”Sejarah Keberadaan Semar pegulingan di desa pekraman Taro Kelod”

Awal mulanya gamelan semar pegulingan yang ada di Taro karena adanya minat dan keinginan dari krama banjar yang ada di desa Taro untuk memiliki gamelan semar pegulingan dan ide pertamanya yaitu bersumber dari salah satu tokoh masyarakat yang ada di desa Taro,beliau itu kalau di desa saya ini dulunya sabagai panutan krama banjar yaitu sebagai kelian banjar, yang dimana beliau itu sangat respon terhadap keluhan masyarakat yang dipimpinnya.

Ide dan keinginan untuk membeli gamelan semar pegulingan terpacu pertamanya karena beliau itu melihat sanggar dari luar desa yang ngayah di Kahyangan Jagat Pura Agung Gunung Raung desa Taro .Beliau berpikir kenapa gending-gendingnya tidak bisa dicari dengan gambelan gong kebyar karena desa Tadro dulunya hanya memiliki gamelan gong kebyar.maka dari itu beliau menanyakan ke salah seorang masyarakat yang senang menabuh,dan tokoh masyarakat itu juga mempunyai keinginan untuk memiliki semar pegulingan karena beliau berpikir gamelan semar pegulingan memiliki banyak fungsi dan awalnya melihat anak-anak muda suka belajar menari yang dulunya hanya memakai tife/kaset.

Karena kesemangatan seluruh krama banjar untuk memiliki gamelan semar pegulingan,kelian mengumpulkan dana dari seluruh krama banjar,dan sumbangan dari DPR.Munculnya gamelan semar pegulingan ini sejak tahun 2008 berkat semangatnya kelian dan seluruh krama desa Taro.

Nah setelah muncunnya gamelan semar pegulingan di desa taro ini, makin banyaklah generasi muda untuk belajar menabuh dan menari unt

uk ngayah di pura.

Tokoh-tokoh masyarakat yang berjasa dalam pembangunan keberadaan semar pegulingan yang ada di desa Taro antara lain:

Mantan klian banjar desa pekraman Taro Kelod,yaitu sbagai penggagas pertama membeli semar pegulingan. Asal usul beliau antara lain:

*Nama       =   I kadek  Widnyana.,SE.

*tgl lahir    =  12-6-1973

*Alamat     =   Br.TaroKelod.Taro, Tegallalang,Gianyar.

*Pekerjaan=  wiraswasta.

*Status         = sudah kawin.

Beliau  ikut sebagai sekha semar pegulingan juga karna, beliau itu juga senang dalam bidang seni khususnya seni karawitan,dan  pekerjaan sehari-harinya juga termasuk pekerjaan seni yang beliau tekuni yaitu: sebagai tukang sanggah/ candi,tukang ukir ,dan ornamen-ornamen ukiran yang bahannya berasal dari paras lokal( paras Taro) dan paras-paras lainnya.

Di banjar saya beliau termasuk orang yang ekonominya berkecupan,,itulah sebabnya beliau bisa mengabdi pada masyarakat dengan maksimal tanpa menghiraukan pekerjaan pribadinya,dan nilai plesnya beliau termasuk orang yang loyal terhadap masyarakat.

Dari pemerintahan beliau, Banjar taro kelod dalam bidang pembangunan termasuk sedikit mengeluarkan dana dari krama banjar karena,beliau termasuk pintar dan memiliki banyak ide-ide untuk mencari sumber dana untuk pembangunan pura-pura yang ada di desa pekraman taro kelod.

 Tokoh masyarakat pendukung berdirinya semar pegulingan di desa pekraman taro kelod yaitu:

* Nama    =  I Wayan Munjuk.S.Pd

*Tgl Lahir =  9-3-1970

* Alamat  =  Br,Taro Kelod, Taro,Tegallalang,Gianyar.

*Pekerjaan= Guru SMP.

*Status       = sudah menikah.

Sekilas tentang beliau. Beliau adalah sebagai pencari sumber dana dari temannya yang kebetulan sebagai anggota DPR,sekaligus pelatih semar pegulingan pertama yang ada di desa pekraman Taro Kelod.

Beliau juga menggerakan anak-anak yang berumuran SMP untuk belajar menabuh untuk mengisi kreatifitas anak-anak yang suka menabuh.

Asal usul beliau pertamanya yaitu sebagai seorang pesuruh dan lama-kelamaan ada pengangkatan PNS dan beliau diangkat juga.

Pekerjaan sampingan beliau yaitu seorang petani layaknya di desa yaitu pengangon sapi dan babi.

Kondisi setelah adanya semar pegulingan di desa Taro

Setelah adanya semar pegulingan mulai tahun 2008,sudah mulailah muda-muda yang mau belajar menabuh.

Seke semar pegulingan di desa Taro sudah ada dua kelompok yaitu sekaa bajar dan seke gong anak-anak pelopor berdirinya sekaa gong anak-itu yaitu saya sendiri sekaligus saya sebagai ketua sekaa gong tersebut,tetapi saya juga ikut dalam sekaa gong banjar juga.

Sekaa yang semar pegulingan anak-anak yang saya kumpulkan termasuk rutin latihannya sampai saat ini. Sekaa ini memiliki anggota sebanyak 20 orang penabuh jadwal latihan dua kali seminggu. Gending yang dicari yaitu gending-gending untuk ngayah-ngayah di pura saja antara lain:

  1. Selisir.
  2. Salya.
  3. Godeg miring.
  4. Sekar gadung.
  5. Gending-gending untuk mengiringi prembon dll

Dari rangkuman diatas dapat kita petik, begitulah  perjuangan beliau-beliau itu dalam mengabdikan diri pada masyarakat  untuk memajukan dan membangun kreatifitas genesasi muda dalam bidang seni dan budaya untuk menjadikan desa pekraman Taro kelod ke arah yang lebih positif. Kita sebagai generasi muda bali, yang kaya akan adat isiadat dan budaya warisan leluhur,mari kita pelajari warisan-warisan leluhur yang yang dianggap positif untuk menjadikan bali yang ajeg dan lestari sepanjang jaman.


ulasan tentang penampilan vidio klip selinting ganja

Sinopsis selinting ganja

Selinting ganja yaitu semacam obat-obatan terlarang yang sangat dilarang penggunaannya pada masyarakat umum,ganja ini biasanya dipakai untuk obat bius waktu pembedahan pada orang-orang sakit di rumah sakit yang bisa membuat pasien tidak merasa sakit kalau dioprasi. Dalam vidio klip ini maksudnya yaitu penyalah gunaan obat-obat terlarang ini yang menyebabkan mereka menjadi lupa sampai-sampai menabrak mobil.

Menurut  pengamatan saya,Kelemahan  vidio: pengambilan video tersebut sudah baik tetapi terdapat beberapa kelemahannya yang saya temukan  antara lain:

1.     Dari segi suara. 

          Yaitu kestabilan suara instrumennya kurang merata. Terlalu kerasnya suara gitar dan drum,yang menyebabkan suara bazznya kurang kedengaran. Lambatnya musik pada pertama penampilan padahal vidionya sudah tampil.

2.     Dari segi cahaya.

          Cahaya matahari pada waktu di kamar  sangat tidak bagus dan sangat mengganggu penampilannya, pembuatan klipnya seperti vidio asal-asalan saja.Latar belakan penampilan vidio tersebut seperti gudang dan tidak menarik. Pada transisi vidionya kurang jelas.

          Menurut saya pada waktu soting harus ditutup lobang-lobang yang dapat ditembus cahaya. Penempilan vidio kurang bersih dan cerah . Vidio seperti vidio amatiran. Wajah pemain bazz dan drumnya kurang jelas.

3.      keserasian vidio klip 

          Penampilan bazznya dalam vidio tersebut  terlalu mustahil dengan suarantya,maksudya yaitu pada waktu memutar instrumen  bazz  padahan permainan masih berjalan,jadi kelihatan sekali permainannya itu seperti hanya gaya-gayaan saja,tidak nyambung dengan suaranya.dengan musik.

Kelebihan vidio tersebut antara lain:

  1. Lagunya mudah ditirukan dan permainan musiknya lumayan bersih.
  2. Gaya pemain bazznya keren,karena jarang band Indonesia memakai bazz besar seperti itu.


Ulasan Video Tabuh Angklung Teges

Menurut  pengamatan saya, pengambilan video tersebut sudah baik tetapi kelemahannya terletak pada:

1.dari segi cahaya

          Menurut saya dari segi pencahayaan lampunnya kurang pas,karena penampilan penabuhnya terlalu kelihatan kemerah-merahan.Mungkin karna lampu sorotnya terlalu keras yang  menyebabkan seperti tersebut. Dan penyorotan pada waktu mengambil jarak jauh, wajah penabuhnya kurang jelas ,masih keliatan pecah-pecah seperti kartun.

2.dari segi suara

          Dari keseluruhannya menurut saya, kekurangan dari pertunjukan tersebut yaitu kurang tepat penempatan mixnya pada instrumen yang memerlukan mix,contohnya suara jegog,dan gong kurang kedengaran. Padahal instrumen pendukung yang membuat suatu tabuh itu kedengaran bagus atau manis itu yaitu instrumen-instrumen  tersebut. Dan  terlalu kerasnya suara kajar,kurang jauhnya instrumen tersebut  dengan mix .

          Solusinya yaitu dekatkan mix pada instrumen yang memerlukan mix dan dan jauhkan dengan instrumen yang peka terhadap mix atau yang suaranya sudah keras.

Kelebihannya antara lain:

Dari segi gending kompak, penabuhnya semua sudah menguasai gending.

Penabuhnya sudah menjiwai gendingnya.

Gending bagus.


desa taro

Desa TARO adalah desa yang terletak  di pegunungan,posisinya berada di utara Ubud ,yang ada kaitannya dengan nama Resi Markandya


”ALAMAT SAYA”

alamat rumah saya berada di banjar Taro Kelod,Taro,Tegallalang,Gianyar,Bali,Indonesia.
tepatnya di timur pura GUNUNG RAUNG Taro.