Takdapatdipungkirilagibahwakini gamelan Gong Kebyarsudahmenunjukkanperkembangan yang sangatpesatdandasiat.Gamelan Gong Kebyar yang barumunculpadapermulaanabadke XXpadadewasainisudahmampumengalahkanperkembangangambelan Bali lainnya yang sudahadasebelumnya.Sebagaisuatubentuksenipertunjukan Bali yang paling populerhinggasaatini.Perkembangan yang begitupesatdaripadagambelan Gong Kebyariniternyatamembawapengaruh yang cukupbesar, tidakhanyaterhadapjenisgambelan Bali akantetapijugaterhadapjenissenipertunjukan Bali lainnya. Dalamtabuh-tabuh gamelan Gong Kebyaritusendiridalamperkembangandarifasekefaseberikutjugatelahbanyakterjadipembaharuan-pembaharuansesuaidenganseleramasyarakatpendukungnya.
Sebagaimanatelahdisinggungdi atas, bahwasebelumsebelummunculnyagambelan Gong Kebyar di Bali,sudahhidupdanberkembangberbagaijenis gamelan Bali yang masing-masingmempunyaibentukbarungansertafungsitersendirididalamkehidupansosialdan agama dikalanganmasyarakat. Dari gamelan-gamelan yang adaituada yang merupakanbarungan yang besarseperti; gamelan Gong Gede, gambelanPelegongan, gamelan SemarPagulingandan lain sebagainyadanadajuga yang merupakanbarungan yang kecilseperti; gamelan Geguntangan, gambelanGambang, gamelan Bebonangandan lain- lainnya. Masing- masingjenis gamelan Bali itumermpunyaisuatusistimpermainan yang berbedasatu lama lainnya, memilikisuasanalagu yang berbeda-bedasertabahaninstrumennya pun berbeda.
Denganadanyakekhasanpadamasing-masing gamelan Bali inimembuatparapenikmatnyamendapatkesan yang berbeda-beda pula manakalamendengarkanlagu-lagudarimasing-masingjenis gamelan Baliini.Munculnya gamelan Gong Kebyardankemudianberkembangdenganpesatnyahampirkeseluruhanpelosokdaerah Bali bahkankinisudahsampaikeluar Bali/ diluarNegeri, ternyataakhirnyamembawapengaruh yang sangatbesarterhadapperkembangan gamelan Bali yang sudahadasebelumadanya gamelan Gong Kebyarini. Pengaruh-pengaruhdaripada gamelan Gong Kebyarinitidakhanyatampakdalamsegiteknikpermainan, dinamikadan tempo laguakantetapijugadalamsegiinstrumentasidengansegalaperubahan-perubahan(peleburannya).
Gamelan gender Wayang, SemarePagulingan, Gong Gede yang merupakanbarungan gamelan Bali yang ikutmembentuk Gong Kebyarinikemudianmenjadiberbalikkemasukanpengaruh gong kebyar. Gender Wayang yang semulasangatmenonjolkansistimgegenderan(ubit-ubitan), SemarePegulingandisana yang sudahbiasadenganbentuklagunya yang tenangnamunsekarangkinisudahikutngebyarsehingga rasa lagunyaditimbulkanmenjadisamadengan rasa kekebyaran. DianamikaGamelan Gong Kebyardenganperubahan tempo cepat-lambatdilakukansecarakompakolehseluruhinstrumen Gong Kebyarkinisudahditerapkan pula dalam Gender Wayang, SemarePegulingan,Pelegongandan lain-lainya. Gamelan Geguntangan/ pengarjaan yang semulasangatmenonjolkanjalinan yang rapatantaraduaguntang, duakendangkecil yang diikatoleh instrument sulinginisudahmenampilkansistimkekebyaransekalipundenganmempergunakanalat gamelan yang memangtelahadadalamgeguntangan. Gamelan Angklung, JogedBumbung, TingklikGebyohkinisudahbiasadenganngebyardanGending-gendingnyapunbanyak yang mengambilgending-gending gamelan Gong kebyar.
Dalamhalinstrumentasijenis-jenis gamelan Bali itusudahhidupsebelummunculnya gamelan Gong Kebyarinisangatbanyak yang terkenapengaruhdari Gong Kebyar.Sudahcukupbanyak gamelan-gamelan yang lainnya yang dileburmenjadibarungan gamelan gong kebyar yang mengakibatkanjumlahbarungbarungan Gong kebyarsemakinbertambahdanjumlahbarungan gamelan Gong Gede, SemarePagulingan, Pelegongandan lainsebagainyasemakinberkurang. Selainitubanyakparabanjarataudesa yang dengansegalaupayamembelibarungan gamelan Gong Kebyarsekalipunsesungguhnyabanjarataudesatersebutmasihmemilikibebrapamacambarungan gamelan Bali lainnya. Munculnya Gamelan angklungKebyar, Gong Sulingadalahjugasebagaiakibatbesarnyapengaruh gamelan Gong Kebyarterhadapkeduajenis gamelan tersebut.Namunsekarangbanyaksudahkembali gamelan-gamelan tersebutmuncullagiseperti; gamelan Gong Gede, SemaraPegulingan, Palegongandansebagainya.
DalamPeriodetahun 1970 sampaidengantagun 1990-an.seni karawitan Bali mengalamikemajuan yang cukupmengembirakan.kemajuansenikarawitan Bali padawaktuitumemperlihatkanduasisi yang menarikdnsangatmenentukanmasadepansenikarawitan di daerahini.Disatusisitelahterjadipenyebaran gamelan di seluruhBali.Bahkankeluardaerahbahkansampaikeluarnegri.kondisiinimenimbulkanmunculnyakomposisi-komposisikarawitanbaruyamhsemakinrumitdengantehnikpermainan yang semakinkomplek.Disisi lain terlihatterjadinyaperubahanexpresi musical danpembaruangaya-gaya music local.didiwasaini di setiapDesa di Bali TelahmemilikiGamelan.Banyakdesabahkanmemilikilebihdarisatubarungangamelan.namuntidakdapat di pungkirilagibahwajenis gamelan yang perkembangannyabaikadalah Gong kebyar.kiranyahalinidisebabkanolehkeberadaandaripada gamelan ini yang serbagunadan yang palingsesuaidenganseleramasyarakatbanyakterutamakalangangenerasimuda.
Belakanganinimunculkomposisi-komposisi music baru yang menampilkanmelodi yang lincahdanmempergunakanbanyaknada.halinisangatbebedadengangending-gending yang lampau yang melodi-melodisangatsederhana,mempergunakanbeberapa nada sajadanberisikanbanyakpengulangan.pola-polacecandetan yang munculbelakanganinisudahbanyakmemakaipolaritmeatauhitungantidakajegsepertisepertiga.limaatautujuh.
Senikarawitansebagaimanahalnyakesenian Bali lainyajugameliputiduagayadaerahyaitugaya Bali Utara dangaya Bali Selatan.perbedaanduagayaini Nampak jelasdalamtempo.dinamika.danornamentasidaripadatabuh-tabuhdarimasing-masinggaya.secaraumumdapatdikatakanbahwauntuk tempo tabuh-tabuh Bali Utara cendrunglebihcepatdaripadagaya Bali Selatan.Halinijugamenyangkutmasalahdinamikadimanatanjakandanpenurunan tempo music Bali utaralebihtajamdari Bali selatan.namundemikianornamentasitabuh-tabuh Bali Utara lebihrumitdari Bali Selatan.akhir-akhirinitabuh-tabuhgaya Bali utarasemakinjarangkedengaransebaliknyaTabuh-Tabuh Bali selatansemakinkerasgemanya.
Sumber : Mengenaljenis-jenispukulandalambarungan gamelan Gong Kebyar, PandeGedeMustika,SSKar, I NyomanSudiana, SSKar, I KetutPartha,SSKar.