal-hal yang penting agar merupakan cerita yang berarti.

Patrick Gardiner

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

Roeslan Abdulgani

Ilmu sejarah adalah keliru satu cabang ilmu ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan penduduk dan juga kemanusiaan terhadap jaman lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk lantas menilai secara parah semua hasil penelitiannya tersebut, untuk sesudah itu dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan situasi sekarang dan juga arah sistem jaman depan.

Moh. Yamin

Sejarah adalah suatu ilmu ilmu yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang sanggup dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Ibnu Khaldun (1332–1406)

Sejarah didefinisikan sebagai catatan perihal penduduk umum manusia atau peradaban manusia yang berjalan terhadap watak/sifat penduduk itu.

R. Moh. Ali

Moh. Ali didalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:

  • Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa didalam kenyataan di kurang lebih kita.
  • Cerita perihal perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa didalam kenyataan di kurang lebih kita.
  • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa didalam kenyataan di kurang lebih kita.

Comments are closed.