WIRAMA MALINI UNTAIAN BUNGAN

April 10th, 2012

WIRAMA MALINI

UNTAIAN BUNGAN

Bait ke 62

Ri sampun rauh dewasane jaga memarga Ida Sang Bhagawan ngawasta,

Gong ke prabone nuli kasuarayang maka pengawit Ida jaga memargi,

Maka dutan tangan adi Sang Rama sane ring tengen rasa kaleson,

Nyinayang kasor ipune imeseh tan pegantulan.

Arti bahasa Indonesia

Setelah tiba saatnya akan berangkat, para pendeta berdoa,

Gong keraton ditabuh sebagai pertanda dia akan berangkat,

Terasa kedutan di tangan kanan Sang Rama bagaikan lunglai,

Menandakan kalahnya para musuh itu yang tanpa sisa.

Ulasan Wirama

Seperti yang telah dipaparkan dalam wirama Malini (untain bunga) no 62 di atas, bahwa diceritakan kisah Kerajaan Ramayana dalam kemenang sang Raja Rama dewa yang telah memenangkan dalam peperangan melawan rahwana raja Alengka. Sang Rama telah berhasil mengalahkan sang rahwana, sebagai tandanya kemenangan sang rama dewa, para pendeta – pendeta memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan diiringan oleh musik Gong keraton sebagai tanda syukur atas kemenangan sang raja Rama dewa yang telah berhasil mengalahkan Raja Rahwana. Pada jaman  cerita Ramayana bahwa gong dalam cerita ini sudah ada, karena gong digunakan atau difungsikan sebagai sarana persembahan kepada para Tuhan atau leleuhur mereka dalam cerita Ramayana tersebut. Kalau ada tanda – tanda sesuatu yang akan terjadi seperti mara bahaya atau tanda berita gembira, maka gong pasti akan ditabuhkan atau dibunyikan sebagai suatu pertanda bahwa dalam kerajaan akan ada sesuatu yang terjadi baik itu  berita baik atau buruk. Maka Gong itu sangat berperan dalam kerajaan sebagai simbul bunyi bahwa akan ada sesuatu dan gong itu sebagai pengiring upacara ke agamaan.

Peranan Gong dalam kerajaan sangatlah berperan karena sebagai tanda bahwa akan ada sesuatu yang terjadi dalam kerajaan. Gong mempunyai nilai sakral yang ada dalam cerita Ramayana karena gong itu di hormati dan disakralkan sebagai tanda – tanda yang akan terjadi pada kerajaan

Itulah yang bisa saya ulaskan atau paparkan arti dalam kekawin Malini no 62. Saya mohon maaf apabila terjadi suatu kesalahan dalam mengulas atau mengartikan kekawin Malini No 62, akhirnya saya ucapkan terima kasih.

55 Responses to “WIRAMA MALINI UNTAIAN BUNGAN”

  1. A片 berkata:

    ????

    goodddd thankssss youuuu